Cara Membuat Project Android Menggunakan Android Studio - Tempat Blogging

Cara Membuat Project Android Menggunakan Android Studio

Cara Membuat Project Android Menggunakan Android Studio

Kali ini saya akan posting tentang Cara Membuat Project Android Menggunakan Android Studio, bagi yang ingin belajar silahkan simak baik baik post saya berikut, selamat menikmati, siapkan kopi dan udu ya :D 
Pelajaran ini menunjukkan Anda bagaimana untuk membuat proyek Android baru dengan Android Studio dan menjelaskan beberapa file dalam Project
Download Android Studio Dulu Disini.

1. Di Android Studio, create a new project:
  • Jika Anda tidak memiliki sebuah Project maka muncul, Welcome To Android Studio, klik Start a New Android Studio Project.
  • Jika Project andah telah di buka, pilih File> New Project.
2. Pada layar New Project, masukkan nilai berikut:
  • Application Name: "My First App"
  • Company Domain: "example.com"
      Android Studio mengisi nama Package dan lokasi Project untuk Anda, tetapi Anda                 dapat mengedit ini jika Anda menginginkanya.

3. Klik Next.

4.Pada layar Target Android Devices, Biarkan secara default dan klik Next.
   Minimum Diperlukan SDK adalah versi awal Android bahwa aplikasi Anda mendukung,        yang ditandai dengan Level API. Untuk mendukung perangkat sebanyak mungkin, Anda    harus mengatur ini ke versi terendah yang tersedia yang memungkinkan aplikasi Anda          untuk menyediakan set fitur inti. Jika setiap fitur dari aplikasi Anda hanya mungkin pada        versi yang lebih baru dari Android dan itu tidak penting untuk set fitur inti, mengaktifkan        fitur yang hanya ketika berjalan pada versi yang mendukungnya (lihat Supporting Different Platform Versions).

5. Didalam Add an Activity to Mobile, pilih Empty Activity dan klik Next.

6. Didalam Customize the Activity, Biarkan value secara default dan klik Finish.

Setelah beberapa proses, Android Studio terbuka dan menampilkan "Hello World" aplikasi dengan file default. Anda akan menambahkan fungsionalitas ke beberapa file-file ini dalam pelajaran berikut.

Sekarang luangkan waktu untuk meninjau file yang paling penting. Pertama, pastikan bahwa jendela Project terbuka (pilih View> Windows Tool> Project) dan view Android dipilih dari daftar drop-down di bagian atas. Anda kemudian dapat melihat file-file berikut:

aplikasi> java> com.example.myfirstapp> MainActivity.java
  • file ini muncul di Android Studio setelah wizard selesai New Project. Ini berisi definisi kelas untuk kegiatan Anda buat sebelumnya. Ketika Anda membangun dan menjalankan aplikasi, Kegiatan dimulai dan memuat file layout yang mengatakan "Hello World!"
aplikasi> res> tata letak> activity_main.xml
  • file XML ini mendefinisikan tata letak aktivitas. Ini berisi elemen TextView dengan teks "Hello World!".
aplikasi> memanifestasikan> AndroidManifest.xml
  • File manifest menggambarkan karakteristik mendasar dari aplikasi dan mendefinisikan masing-masing komponennya. Anda akan kembali file ini sebagai Anda mengikuti pelajaran ini dan menambahkan komponen untuk aplikasi Anda.
Script Gradle> build.gradle
  • Android Studio menggunakan Gradle untuk mengkompilasi dan membangun aplikasi Anda. Ada file build.gradle untuk setiap modul dari Project Anda, serta file build.gradle untuk seluruh Project. Biasanya, Anda hanya tertarik pada file build.gradle untuk modul. dalam hal ini aplikasi atau modul aplikasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang file ini, lihat Cara Membuat Project Anda dengan Gradle.


Untuk menjalankan aplikasi, lanjutkan ke pelajaran berikutnya. (Coming Soon :D)


Source : Google Developer
              Android Developer
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Membuat Project Android Menggunakan Android Studio"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close