Bisakah Mac Linux Terinfeksi Ransomware WannaCry? - Tempat Blogging

Bisakah Mac Linux Terinfeksi Ransomware WannaCry?

Apa Mac dan Linux Aman Dari Ransomware WannaCry Bisakah Mac  Linux Terinfeksi Ransomware WannaCry?

Beberapa hari ini kita mendengar kabar tentang serangan malware jahat berjenis Ransomware yang menyerang banyak komputer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ransomware yang lebih terkenal dengan nama keren WannaCry ini menyerang banyak sekali komputer di banyak sekali instansi penting menyerupai rumah sakit dan menciptakan kekacauan di sana.

Diketahui, bahwa komputer yang terinfeksi Ransomware WannaCry yaitu komputer yang memakai sistem operasi Windows. (Baca: Daftar Versi Windows yang Terkena WannaCry)

Lalu bagaimana dengan komputer atau laptop lain yang non-Windows, menyerupai Linux dan OS X / macOS terbaru? Apakah Mac dan Linux dapat kena Ransomware WannaCry juga?

Perlu kau ketahui, bahwa virus dan juga banyak sekali malware jahat lain tidak lebih dari sebuah aktivitas komputer. Tentu saja sebuah aktivitas hanya akan berjalan di dalam lingkungan atau environtment tertentu supaya dapat berjalan.

Ambil teladan paling gampang yaitu aplikasi iOS dan Android. Kamu tidak akan pernah dapat install aplikasi Android ke iPhone dan iPad, dan begitu pula sebaliknya, kau tidak dapat install aplikasi iOS ke Android.

Hal ini alasannya yaitu kedua aktivitas tersebut memang didesain untuk berjalan di sistem operasi yang berbeda. Makara bila kau melihat aplikasi atau game yang sama di App Store dan Play Store, itu bekerjsama yaitu dua aplikasi atau game yang berbeda versi. Satu versi Android dan satu lagi versi iOS.

Begitu juga dengan virus dan malware menyerupai Ransomware WannaCry ini. Jika sang pembuat malware menciptakan virus atau malware yang berjalan di suatu sistem operasi, contohnya Windows, maka aktivitas jahat tersebut juga hanya dapat menginfeksi Windows saja.

Jika beliau ingin supaya Ransomware WannaCry dapat menginfeksi Linux dan Mac, maka beliau tentu harus menciptakan varian ransomware yang dapat berjalan di Mac dan Linux, tetapi tentu harus menemukan celah eksploit di kedua OS tersebut.

Apa Mac dan Linux Aman Dari Ransomware WannaCry Bisakah Mac  Linux Terinfeksi Ransomware WannaCry?

Beruntungnya, versi Ransomware WannaCry yang sedang booming kali ini hanya berjalan di Windows dan memanfaatkan celah eksploit Windows. Malware tersebut tidak akan dapat menginfeksi Linux dan Mac, bukan alasannya yaitu Linux dan Mac kebal malware ya, tetapi alasannya yaitu memang Linux dan Mac bukan menjadi sasaran dari WannaCry ini. Microsoft sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa code WannaCry ini dibentuk untuk menargetkan OS Windows 7 kebawah yang tidak terupdate oleh patch MS17-101.

Jadi untuk ketika ini, kau pengguna Mac dan Linux kondusif dari WannaCry alasannya yaitu ransomware ini hanya berjalan di Windows. Namun tentu saja kita tetap harus berhati-hati ya alasannya yaitu intinya tidak ada sistem operasi yang kebal malware. Makara pastikan tidak lengah dan tetap rutin update macOS kamu.

Jangan lupa follow akun Twitter kita juga supaya tidak ketinggalan banyak sekali isu seputar Mac, iPhone, dan Apple device lainnya.


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Bisakah Mac Linux Terinfeksi Ransomware WannaCry?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close