4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama - Tempat Blogging

4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama

 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama 4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama

Sebelum memakai komputer Mac dan MacBook, tentu saja kau harus menyalakan perangkat tersebut terlebih dahulu. Proses startup dan booting ke OS X atau macOS akan dijalankan. Namun kadang mengapa proses booting atau startup Mac usang sekali?

Dalam beberapa kasus niscaya pernah Mac atau MacBook booting usang sebab beberapa alasan. Namun kau masih bisa mempercepat booting Mac dan MacBook semoga bisa startup dan masuk ke sistem operasi OS X atau macOS lebih cepat.

Baca Juga:

Berikut ini ada 4 tips cara yang bisa kau coba untuk mengembalikan kecepatan booting Mac dan MacBook kau akan bisa kembali cepat ibarat sedia kala.

 

Kurangi Login App

Login App yakni aplikasi atau software yang akan eksklusif dijalankan dikala startup ke OS X atau macOS sudah masuk dan login ke deskop. Ada aplikasi yang otomatis menyala dikala kau install, namun ada juga aplikasi yang bisa kau pilih untuk berjalan otomatis.

Untuk melihat semua aplikasi Mac yang berjalan secara otomatis dikala pertama kali booting, kau bisa masuk ke System Preference -> User & Groups kemudian pilih tab Login Items di cuilan kanan atas.

 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama 4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama

Untuk menguranginya, cukup klik satu aplikasi yang ingin kau hilangkan di daftar tersebut. Lalu klik di tanda minus (-) di samping tanda plus (+). Aplikasi akan hilang dan tidak akan berjalan lagi dikala gres startup.

 

Jangan Install Terlalu Banyak Aplikasi

Tidak semua aplikasi yang berjalan secara otomatis bisa muncul di cuilan Login Items. Terkadang bermacam-macam process latar belakang juga akan berjalan secara otomatis. Process semacam ini biasanya tidak akan muncul di Login Items.

 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama 4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama

Kamu bisa lihat semua process yang ada di Mac OS X dan macOS dengan melalui Activity Monitor. Kamu bisa lihat process apa saja yang memakai CPU dan memori RAM yang banyak.

Jika kau melihat ada salah satu atau beberapa aplikasi dan software Mac di sana, sementara kau tidak pernah atau jarang menggunakannya, kau bisa hapus aplikasi tersebut.

 

Bersihkan Mac dari File Sampah

Terlalu banyak file sampah ibarat cache, junk file, dan lain sebagainya bisa menciptakan storage dan memori penyimpanan menjadi penuh. Jika memori penyimpanan penuh, Mac dan MacBook bisa jadi lebih lambat.

Kamu bisa membersihkan file-file yang tidak terpakai secara manual. Biasanya folder download dan bermacam-macam screenshot di desktop bisa kau hapus saja bila sudah tidak dipakai lagi.

Kamu juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga ibarat CleanMyMac untuk membantu kau membersihkan Mac dan MacBook dari sampah ibarat cache dan junk file. Baca: Cara Membersihkan Cache dan File Sampah di Mac.

 

Upgrade Mac dan MacBook (Jika Memungkinkan)

Beberapa model Mac dan MacBook bisa kau upgrade, ibarat menambah RAM, upgrade Harddisk ke SSD, dan lain sebagainya. Jika Mac atau MacBook kau bisa diupgrade, maka tidak ada salahnya untuk mencoba upgrade semoga kinerja dan booting menjadi lebih cepat.

Namun untuk komputer Mac atau MacBook terbaru sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang bisa dibilang lebih dari cukup bila hanya sekedar untuk mendapat kecepatan booting yang lebih cepat.

Bagaimana? Kamu punya tips untuk mempercepat booting Mac dan MacBook usang yang lain?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close