Kisi-Kisi Ujian Sekolah ( US ) IPA SD 2016 - Tempat Blogging

Kisi-Kisi Ujian Sekolah ( US ) IPA SD 2016

Download Kisi-Kisi US IPA SD Tahun Pelajaran 2015/2016- Berdasarkan POS US SD 2016 bahwa jadwal ujian sekolah untuk siswa SD/MI mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) adalah pada Hari Rabu tanggal 18 Mei 2016. Adapun jadwal ujian sekolah susulannya akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 25 Mei 2016. Jika dihitung pada saat ini ( 24 Desember 2015 ), maka pelaksanaan US IPA SD 2016 masih cukup lama yakni sekitar 5 bulan. Namun demikian, 5 bulan bukan waktu yang lama untuk mempersiapkan matangnya materi ujian sekolah. Hal ini terbukti para Guru dan Siswa Kelas 6 sejak semester ganjil sudah mulai aktif memperdalam materi kelas 6 maupun materi untuk persiapan menghadapi/mengerjakan US SD 2016. Untuk lebih fokusnya, sebaiknya para Guru dan Siswa juga  mempelajari materi IPA yang kiranya sesuai dengan kisi-kisi us IPA SD/MI 2016. Jumlah soal us IPA ada 40 butir dengan waktu 120 menit. Adapun kisi-kisi ujian sekolah mapel IPA SD tahun pelajaran 2015/2016 terdiri dari 5 bab, 18 materi, dan 62 indikator sebagai berikut:

 bahwa jadwal ujian sekolah untuk siswa SD Kisi-Kisi Ujian Sekolah ( US ) IPA SD 2016


A. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA

1. Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan

Indikator:
  • 1.1 ( Indikator 1 ) Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. Lihat Contoh Soalnya
  • 1.2 ( Indikator 2 ) Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut. Baca Contoh Soalnya
  • 1.3 ( Indikator 3) Menentukan dasar pengelompokan hewan.
  • 1.4 ( Indikator 4 ) Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
  • 1.5 ( Indikator 5 ) Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
2. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem

Indikator:
  • 2.1 ( Indikator 6 ) Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu.
  • 2.2 ( Indikator 7 ) Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
  • 2.3 ( Indikator 8 ) Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
  • 2.4 ( Indikator 9 ) Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat.
  • 2.5 ( Indikator 10 ) Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
  • 2.6 ( Indikator 11 ) Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan.
3.  Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup

Indikator :
  • 3.1 ( Indikator 12 ) Menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar.
  • 3.2 ( Indikator 13 ) Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami.
  • 3.3 ( Indikator 14 ) Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu.
  • 3.4 ( Indikator 15 ) Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel.
  • 3.5 ( Indikator 16 ) Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
  • 3.6 ( Indikator 17 ) Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
  • 3.7 ( Indikator 18 ) Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
4. Pelestarian lingkungan

Indikator:
  • 4.1 ( Indikator 19 ) Menjelaskan cara melestarikan lingkungan berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah.
  • 4.2 ( Indikator 20 ) Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan.
  • 4.3 ( Indikator 21 ) Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan.
  • 4.4 ( Indikator 22 ) Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir, dll. 
B. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP

5. Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
  • 5.1 ( Indikator 23) Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan.
  • 5.2 ( Indikator 24 ) Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia.
6. Daur hidup beberapa hewan
  • 6.1 ( Indikator 25) Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
  • 6.2 ( Indikator 26 ) Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi.
7. Rangka manusia
  • 7.1 ( Indikator 27 ) Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
  • 7.2 ( Indikator 28 ) Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
  • 7.3 ( Indikator 29 ) Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar.
8. Sistem organ pada manusia
  • 8.1 ( Indikator 30 ) Menjelaskan fungsi bagian indera pendengaran yang ditunjuk dalam gambar.
  • 8.2 ( Indikator 31 ) Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan.
  • 8.3 ( Indikator 32 ) Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu 
  • 8.4 ( Indikator 33 ) Menjelaskan fungsi organ pada manusia.
C. BENDA DAN SIFATNYA

9. Sifat benda
  • 9.1 ( Indikator 34 ) Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.
10. Perubahan benda
  • 10.1 ( Indikator 35 ) Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi.
  • 10.2 ( Indikator 36 ) Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
D. ENERGI DAN PERUBAHANNYA

11. Gaya dan gerak
  • 11.1 ( Indikator 37 ) Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar.
  • 11.2 ( Indikator 38 ) Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda.
12. Bentuk energi dan perubahannya
  • 12.1 ( Indikator 39 ) Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar.
  • 12.2 ( Indikator 40 ) Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
  • 12.3 ( Indikator 41 ) Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
  • 12.4 ( Indikator 42 ) Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi.
13. Suhu dan kalor
  • 13.1 ( Indikator 43 ) Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
  • 13.2 ( Indikator 44 ) Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan sifat hantaran panas.
  • 13.3 ( Indikator 45 ) Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
  • 13.4 ( Indikator 46 ) Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
14. Bunyi dan cahaya
  • 14.1 ( Indikator 47 ) Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung.
  • 14.2 ( Indikator 48 ) Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
  • 14.3 ( Indikator 49 ) Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar.
  • 14.4 ( Indikator 50 ) Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar.
15. Listrik dan magnet
  • 15.1 ( Indikator 51 ) Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
  • 15.2 ( Indikator 52 ) Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar.
E. BUMI DAN ALAM SEMESTA

16. Sumber daya alam
  • 16.1 ( Indikator 53 ) Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar.
  • 16.2 ( Indikator 54 ) Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui.
  • 16.3 ( Indikator 55 ) Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
17. Daur air
  • 17.1 ( Indikator 56 ) Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.
  • 17.2 ( Indikator 57 ) Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
18. Sistem tata surya 
  • 18.1 ( Indikator 58 ) Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.
  • 18.2 ( Indikator 59 ) Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
  • 18.3 ( Indikator 60 ) Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
  • 18.4 ( Indikator 61 ) Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
  • 18.5 ( Indikator 62 ) Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.
Silakan Download Kisi-Kisi US IPA SD 2016

Demikian tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US IPA SD Tahun Pelajaran 2015/2016. Semoga bermanfaat
Show comments
Hide comments

0 Response to "Kisi-Kisi Ujian Sekolah ( US ) IPA SD 2016"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close