Cara Install Mysql 5.7 Di Ubuntu Server 16.04 Lts - Tempat Blogging

Cara Install Mysql 5.7 Di Ubuntu Server 16.04 Lts


Tak terasa sudah tahun ke lima blog ini berjalan, tak terasa pula sudah banyak artikel tutorial yang saya tulis sebagai panduan untuk para noob (newbie) di website ini. Memasuki tahun 2018, saya akan mencoba menulis tutorial wacana cara instalasi server database MySQL 5.7 di artiukel ke 3. Tutorial ini merupakan salah satu dasar untuk memulai berguru database MySQL di Ubuntu Server. Sebenarnya cara instalasinya sangatlah mudah, tetapi apabila belum pernah melakukannya tetap saja kita tidak sanggup membayangkan prosesnya.

Sistem operasi yang saya gunakan yaitu Ubuntu server versi 16.04 LTS. Untuk menginstallnya, anda harus memakai user yang berlevel sistem direktur atau root.


Sebelum melaksanakan instalasi, ada baiknya anda pastikan bahwa Ubuntu Server yang anda gunakan terhubung internet. Karena proses instalasi ini akan melaksanakan download ke repository yang ada di internet, menyerupai anda mnginstall aplikasi di play store android. Setelah anda berhasil login ke dalam Ubuntu server, anda sanggup menjalankan perintah:

 sudo apt-get install mysql-server-5.7

kemudian pada proses verifikasi untuk menjalankan instalasi, silakan ketik Y biar proses berlanjut. Di tengah-tengah instalasi, anda akan diminta untuk memasukkan password gres untuk user root yang akan dipakai di dalam database MySQL menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini:


sehabis berhasil memasukkan password untuk user root pada server MySQL, lanjutkan dengan menekan ENTER, maka anda akan diminta melaksanakan input ulang password gres yang anda buat sebelumnya melalui form verifikasi password menyerupai berikut ini:


masukkan ulang dan tekan ENTER, maka proses instalasi akan berlanjut secara otomatis di dalam sistem hingga selesai. Setelah selesai, silakan coba login ke dalam server dengan perintah:

 mysql -u root -p

masukkan password root yang dibentuk ketika proses instalasi, maka anda akan mendapati tampilan console MySQL server menyerupai berikut:


Bagaimana, gampang bukan? Oh iya, anda sanggup melihat banyak sekali turtorial database MySQL yang ada di blog ini dengan mengunjungi link berikut. Pada tutorial-tutorial di atas saya menjelaskan banyak sekali cara untuk mengoperasikan database MySQL tersebut, menyerupai menciptakan tabel, menciptakan user dan sebagainya. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Install Mysql 5.7 Di Ubuntu Server 16.04 Lts"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close