Cara Perlindungan Saluran Folder Di Web Server Apache Dengan User Dan Password - Tempat Blogging

Cara Perlindungan Saluran Folder Di Web Server Apache Dengan User Dan Password

 

Melalui tutorial kali ini saya ingin membahas bagaimana melaksanakan perlindungan jalan masuk pada suatu folder yang telah diupload di web server apache memakai password. Kaprikornus saat kita ingin mengakses folder tersebut kita harus memasukkan user dan password terlebih dahulu. Yang tidak mempunyai user dan password? tentu saja tidak dapat mengaksesnya. Untuk memperlihatkan perlindungan user dan password di folder tersebut, kita tidak perlu mengunakan bahas pemrograman apapun, yang diperlukan hanya dua file, yaitu file .htaccess dan .htpasswd . File .htaccess berfungsi untuk menciptakan hukum proteksi, sedangkan file .htpasswd untuk menyimpan user dan password yang boleh mengaksesnya.

Sebagai informasi,  saya memakai Ubuntu Server 14.04 LTS dengan Web Server Apache 2 untuk menjalankan tutorial ini. Berikut langkah-langkahnya:

Misalnya alamat ip web server saya yaitu 192.168.0.252 dengan root folder web server yaitu /var/www/html/. Kemudian saya ingin menciptakan perlindungan user dan password pada folder abc/ yang saya letakkan di lokasi /var/www/html/abc/. Folder abc tersebut dapat diakses lewat alamat http://192.168.0.252/abc/ . 

Pertama buat dulu folder abc dengan perintah:

 sudo mkdir /var/www/html/abc

kemudian ubah permisinya dengan perintah:

 sudo chmod 777 /var/www/html/abc/

Pada langkah selanjutnya saya akan masuk ke folder abc/ tersebut dengan menjalankan perintah:

 cd /var/www/html/abc/

kemudian menciptakan sebuah file dengan menjalankan perintah:

 vim .htaccess

kemudian masukkan konfigurasi di bawah ini:

 AuthType Basic  AuthName "Password Protected Area"  AuthUserFile /var/www/html/abc/.htpasswd  Require valid-user

kemudian simpan, kemudian buat satu lagi file dengan menjalankan perintah:

 vim .htpasswd

file ini berisi user dan password, disini saya menciptakan user dengan nama admin dan password qwerty sehingga di file .htpasswd tersebut diisi menyerupai di bawah ini:

 admin:KnPDvoNWIQEYc

simpan, kemudian saya mencoba buka browser dan mengetikkan alamat folder abc tersebut, sehingga muncul tampilan menyerupai di bawah:



silakan masukkan user "admin" password "qwerty", apabila otentikasi berhasil, akan muncul halaman selanjutnya yang sudah tidak diproteksi, berikut halaman saya apabila user dan password yang saya masukkan berhasil di otentikasi:


jikalau otentikasi gagal, maka tampilannya akan terlihat menyerupai di bawah ini:


gampang bukan, Kalau cara untuk menciptakan password stiap akun ada di goresan pena saya berikutnya yang berjudul "Cara menciptakan password untuk perlindungan folder di web server apache".

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Baca Juga:


Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Perlindungan Saluran Folder Di Web Server Apache Dengan User Dan Password"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close