Download Ebook Novel Dongeng Dari Djakarta Karya Pramoedya Ananta Toer - Tempat Blogging

Download Ebook Novel Dongeng Dari Djakarta Karya Pramoedya Ananta Toer




Tjerita dari Djakarta

(1957), sebagaimana ditulis dengan ejaan usang dalam buku asli, yaitu kumpulan kisah yang sebelumnya sudah didahului oleh koleksi kisah-kisah pendek indah menarik menyerupai Percikan Revolusi (1950), Subuh (1950) dan Ceri­ta dari Blora (1952). Membaca kumpul­an cerpen-cerpen itu tentu benar saja kalau ada pembaca menjuluki Pramoedya sebagai se­orang master cerpenis – namun kita lebih cenderung menilai Pramoedya sebagai se­orang perawi besar, master bercerita yang luar biasa, sebab kenyataan ini bukan saja kita jumpai dalam cerpen-cerpennya tetapi juga dikala ia muncul sebagai novelis karya-karya besar ex-Buru, se­perti Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca, Arok Dedes, Arus Balik, dan semua karya-karyanya yang lain termasuk yang non-fiksi.

      Asal dari Blora, Pramoedya pertama kali masuk Jakarta pada pertengah­an tahun 1942 sesudah kekuasaan Hindia-Belanda kacir melepaskan Indonesia bulat-bulat kepada Jepang. Kelahiran kisah-kisah “Cerita dari Jakarta” meliputi kurun waktu delapan tahun antara 1948 – 1956, semasa usia semuda itu ia sudah menjalani banyak sekali suka-duka kehidupan – ia pernah jadi stenograf, jadi wartawan, jadi tentara, pernah bermukim di Belanda, di samping menulis yang tidak henti-henti­nya. Di kurun waktu yang penuh gejolak itulah terefleksi pahit-getir pengalaman dan desilusi; revolusi dan perjuang­an kemerdekaan tidak membawa hasil yang diharapkan. Orang-orang desa masuk Jakarta bertarung hidup untuk sesuap nasi, di tengah-tengah kemunafik­an politikus dan para revolusioner gadung­an.

      Pramoedya yang tajam mengobservasi lingkungannya dan berpengaruh bercerita, melahirkan karikatur-karikatur dari tokoh-tokoh yang digambarkannya itu. Kisah-kisahnya penuh makna dan padat pesan – ia percaya kepada kekuatan kata yang bisa meng­ubah keadaan, tetapi terpulang pada pembaca menyerap dan mencernakan makna dan pesan kata-kata­nya.

      Buku ini diterbitkan dalam rangka aktivitas kerja Hasta Mitra untuk mencetak ulang seluruh karya-karya Pramoedya yang sudah menjadi klasik dalam khasanah sastra Indonesia.

Cerita dari Jakarta oleh penu­lisnya diberi judul tambah­an “Sekum­pulan Karikatur Keadaan dan Manu­sianya”. Kisah-kisah ini terkumpul antara 1948–1956, suatu kurun waktu yang cukup dipadati peng­alaman suram – malah sebalik­nya banyak sekali muncul keadaan yang jauh dari segala harap­an indah sesudah berevo­lusi menegak­kan kemer­dekaan.

      Cerita dari Jakarta menjadilah sebuah kritik-sosial yang meng­ambil bentuk karikatural dalam oeuvre literer Pramoedya meng­gambarkan ­keadaan mau pun manusia-manusianya.

      Kita bisa mengikuti di sini kisah perihal pejuang yang menjadi gelandangan, menjadi penganggur di negeri merdeka yang ikut ia tegakkan; lahirnya kelas priyayi gres yang tetap men­dambakan kemewahan tanpa kerja menyerupai di masa lalu. “Tritunggal”:  makan, duwit dan perempuan, dan moralitas jadi bumbu yang meramu kisah-kisah mengasyikkan ini.

      Pramoedya bisa bercerita kisah-kisah menarik ini bukan saja sebab ia tahu dan kenal Jakarta, tetapi ia sendiri mengalami pribadi kehidupan di Jakarta.

Judul         : Cerita dari Djakarta

Karya        : Pramoedya ananta toer

Download : Cerita dari Djakarta.pdf


Show comments
Hide comments

0 Response to "Download Ebook Novel Dongeng Dari Djakarta Karya Pramoedya Ananta Toer"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close