Menambah Kapasitas Harddisk Adonan Dengan Lvm Di Ubuntu Server - Tempat Blogging

Menambah Kapasitas Harddisk Adonan Dengan Lvm Di Ubuntu Server


Melalui goresan pena sebelumnya yang berjudul “Menggabungkan harddisk dengan LVM di Ubuntu Server”, saya sudah menunjukan bagaimana menggabungkan beberapa harddisk menjadi satu partisi besar dengan LVM, kemudian bagaimana jika kita ingin menambah kapasitas lagi di partisi LVM tersebut? Praktis saja, anda tinggal menambah harddisk gres lagi di server anda. Tetapi bagaimana menggabungkannya dengan partisi yang telah ada sebelumnya, sehingga tidak terpisah dengan partisi yang usang (tetap menjadi satu partisi besar menyerupai sbeelumnya)? Dengan aplikasi administrasi LVM anda sanggup menggabungkannya menjadi satu partisi, sekaligus memperbesar kapasitas totalnya. Apakah data-data yang ada di dalam partisi yang usang akan menjadi rusak sesudah diperbesar kapasitasnya dengan harddisk yang baru? Tidak, aplikasi LVM ini sudah di desain untuk tidak menyentuh data yang ada di dalam partisi yang telah dikonfigurasi memakai LVM sehingga tidak akan merusak data yang tersimpan di dalamnya ketika anda memperbesar kapasitas partisi LVM. Bagaimana caranya? Silakan ikuti langkah-langkah di bawah:

1. Saya asumsikan, saya telah memasang harddisk gres dengan kapasitas 1GB di dalam komputer Ubuntu Server. Melalui perintah fdisk, saya menciptakan partisi di harddisk gres tersebut dengan format file systemnya yaitu Linux LVM. Partisi dari harddisk gres tersebut terletak di /dev/sdd1. Bagaimana menciptakan partisi dengan format file system Linux LVM sanggup anda baca pada artikel saya sebelumnya melalui link ini dan silakan ikuti langkah 1 – 8 .

2. Kemudian saya cek untuk memastikan partisi yang akan saya pasang tersebut dengan perintah:

 sudo fdisk -l /dev/sdd1

output dari perintah di atas ditunjukkan pada gambar di bawah:


tampilan pada gambar di atas mengatakan bahwa partisi di harddisk gres telah berhasil dilakukan.

3. Setelah final melaksanakan format file system di harddisk baru, saya akan melihat seberapa besar kapasitas awal partisi LVM saya dengan menjalankan perintah:

 df -h

output dari perintah di atas ditunjukkan melalui tampilan di bawah:

disitu anda melihat bahwa partisi LVM saya yang berlokasi di /dev/mapper/grup—hd-data sebesar 2.8 GB yang dipetakan di dalam folder /data , isi dari partisi tersebut yaitu file text dengan nama uuid.txt.

4. Sebelum meresize kapasitasnya dengan harddisk yang baru, saya akan meng-unmount partisi LVM tersebut dengan perintah:

 sudo umount /data

yang kemudian saya cek lagi apakah sudah benar-benar ter unmount atau belum dengan perintah:

 df -h

output dari kedua perintah tersebut ditampilkan pada gambar di bawah:


dari output tersebut sanggup anda lihat bahwa partisi LVM telah di unmount sebab sudah tidak tertampil lagi ketika dilakukan pengecekan partisi yang aktif.


5. Setelah itu saya cek physical volume yang telah terdaftar di partisi LVM sebelumnya dengan menjalankan perintah:

 sudo pvdisplay

sehingga akan menghasilkan output menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


dilihat dari hasil output tersebut, saya sanggup menganalisa bahwa sudah ada 2 buah physical volume (/dev/sdb1 da /dev/sdc1) yang terdaftar sebelumnya.

6. Lalu saya akan mendaftarkan /dev/sdd1 (partisi yang baru) ke dalam physical volume bersama kedua physical volume tadi denga menjalankan perintah:

 sudo pvcreate /dev/sdd1

menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


7. Anda sanggup mengecek apakah partisi /dev/sdd1 sudah berhasil didaftarkan sebagai physical volume dengan menjalankan perintah:

 sudo pvdisplay

sehingga menghasilkan output menyerupai tampilan di bawah:


dari analisa tampilan di atas, telah muncul isu /dev/sdd1 , itu berarti saya telah berhasil menambahkan /dev/sdd1 ke dalam physical volume saya.

8. Kemudian saya akan melihat nama volume grup dimana saya akan menambahkan partisi /dev/sdd1 tadi ke dalamnya dengan menjalankan perintah:

 sudo vgdisplay

sehingga output dari perintah di atas, akan terlihat menyerupai tampilan di bawah:

anda sanggup melihat pada belahan VG Name grup-hd. Nama grup-hd yaitu nama dari volume grup yang akan saya tambahkan dengan partisi /dev/sdd1. Anda juga sanggup melihat pada belahan VG size yang mengatakan kapasitas maksimal yang dimiliki volume grup grup-hd. Lalu silakan lihat pada belahan Free PE / size 23 / 92 Mib yang berarti volume grup tersebut tinggal mempunyai sisa kapasitas 92MB dari total 2,9GB.

9. Untuk menambahkan partisi /dev/sdd1 ke dalam volume grup grup-hd anda tinggal menjalankan perintah:

 sudo vgextend grup-hd /dev/sdd1

sehingga menghasilkan output menyerupai pada gambar di bawah:


10. Jalankan lagi perintah vgdisplay menyerupai pada langkah nomer 8 sehingga menghasilkan output menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

dari gambar tersebut anda lihat pada belahan VG size telah berubah dari 2,9GB menjadi 3,9GB (bertambah 1GB). Lalu lihat juga pada belahan Free PE/Size dari sisa 92MB bertambah menjadi 1,09GB.

11. Kemudian jalankan perintah di bawah untuk melihat status logical volume sebelumnya:

 sudo lvdisplay

disitu anda melihat nama logical volume yang telah di buat berjulukan /dev/grup-hd/data dengan kapasitas maksimal 2,9GB dari volume grup asal berjulukan grup-hd , menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


12. Untuk menambahkan sisa kapasitas yang dimiliki oleh volume grup grup-hd tersebut yang berjumlah kurang lebih 1,09GB menyerupai yang ditunjukkan pada status vgdispaly ke dalam logical volume berjulukan /dev/grup-hd/data, saya menjalankan perintah:

 sudo lvextend -L +1.08G /dev/grup-hd/data

sehingga menghasilkan output menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

13. Kemudian saya mengecek hasil penambahan kapasitas di logical volume tersebut dengan perintah:

 sudo lvdisplay

yang menghasilkan output tampilan menyerupai di bawah:


dari tampilan tersebut, anda sanggup melihat bahwa kapasitas logical volume tersebut berubah dari 2,9GB menjadi 3,98GB (bertambah 1.08GB), itu berarti anda berhasil menambahkan kapasitas logical volume partisi /dev/grup-hd/data. Apakah sudah selesai? Belum, anda harus menjalankan perintah:

 sudo e2fsck -f /dev/grup-hd/data

untuk melaksanakan pengecekan sector dari partisi logical volume /dev/grup-hd/data sehingga menghasilkan output menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


kemudian anda harus menjalankan perintah:

 sudo resize2fs /dev/grup-hd/data

untuk menyesuaikan format file partisi pelengkap (1.08GB) di logical volume semoga sesuai dengan format file system partisi sebelumnya (ext4) dengan menjalankan perintah resize2fs tersebut, sehingga menghasilkan output tampilan menyerupai di bawah:


14. Jika anda sudah mencapai tahap ini, berarti anda telah final melaksanakan penambahan kapasitas partisi LVM dari campuran ketiga harddisk (sebelumnya 2 harddisk) tersebut. Untuk mengeceknya, anda tinggal menjalankan perintah:


 sudo mount /dev/mapper/grup- -hd-data /data

maka logical volume /dev/grup-hd/data akan di mount di folder /data, kemudian silakan jalankan perintah

 df -h

untuk mengecek kapasitas total termasuk pelengkap kapasitas dari /dev/sdd menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

dari output di atas, anda sanggup melihat bahwa kapasitas logical volume /dev/grup-hd/data yang di mapping ke /dev/mapper/grup- -hd-data telah berhasil ditambah sebesar 1GB. Anda juga sanggup melihat bahwa penambahan kapasitas logical volume tersebut tidak merusak isi data yang ada sebelumnya sebab melalui output di atas sanggup anda masih melihat bahwa file uuid.txt tidak hilang/terhapus akhir penambahan kapasitas di logical volume.

Menarik bukan? Silakan mencoba dan semoga membantu :-)

Beberapa artikel terkait:
Show comments
Hide comments

0 Response to "Menambah Kapasitas Harddisk Adonan Dengan Lvm Di Ubuntu Server"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close