4 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows - Tempat Blogging

4 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows

 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows 4 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows

Windows 32 bit dan 64 bit | Apakah Anda memakai prosesor yang mendukung sistem operasi 64-bit?. Jika demikian, apakah Anda memakai sistem operasi 64-bit?. Rata-rata para pengguna Komputer / PC tidak tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, oleh alasannya itu mari kita lihat apakah komputer Anda sudah mendukung sistem operasi 64-bit!.

Perbedaan Windows versi 32 bit dan 64 bit.


Mengacu pada situs Microsoft, istilah “bit” merupakan sebuah satuan data. Komputer 32 bit yaitu komputer yang sanggup memproses 232 data dalam satu waktu. Sedangkan komputer 64 bit yaitu komputer yang sanggup memproses 264 data dalam satu waktu.

Sebagai pengetahuan saja, komputer personal pada awalnya dikembangkan mulai dari 4 bit, 8 bit, dan kemudian 32 bit. Semenjak final tahun 2008, pangsa pasar komputer personal dengan tipe 64 bit mulai meningkat dan terus dikembangkan sampai ketika ini.

Perlu diketahui juga, kadang kala 32 bit ditulis sebagai “32-bit” atau “x86” dan 64 bit ditulis sebagai “64-bit” atau “x64”.

Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows


Untuk mengetahui apakah komputer kita mendukung sistem operasi 64 bit sangatlah mudah. Pada artikel sebelumya aku telah membahas bagaimana Cara Mengetahui spesifikasi Komputer atau Laptop Windows 7 dengan memakai perintah "dxdiag" pada dialog Run. Cara tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui, apakah Anda memakai sistem operasi 64-bit atau tidak, namun balasannya tidak spesifik.

Baca Juga : Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook.

Ada bayak cara untuk mengetahui Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows, terutama untuk mengecek sistem 64-bit. berikut 4 Cara gampang Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows :

1. 64bit Checker

64bit Checker yaitu software portable berukuran kecil yang bisa menunjukkan versi Windows apa yang diinstal pada komputer Anda, apakah 64bit atau 32bit. Software ini juga bisa mendeteksi apakah prosesor Anda bisa menjalankan sistem operasi 64bit atau tidak.

 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows 4 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows

Software ini sanggup diunduh secara gratis. Download 64bit Checker | ZIP (35 KB)
OS : Windows 8, 7, Vista, XP, 2000, NT dan Windows Me, 98, 95

2. Sistem Informasi

Untuk Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows melalui Sistem Informasi, Anda sanggup masuk melalui Control Panel atau melalui Properties desktop shortcut My Computer / Computer pada Windows Exsplorer.

 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows 4 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows

Sementara untuk membuka Sistem Informasi yang lebih rinci, Anda sanggup membukanya dengan cara : Klik Start, ketik System di kotak pencarian kemudian jalankan programnya.

 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows 4 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows

3. Program Files

Secara sederhana, versi bit sistem operasi Windows sanggup diketahui dari direktori root drive utama. Versi Windows 32-bit hanya mempunyai folder Program Files tunggal, sementara pada sistem 64-bit Terdapat dua folder yang salah satunya yaitu folder Program Files (x86) atau sistem instalasi 32-bit.

 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows 4 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows

4. Command Line

Melalui Command Line prompt Anda juga sanggup melihat Arsitektur prosesor yang Anda gunakan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, versi Windows 32-bit hanya mempunyai folder Program Files tunggal.

Cara Akses :
Ketik cmd pada obrolan Run ( Windows + R ) kemudian ketik set pro dan tekan Enter.

 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows 4 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi File yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows

Seperti yang Anda lihat di layar, prosesor arsitektur, identifier, level, dan revisi semuanya akan muncul dan terdapat dua folder Program File yang membuktikan bahwa pola diatas yaitu Sistem Operasi Windows versi 64-bit.

Jika tujuan Anda yaitu untuk belajar, mencoba semua metode yaitu hal yang paling baik. Dalam hal ini aku memakai Window 7 Home Premium 64-bit, apabila Anda memakai sistem operasi yang berbeda silahkan baca artikel lengkapnya disini.

Sekian biar bermanfaat. Reff. http://support.microsoft.com.
Sumber http://www.gupitan.com
Show comments
Hide comments

0 Response to "4 Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi Windows"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close