Awas! Trojan Bernama ’Calisto’ Sedang Menyerang Mac - Tempat Blogging

Awas! Trojan Bernama ’Calisto’ Sedang Menyerang Mac

akhir ini menemukan nanah malware macOS yang menyerang perangkat komputer Mac dan juga M Awas! Trojan Bernama ’Calisto’ Sedang Menyerang Mac
via Pexels

Para peneliti keamanan akhir-akhir ini menemukan nanah malware macOS yang menyerang perangkat komputer Mac dan juga MacBook. Malware yang menyerang kali ini berupa trojan degnan nama ‘Calisto’.

Dilansir dari Apple Insider, Calisto ialah trojan yang menginfeksi sistem dengan file DMG yang menyamar sebagai Intego’s Mac Internet Security X9. Sama ibarat malware trojan pada umumnya, nanah ini berasal dari file yang didapatkan dari sumber yang tidak dipercaya.

Pengguna yang sudah download file DMG tersebut akan melaksanakan proses instalasi Intego’s Mac Internet Security X9. Software akan meminta persetujuan pemasangan kemudian meminta kanal kredensial. Setelah mendapat kanal tersebut, malware bisa mencuri banyak sekali macam info dari pengguna.

Beberapa info yang kemungkinan besar bisa dicuri ialah kanal Keychain, history browser, bookmark, cookies, dan info mengenai jaringan yang tersambung. Lebih jelek lagi, komputer juga bisa menjadi korban dengan diakses melalui remote access.

Malware ini pada awalnya dirilis pada tahun 2016 dan tidak pernah diketahui sampai sekarang. Hanya saja, malware ini kini tak bisa berbuat banyak menghadapi macOS terbaru yang mempunyai keamanan lebih ketat. Contohnya ialah fitur System Integrity Protection (SIP) yang ada pada macOS terbaru.

Untuk kau pengguna Mac dan MacBook, sangat disarankan untuk tidak install software yang tidak berasal dari sumber aslinya. Jika kau ingin download dan install software, pribadi dapatkan file softwarenya dari sumber resminya.

via Apple Insider


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Awas! Trojan Bernama ’Calisto’ Sedang Menyerang Mac"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close