Sejarah Munculnya Blog - Tempat Blogging

Sejarah Munculnya Blog

Blog, siapa yang tidak kenal dengan sebutan ini? Hampir semua orang yang mengenal internet niscaya akan mengetahui jikalau ditanya, “apa itu blog..?” Tapi, tahukah kalian wacana bagaimana bekerjsama sejarah dari kemunculan blog ini? Pasti ada yang tahu, tapi juga banyak yang tidak. Karena sangat sedikit sekali publikasi menganai sejarah kemunculan blog ini kepada masyarakat luas, apalagi acuan sumber-sumber yang membahasnya.
Untuk itu, daripada kita ingin tau terus menerus, yuk kita simak bahu-membahu ulasannya..


Pada awal kemunculannya blog dahulu dikenal sebagai diary online. Pioner dari internet-based journalist ini yang berperan besar dalam awal perkembangan blog yakni Justin Hall yang untuk pertama kalinya menciptakan diary online di Justin Links From The Underground ketika ia masih duduk di dingklik pendidikan Swarthmore College.
Saat itu blog yang dikenal dengan istilah diary online merupakan sebuah website yang berisi kumpulan link yang mengarah pada sebuah halaman website lain untuk dibahas dan dikomentari oleh pemilik diary terkait dengan halaman website lain yang dicantumkannya tersebut. Bisa dikatakan jikalau bentuk blog ketika itu merupakan sebuah katalog link yang menurut opini pemilik blog. Wah, agak jauh berbeda dengan konsep blog kini ini ya? Lalu, para diarist merupakan editor yang menampilkan link-link milik website lain yang lalu dibahas dan dikomentari dalam bentuk opini yang yang ditampilkan dalam diary online mereka.

Pada tahun 1997, Jorn Barger yang merupakan seorang programmer pengelola diary online berjulukan robot wisdom menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata logging the web. Seperti yang kita tahu jikalau logging berarti masuk. Jadi, logging the web berarti masuk ke webstie. Kenapa muncul istilah ini? Ya, hubungannya yakni sebab ketika itu pada awal perkembangan blog, para blogger banyak yang mulai memasuki dunia website guna menampilkan link-link halaman website milik orang lain yang lalu dirangkum dalam diary online miliknya diserta dengan sebuah opini tentunya.

Pada tahun 1998, sudah ada beberapa website yang dikategorikan sebagai sebuah blog. Mengapa sangat sedikit sekali orang yang melaksanakan aktifitas blogging pada waktu itu? Apakah dunia blogging belum dikenal oleh masyarakat luas? Bukan, hal itu sebab pada masa awal perkembangan blog sangat sulit bagi orang awam untuk mempunyai sebuah blog layaknya kini ini. Seorang blogger paling tidak harus mahir atau mempunyai pengetahuan khusus wacana programming, website, html, web hosting, dan file hosting untuk membangun sebuah blog. Sehingga, hanya blogger yang berpengalaman di dunia internet, system administration, atau web designer sajalah yang dapat mempunyai blog pribadi.

Memasuki tahun 1999, nasib dunia blogging sudah mulai berubah secara signifikan. Karena ketika itu muncul blogger.com yang menjadi platform situs penyedia layanan pembuatan blog secara gratis yang diluncurkan pertama kali oleh perusahaan silicon valley berjulukan Pira Lab pada Agustus 1999. Pada tahun ini Peter Merholz merubah istilah weblog menjadi wee-blog, hingga balasannya hanya menjadi blog saja.

Pada tahun 2002, Google mengakuisisi blogger.com dari perusahaan pemilik sebelumnya. Akibatnya, blogger.com pun semakin berubah menjadi situs penyedia jasa pembuatan blog secara online dan gratis yang dilengkapi fitur-fitur yang semakin menunjang kemudahan para blogger dalam menciptakan dan mengembangkan blog langsung mereka masing-masing. Banyak penambahan fitur maupun aplikasi-aplikasi penunjang yang pada pada dasarnya semakin memperlihatkan kemudahan bagi para blogger dalam mengembangkan blog miliknya. Tanpa keahlian khusus pun kita akan dengan gampang untuk menciptakan sebuah blog dalam hitungan menit!
Setelah itu, dunia blogging mulai berkecamuk dengan mulai munculnya banyak blogger-blogger gres hingga platform blog gres ibarat movable type, wordpress, dsb.

Di Indonesia sendiri, awal perkembangan blog dimulai sekitar tahun 2000an. Saat itu blog mulai diperkenalkan oleh para pelajar yang berkuliah diluar negeri yang pulang ke Indonesia dan membawa blog universitas yang dimilikinya sewaktu berkuliah dulu. Mulai tahun 2004, jumlah blogger di Indonesia terus bertambah hingga kini ini.

Bagaimana? Sudah terang bukan wacana sejarah kemunculan blog itu sendiri dari awal hingga kini ini? Yup, sebagai seorang blogger jangan hingga melewatkan info ini yaa..?
Mari kita manfaatkan kemudahan yang diberikan para platform penyedia layanan pembuatan blog yang serba gratis menarik ini sebaik mungkin. Jika kita belum mempunyai sebuah blog, maka cepatlah menciptakan sebab ada aneka macam manfaat yang dapat kita ambil darinya. Jika sudah mempunyai blog, mari kita gunakan kemudahan blog ini sebagai wahana untuk saling memberi dan mengembangkan informasi, inovasi, serta kreatifitas untuk kebaikan, bukan untuk kejahatan! Betul?

Salam Blogger..!!
Show comments
Hide comments

0 Response to "Sejarah Munculnya Blog"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close