Asal Seruan Pasta Gigi Diberi Nama Odol - Tempat Blogging

Asal Seruan Pasta Gigi Diberi Nama Odol

Sejarah Awal mula Atau Asal Usul Pasta Gigi Dinamakan Odol Asal Usul Pasta Gigi Diberi Nama Odol Sejarah Awal mula Atau Asal Usul Pasta Gigi Dinamakan Odol
Pasta gigi yaitu homogen pasta yang dipakai untuk membersihkan gigi, biasa dipakai dengan sikat gigi. Di Indonesia, pasta gigi sering juga disebut Odol.

Pernahkan terbersit dalam pikiran Anda mengapa pasta gigi yang kita pakai setiap hari dinamakan ’Odol’? Inilah jawabannya. Dia berasal dari brand pasta gigi berjulukan ’Odol’ yang amat tersohor di zaman dahulu, termasuk di tanah air kita yang kala itu masih di bawah penjajahan Belanda.

Pasta gigi dengan wadah berwarna biru muda bisa menggeser pemakaian tumbukan Batu-Bata dan Bubuk Buah Pinang (areca nut) yang kala itu masih banyak dipakai penduduk kita untuk menggosok gigi. Namun ibarat layaknya dengan istilah-istilah bahasa Belanda lainnya, masyarakat kesulitan untuk mengucapkan kata Tandpasta (tand = gigi) ini. Alhasil, diambillah jalan termudah dengan menyebut nama merknya, yaitu ’Odol’.

Sebenarnya Odol yaitu salah satu merek pasta gigi asal Jerman yang dibawa oleh para tentara Hindia Belanda. Pasta gigi merek Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden chemical laboratory Lingner, yang kini dikenal sebagai Lingner Werke AG pada tahun 1892 sebagai cairan pencuci lisan (mouthwash). Odol moutwash pada tahun 1900 an yaitu brand ternama dan yang paling luas penggunaannya di hampir seluruh daratan Eropa.

Di Indonesia sendiri Odol sudah berpuluh-puluh tahun tidak beredar lagi, namun di negara asalnya sampai ketika ini pasta gigi ’Odol’ ini masih tetap eksis. Bahkan pasta gigi ’Odol’ ini juga dipasarkan di daerah negara-negara Eropa ibarat Ceko, Hungaria, Belanda dan sebagainya. Pasta gigi ’Odol’ sudah berpuluh tahun yang kemudian hilang dari peredaran di negeri kita, namun beliau meninggalkan warisan kata yang masih dipakai sampai ketika ini yaitu ’ODOL’.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Pasta_gigi

Sumber http://www.gupitan.com
Show comments
Hide comments

0 Response to "Asal Seruan Pasta Gigi Diberi Nama Odol"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close