Pluto Bukan Lagi Planet Tata Surya - Tempat Blogging

Pluto Bukan Lagi Planet Tata Surya

 kini sudah tidak menjadi kepingan dari planet di tata surya kita ini Pluto Bukan Lagi Planet Tata Surya
Pluto Bukan Lagi Planet Dalam Tata Surya Kita
Anda niscaya sudah tahu, jikalau Pluto kini sudah tidak menjadi kepingan dari planet di tata surya kita ini. Tapi apakah Anda juga tahu, mulai kapan keputusan tersebut diambil dan apa yang menjadi pertimbangannya?

Sejak ditemukan oleh Clyde William Tombaugh, seorang astronom muda di Observatorium Lowell, pada 18 Februari 1930, Pluto lalu menjadi salah satu anggota dari Tata Surya yang paling jauh letaknya.

Namun mulai 24 Agustus 2006 planet dalam tata surya kita berkurang satu. Karena semenjak hari itu, Pluto sudah diputuskan tidak lagi berhak menyandang predikat sebagai Planet Dalam Tata Surya. Sidang Umum Himpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union/IAU) Ke-26 di Praha, Republik Ceko, menghasilkan keputusan bersejarah dalam dunia astronomi dengan mengeluarkan Pluto dari daftar planet-planet di Tata Surya kita. Mulai sekarang, anggota Tata Surya hanya terdiri dari delapan planet, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Keputusan mengeluarkan Pluto yang sudah menjadi anggota Keluarga Planet Tata Surya selama 76 tahun merupakan konsekuensi ditetapkannya definisi gres ihwal planet. Resolusi 5A Sidang Umum IAU Ke-26 berisi definisi gres itu.

 kini sudah tidak menjadi kepingan dari planet di tata surya kita ini Pluto Bukan Lagi Planet Tata Surya

Dalam resolusi tersebut dinyatakan, sebuah benda langit bisa disebut planet apabila memenuhi tiga syarat : 

1. Mengorbit Matahari.
2. Berukuran cukup besar sehingga bisa mempertahankan bentuk bulat.
3. Memiliki jalur orbit yang terperinci dan higienis (tidak ada benda langit lain di orbit tersebut.

Definisi tersebut ialah definisi universal pertama ihwal planet semenjak istilah planet dikenal di kalangan astronom, bahkan sebelum periode Nicolaus Copernicus yang tahun 1543 menunjukan Bumi ialah salah satu planet yang berputar mengelilingi Matahari. 

Dengan definisi gres tersebut, Pluto tidak berhak menyandang nama planet sebab tidak memenuhi syarat yang ketiga. Orbit Pluto memotong orbit planet Neptunus sehingga dalam perjalanannya mengelilingi Matahari, Pluto kadang berada lebih akrab dengan Matahari dibandingkan Neptunus.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Pluto

Sumber http://www.gupitan.com
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pluto Bukan Lagi Planet Tata Surya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close