Soal Hots Sd,Smp,Sma,Smk : Anutan Penilaian, Tutorial Video Penulisan Soal
Wednesday, May 1, 2019
Add Comment
Menyadur dari usang aslinya sebagai materi info untuk para pendidik/guru wacana pedoman penilaian, pedoman penulisan soal, kisi-kisi yang sanggup dijadikan sebagai pola untuk meningkatkan profesional guru dalam menciptakan serta mengolah penilaian.
Berikut info lengkapnya.
Penilaian dalam kurikulum 2006 maupun 2013 mempunyai cakupan yang sama untuk dinilai, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang dan terintegrasi dalam proses pembelajaran, sehingga sanggup dipakai untuk mengukur ketercapaian kompetensi untuk setiap akseptor didik terhadap standar yang telah ditetapkan.
Implementasi Kurikulum 2013 berimplikasi pada model penilaian pencapaian kompetensi akseptor didik yang harus dilakukan oleh pendidik.
Penilaian oleh pendidik tidak hanya berfokus pada penilaian hasil belajar, tetapi juga harus memperhatikan proses penilaian yang sifatnya lebih kualitatif untuk proses perbaikan pembelajaran baik untuk pendidik maupun untuk akseptor didik.
Instrumen penilaian harus dirancang secara bervariasi sesuai tuntutan dalam kurikulum dan dibentuk sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian yang tepat.
Untuk sanggup menyebarkan penilaian sesuai tuntutan tersebut, maka dibutuhkan langkah-langkah perencanaan dan pengembangan instrumen penilaian yang sempurna yang mengacu pada indikator-indikator pembelajaran dan kompetensi dasarnya.
Sehubungan dengan hal di atas, Puspendik–Balitbang Kemendikbud yang bergerak di bidang penilaian, menyempurnakan buku pedoman penilaian hasil berguru yang sudah dikembangkan sebelumnya, sesuai dengan kebijakan gres berkaitan dengan penilaian, sehingga secara umum buku ini sanggup dijadikan pola oleh pendidik dari sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013.
Buku Pedoman Penilaian Kelas oleh Pendidik sanggup di download melalui lampiran di bawah ini.
Pedoman Penilaian Oleh Pendidik dan Modul USBN
Penilaian ialah bab dari kurikulum. Penilaian merupakan alat penilaian yang berfungsi sebagai citra ketercapaian Standar Nasional pendidikan.
Penilaian dalam kurikulum 2006 maupun 2013 mempunyai cakupan yang sama untuk dinilai, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang dan terintegrasi dalam proses pembelajaran, sehingga sanggup dipakai untuk mengukur ketercapaian kompetensi untuk setiap akseptor didik terhadap standar yang telah ditetapkan.
Implementasi Kurikulum 2013 berimplikasi pada model penilaian pencapaian kompetensi akseptor didik yang harus dilakukan oleh pendidik.
Penilaian oleh pendidik tidak hanya berfokus pada penilaian hasil belajar, tetapi juga harus memperhatikan proses penilaian yang sifatnya lebih kualitatif untuk proses perbaikan pembelajaran baik untuk pendidik maupun untuk akseptor didik.
Instrumen penilaian harus dirancang secara bervariasi sesuai tuntutan dalam kurikulum dan dibentuk sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian yang tepat.
Untuk sanggup menyebarkan penilaian sesuai tuntutan tersebut, maka dibutuhkan langkah-langkah perencanaan dan pengembangan instrumen penilaian yang sempurna yang mengacu pada indikator-indikator pembelajaran dan kompetensi dasarnya.
Sehubungan dengan hal di atas, Puspendik–Balitbang Kemendikbud yang bergerak di bidang penilaian, menyempurnakan buku pedoman penilaian hasil berguru yang sudah dikembangkan sebelumnya, sesuai dengan kebijakan gres berkaitan dengan penilaian, sehingga secara umum buku ini sanggup dijadikan pola oleh pendidik dari sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013.
Buku Pedoman Penilaian Kelas oleh Pendidik sanggup di download melalui lampiran di bawah ini.
- Pedoman Penilaian Oleh Pendidik : https://drive.google.com/file/d/1eb7UdZzyB_5dT211Lx9S2xDOB-zxxONr
- Modul USBN 2018 : https://drive.google.com/file/d/1QBCbMYJ9R2zlU609_-KSbOhU4YkVC498
PEDOMAN PENULISAN SOAL SD/MI, SMP/ MTs, SMA/ MA dan SMK/ MAK
Pusat Penilaian Pendidikan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap guru atau praktisi Pendidikan dalam hal penulisan soal, telah dibentuk Pedoman Penulisan Soal yang terbagi menjadi Pedoman Penulisan Soal SD/MI, Pedoman Penulisan Soal SMP/MTs, Pedoman Penulisan Soal SMA/MA dan SMK/MAK. Kunjungi link berikut untuk mendownload pedoman:
- Pedoman Penulisan Soal SD/MI : https://drive.google.com/file/d/1sp1-elkCwzwpQZOku93sq0ke5OFAGpI-
- Pedoman Penulisan Soal SMP/ MTs : https://drive.google.com/file/d/1uLuerD0wPujTWFACJBer827zbV5JUpE1
- Pedoman Penulisan Soal SMA/ MA dan SMK/ MAK : https://drive.google.com/file/d/1LZFRw6hDC3BfeajQtigl9iWnhTEH2wjt
VIDEO TUTORIAL PENULISAN SOAL
Penulisan Kisi-Kisi
Penulisan Soal Pilihan Ganda;
Penulisan Soal Pilihan Ganda 1
Penulisan Soal Pilihan Ganda 2
Penulisan Soal Pilihan Ganda 3
Penulisan Soal Uraian;
Penulisan Isian
Penulisan Soal HOTS
Tingkat Kognitif HOTS
Karakteristik HOTS
Contoh Soal HOTS
Dengan merujuk pada pedoman dan tutorial video secara eksklusif diperlukan semoga lebih mempermudah kepada para pendidik di dalam menciptakan penilaian.
Selamat berguru semogah berkah.
0 Response to "Soal Hots Sd,Smp,Sma,Smk : Anutan Penilaian, Tutorial Video Penulisan Soal"
Post a Comment
Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)
NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda