27 Fungsi Hati Yang Menakjubkan, Lengkap! - Tempat Blogging

27 Fungsi Hati Yang Menakjubkan, Lengkap!

Salah satu fungsi hati yang sangat penting ialah menetralkan racun dalam badan atau detoksifikasi. Hati ialah kelenjar terbesar yang ada di dalam badan dan terletak di dalam rongga perut sebelah kanan, yaitu di bawah diafragma. Berdasarkan fungsinya, hati termasuk ke dalam salah satu alat ekskresi.

Hal ini lantaran hati sanggup membantu fungsi ginjal yaitu dengan memecah beberapa senyawa yang sifatnya racun serta menghasilkan asam urat, urea, dan amonia dengan cara memanfaatkan nitrogen yang berasal dari asam amino. Istilah lain dari proses pemecahan senyawa racun oleh hati ialah detoksifikasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian hati dan fungsi hati.

Pengertian Hati

Salah satu fungsi hati yang sangat penting ialah menetralkan racun dalam badan atau detok 27 Fungsi Hati yang Menakjubkan, Lengkap!
Hati ialah suatu kelenjar terbesar dan juga kompleks yang ada di dalam tubuh, berwarna merah kecoklatan serta mempunyai bermacam-macam fungsi, salah satunya ialah membantu dalam pencernaan masakan dan metabolisme zat gizi. Hati mempunyai berat sekitar 1300-1550 gram dan mempunyai banyak pembuluh darah serta lunak.

Hati terdiri dari :
  1. Lobus kiri dan lobus kanan, dengan ukuran pada lobus kanan yang lebih besar jikalau dibandingkan dengan lobus kiri.
  2. Lobulus. Hati disusun oleh lobulus-lobulus kecil serta tersusun dalam kolom.
  3. Vena sentralis yang ada pada penggalan tengah tiap lobulus. Vena bergabung menjadi vena lebih besar serta membentuk vena hepatika yang akan menuju ke vena kava inferior.
  4. Kantung empedu, ialah penggalan dari sistem empedu yang mempunyai fungsi dalam reservoir penyimpanan bagi empedu.
  5. Diafragma, merupakan membran otot yang memisahkan dada dari perut.
  6. Lakuna, merupakan suatu ruangan yang memisahkan antara satu lobulus dengan lobulus yang lainnya.


Hati ialah kelenjar yang berperan penting dalam metabolisme, termasuk diantaranya sebagai pengatur simpanan glikogen, produsen hormon, sintesa protein plasma, dan dekomposisi sel darah merah. Hati ialah kelenjar pencernaan suplemen yang memproduksi empedu, senyawa alkali yang sanggup membantu proses pencernaan dengan melalui emulsi lipid.

Kantung empedu ialah kantung kecil yang terletak tepatnya dibawah hati dan berfungsi sebagai penyimpan empedu yang diproduksi oleh hati. Jaringan tissue yang ada di hati sanggup disebut sebagai hepatocytes.

Hepatocytes mempunyai fungsi sebagai pengatur reaksi biochemical yang bermacam-macam termasuk sintesis atas molekul-molekul kecil yang kompleks, molekul-molekul kecil tersebut berperan penting untuk fungsi vital manusia. Estimasi total dari fungsi hati sangat bervariasi, namun pada buku penelitian biasanya fungsi hati mempunyai sekitar 500 fungsi bagi tubuh.

Hati pada bahasa Yunani disebut sebagai hepat. Pada ketika ini belum ada cara untuk menggantikan fungsi hati dalam jangka panjang, meskipun terdapat teknik dialysis hati yang sanggup untuk dipakai sebagai pengganti fungsi hati jangka pendek. Transplantasi hati merupakan cara guna menuntaskan permasalahan kegagalan hati total. Untuk lebih lengkapnya, berikut struktur hati.

Struktur Hati

Salah satu fungsi hati yang sangat penting ialah menetralkan racun dalam badan atau detok 27 Fungsi Hati yang Menakjubkan, Lengkap!
Hati ialah organ berbentuk baji dengan mempunyai warna cokelat kemerahan serta mempunyai 4 lobus dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Hati pada insan biasanya mempunyai berat sekitar 1,44 kg -1,66 kg. Hati ialah suatu organ internal yang terberat pada badan insan serta menjadi kelenjar terbesar dalam tubuh.

Hati terhubung dengan 2 (dua) pembuluh darah besar, yaitu : Arteri Hepatic dan Pembuluh Portal. Arteri hepatic membawa anutan darah yang kaya akan oksigen dari aorta, sedangkan pembuluh portal membawa anutan darah yang kaya nutrisi yang berasal dari hasil pencernaan dari sistem gastrointestinal serta dari pankreas dan limpa.

Pembuluh darah ini dibagi menjadi beberapa kapiler-kapiler kecil yang dikenal sebagai sinusoid, yang akan berujung pada lobules. Lobulus merupakan unit fungsional dari hati. Masing-masing lobulus dibentuk dari jutaan sel hepatic yang merupakan suatu sel metabolis dasar.

Lobulus tersebut kemudian ditahan biar tetap bersama oleh jaringan tissue areolar yang mana merupakan struktur suplemen pada hati dengan menyertai jalan masuk pembuluh yaitu vena dan arteri serta melalui portal hepatic, sebagai suatu kapsul fiber yang sanggup disebut dengan kapsul Glisson. Seluruh permukaan hati dilapisi oleh suatu lapisan serous dari peritoneum serta mempunyai lapisan fiber. Berikut fungsi hati.

Fungsi Hati

Salah satu fungsi hati yang sangat penting ialah menetralkan racun dalam badan atau detok 27 Fungsi Hati yang Menakjubkan, Lengkap!
Setiap organ yang ada dalam badan manusia, niscaya mempunyai fungsi serta peranannya masing-masing dalam terciptanya sistem organ. Berikut fungsi hati.
  1. Pembuangan zat birilubin
    Mengapa air pipis berwarna kuning? Mengapa upil cenderung berwarna kuning, kehijauan, atau cokelat? Dan hal-hal yang lainnya. Hal ini akrab kaitannya dengan zat birilubin yang ada pada tubuh. Zat ini di nilai tidak baik bagi tubuh, sehingga harus untuk dikeluarkan, yang pada umumnya lewat sistem ekskresi. Dengan zat bilirubin ini mengatakan warna kuning untuk kotoran yang dikeluarkannya.
  2. Pengubah zat masakan dari usus
    Makanan yang masuk ke badan kemudian dicerna dan diproses lebih usang di usus manusia. Di usus masakan akan diserap aneka macam macam materi yang masih sanggup digunakan, masih sanggup menghasilkan gizi dan nutrisi bagi tubuh. Hati berperan sebagai pengubah zat masakan menjadi zat yang sanggup dipakai sesuai dengan kemampuannya. Seperti pada protein, yang akan disimpan sementara di dalam tubuh. Pada ketika terdapat sel badan yang rusak, kemudian dikeluarkan guna membantu memperbaiki sel yang rusak ytersebut.
  3. Pengontrol sirkulasi tubuh
    Hati juga berperan penting sebagai pengontrol sirkulasi tubuh. Hal ini akrab kaitannya dengan darah serta pengaturan suhu yang ada di dalam tubuh. Hati sanggup menciptakan sirkulasi badan menjadi normal dan lebih lancar.
  4. Pengontrol suhu
    Hati juga berperan sebagai pengontrol suhu. Cara kerjanya yaitu dengan menaikkan suhu badan pada ketika lingkungan luar suhunya rendah. Menurunkan suhu badan pada ketika lingkungan luar suhunya tinggi. Hal ini bertujuan biar yang ada dalam badan bersifat netral.
  5. Membantu pembentukan eritrosit di dalam janin
    Eritrosit yang terdapat di dalam janin belum sanggup terbentuk secara sempurna. Maka harus dibantu dengan cara perombakan biar sanggup memproduksi sel darah merah (eritrosit) yang baik. Salah satunya yaitu dengan memakai hati.
  6. Membunuh organisme dan anti gen
    Apabila terdapat sesuatu yang masuk ke tubuh, maka akan dianggap sebagai benda abnormal atau pathogen. Hati berperan sebagai penawar racun dengan cara membunuh organism serta antigen yang di nilai sebagai sebuah benda yang berbahaya bagi tubuh.
  7. Penghancuran sel eritrosit
    Meskipun hati berfungsi untuk membentuk sel darah merah, selain itu hati juga berperan sebagai penghancur sel darah merah. Sel darah merah yang dimaksud yaitu yang sudah masuk pada masa renta atau kualitasnya yang sudah tidak baik yang kemudian akan dihancurkan, selanjutnya akan diproduksi sel darah merah yang baru.
  8. Pengontrol komposisi darah yang masuk ke dalam badan
    Darah yang masuk ke tubuh, tidak hanya sebagai darah biasa. Namun, terdiri atas komposisi-komposisi menyerupai : gula, lemak, protein, dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Hal ini lantaran salah satu fungsi darah ialah untuk mengedarkan nutrisi yang pada badan ke organ-organ yang lainnya. Hati mempunyai tugas sebagai pengontrol komposisi darah pada ketika melewati hati.
  9. Membentuk urea
    Pipis atau air kencing yang dikeluarkan merupakan hasil rombakan yang berasal dari zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan bagi tubuh. Pada ketika melalui tahap filtrasi, hati kemudian menambahkan urea sebagai hasil dari sisa perombakan asam amino. Yang kemudian zat-zat yang tidak dibutuhkan tersebut di olah lebih lanjut pada ginjal.
  10. Pengemulsi lemak dan makanan
    Hati sanggup membantu empedu untuk mengeluarkan cairan yang terdapat di dalam tubuh. Cairan empedu tersebut berasal dari dalam eritosit yang akan dilakukan perombakan lemak serta makanan. Empedu ialah organ yang mempunyai warna hijau. Kantong kelenjar empedu sanggup mengeluarkan cairan sebanyak 1/2 (setengah) liter per hari dengan rasa yang pahit.
  11. Pengontrol gula darah
    Hati juga sanggup untuk mengontrol gula darah. Pada ketika metabolisme badan selesai dalam memproses hasil makanan, kandungan zat yang mengandung glukosa yang berlebih kemudian diproses di hati. Proses tersebut berupa suatu konversi pengolahan glukosa menjadi glikogen. Apabila badan membutuhkan glukosa, maka hati siap guna mengembalikan konversian dari glikogen menjadi glukosa.
  12. Penyimpan vitamin
    Terdapat 2 jenis pelarutan vitamin yaitu jenis vitamin yang sanggup larut dalam lemak antara lain : vitamin A, D, E, serta K, dan vitamin yang larut dalam air menyerupai vitamin C dan B. Jenis vitamin yang sanggup larut dalam lemak tadi kemudian disimpan di hati sebelum diedarkan ke organ badan yang lain.
  13. Pengatur kadar darah
    Hati sanggup mengontrol kadar nutrisi dan oksigen yang kemudian akan disalurkan ke organ-organ badan lainnya sehingga fungsi badan sanggup lebih optimal tanpa kekurangan ataupun kelebihan nutrisi dan oksigen.
  14. Tempat penyimpanan glikogen
    Glikogen atau gula otot ialah energi insan guna melaksanakan aktivitas. Jadi, pada ketika masakan yang ada pada badan di cerna, maka zat hasilnya berupa glukosa. Lalu diubah oleh hormon insulin yang ada di tubuh, hingga berwujud gula otot yang disimpan sementara di hati sebelum digunakan. Apabila glikogen sisa, maka glikogen atau gula otot tersebut sanggup berkembang menjadi lemak.
  15. Pengontrol hormon tubuh
    Hati juga sanggup mengontrol hormon tubuh. Terdapat beberapa hormon yang dihasilkan oleh hati, yang pada umumnya berkaitan dengan pengolahan glukosa menjadi glikogen dan sebaliknya yaitu pengolahan glikogen menjadi glukosa.
  16. Penawar racun
    Hati sanggup untuk menetralkan, menawarkan, atau biasa disebut dengan istilah detoksifikasi racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Secara alamiah, apapun itu yang masuk ke badan insan sanggup berpotensi sebagai racun. Oleh alasannya itu, hati sanggup mengatakan zat-zat tersebut biar bersifat netral bagi tubuh. Misalnya aneka macam zat yang sanggup dianggap sebagai racun antara lain : obat-obatan, alkohol, dan nikotin.
  17. Penyimpan mineral
    Selain fungsi hati yang berperan sebagai penyimpan vitamin, hati juga sanggup berperan sebagai penyimpan mineral. Menurut penelitian terkait, pertanda bahwa hati sanggup menyimpan mineral pada badan manusia. Yang kemudian akan di aktifkan kembali pada ketika hendak dipakai tubuh. Seperti zat besi yang dipakai guna penyusunan hemoglobin untuk pembentukan sel darah merah.
  18. Mencegah penggumpalan darah
    Penggumpalan darah pada umumnya terjadi lantaran mengalami luka tanggapan kecelakaan, jatuh, dan kejadian-kejadian yang lainnya yang sanggup menimbulkan luka. Tidak sekedar luka, namun jikalau hingga mengeluarkan darah. Tubuh yang terbuka secara normal sanggup mengeluarkan darah. Kemudian beberapa saat, apakah pendarahan tersebut berhenti? Hal ini akrab kaitannya dengan tugas protombin dan fibrinogen yang bekerja guna menutup luka serta mencegah terjadinya penggumpalan darah. Apabila tidak dilakukan hal tersebut maka darah akan terus keluar, hal ini yang tentunya sanggup membahayakan badan manusia.
  19. Menyempurnakan eritrosit atau sel darah merah
    Darah merah merupakan suatu cairan yang tidak sanggup bertahan usang berada di dalam tubuh. Oleh alasannya itu dibutuhkan zat yang sanggup berkhasiat sebagai penyempurna dari eritrosit ini. Zat tersebut ialah hermatin.
  20. Pengontrol asam amino
    Hati sanggup berperan sebagai pengontrol asam amino yang ada pada tubuh. Apabila kelebihan asam amino, maka akan disiapkan blok bangunan khusus untuk asam amino. Sehingga pada ketika dibutuhkan, akan disediakan kembali.
  21. Produksi sistem imunnitas
    Hati mempunyai tugas sebagai produktor sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut akrab kaitannya dengan fungsinya yang sanggup melawan serta membunuh basil yang masuk ke tubuh.
  22. Produsen hermatin
    Hermatin ialah suatu zat yang diproduksi oleh hati guna melindungi sek darah merah, hal ini alasannya darah merah tidak sanggup bertahan usang di badan manusia.
  23. Menghasilkan protein
    Terdapat beberapa jenis protein yang sanggup dihasilkan oleh hati yang mempunyai tugas penting dalam proses pembekuan darah.
  24. Pengontrol sirkulasi darah
    Hati akrab kaitannya dengan sirkulasi darah mengingat bahwa hati terhubung dengan 2 (dua) pembuluh darah besar yang mentransportasikan darah kaya akan nutrisi serta oksigen ke bagian-bagian badan lainnya.
  25. Filter sampah tubuh
    Manusia sebagai makhluk yang memerlukan masakan guna menopang kehidupannya. Oleh alasannya itu, insan tidak memakan satu atau dua jenis masakan yang sama tiap harinya, melainkan banyak ragam jenisnya. Dari aneka macam jenis masakan yang di makan tersebut, banyak juga masakan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya yaitu kolesterol. Sampah kolestrol tersebut kemudian disaring oleh hati guna di ambil zat-zat yang masih dibutuhkan badan dan kemudian membuang zat sisanya.
  26. Menyimpan energi
    Hati sanggup menyimpan energi bagi badan dalam bentuk glikogen yang akan diubah menjadi glukosa pada ketika kadar glukosa darah rendah.
  27. Sistem pencernaan sekunder
    Nutrisi yang berasal dari masakan serta minuman yang dikonsumsi kemudian diserap melalui usus. Namun sebelum diserap oleh usus, masakan tersebut dipilah-pilah terlebih dulu oleh hati guna memilih nutrisi yang akan diserap atau racun yang akan dibuang.


Penyakit Liver

Salah satu fungsi hati yang sangat penting ialah menetralkan racun dalam badan atau detok 27 Fungsi Hati yang Menakjubkan, Lengkap!
Hati (liver) memang mempunyai peranan penting bagi badan insan guna menjauhkan badan dari aneka macam jenis penyakit. Namun, hati apabila tidak dirawat dengan baik, hati juga sanggup mengalami gangguan-gangguan dan terkena penyakit. Berikut penyakit liver (hati) yang berbahaya :
  1. Hepatitis
    Hepatitis merupakan penyakit liver yang sanggup dilihat dari munculnya sel radang di dalam jaringan tissue hati. Hepatitis sanggup disebabkan tanpa adanya sebuah gejala, namun sanggup menciptakan penderitanya mengalami rasa lelah, jaundice (warna kuning yang muncul di mata dan badan manusia), serta nafsu makan menurun. Hepatitis kronis sanggup menimbulkan luka pada hati atau fibrosis serta kegagalan fungsi hati atau cirrhosis.
  2. Cirrhosis
    Cirrhosis ialah suatu penyakit yang berkembang dalam jangka yang usang dimana jaringan tissue yang sehat menjadi luka serta mencegah hati untuk berfungsi secara normal. Jaringan tissue yang terluka tersebut kemudian menahan suplai darah ke hati yang pada alhasil sanggup menghambat peresapan nutrisi, hormon, protein, dan zat-zat yang lain yang diproduksi hati.
  3. Kanker hati
    Kanker hati merupakan kanker yang disebabkan oleh cirrhosis, alkohol, atau hepatitis. Kanker hati ialah salah satu kanker yang paling umum. Sebab, pada tahun 2013 terdapat 643.000 janjkematian terjadi dikarenakan kanker yang disebabkan hepatitis serta 92.000 janjkematian yang disebabkan lantaran alkohol.
  4. Ascites
    Ascites meruopakan akumulasi cairan berwarna kuning yang merupakan racun yang terdapat di dalam hati. Ascites sanggup menimbulkan kegagalan fungsi hati dan kanker.
  5. Batu empedu
    Apabila watu empedu tersangkut di dalam anutan darah di hati, hepatitis dan juga benjol pembuluh darah sanggup terjadi.
  6. Hematochromatosis
    Akumulasi besi yang ada dalam organ parenchymal lantaran hati tidak sanggup untuk menetralisir racun sehingga badan akan keracunan.


Tips Merawat Kesehatan Hati
Salah satu fungsi hati yang sangat penting ialah menetralkan racun dalam badan atau detok 27 Fungsi Hati yang Menakjubkan, Lengkap!
  1. Menjaga contoh makan
    Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buah dan sayuran serta kurangi mengkonsumsi masakan berminyak atau banyak mengandung penyedap guna mengurangi konsumsi racun.
  2. Hindari alkohol
    Alkohol sanggup memberi racun dalam jumlah yang banyak untuk tubuh, oleh alasannya itu jikalau Anda mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak, urine akan berbau pesing dan berwarna kuning pekat.
  3. Pelajari obat obatan
    Hentikan mengkonsumsi obat-obatan yang sanggup menghipnotis kinerja hati Anda.


Pemeriksaan Fungsi Hati
Salah satu fungsi hati yang sangat penting ialah menetralkan racun dalam badan atau detok 27 Fungsi Hati yang Menakjubkan, Lengkap!
Untuk memonitor kondisi hati (liver) dibutuhkan investigasi fungsi hati. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya potensi penyakit pada hati. Selain itu, apabila Anda mengalami tanda-tanda penyakit kuning, alangkah baiknya untuk tes fungsi hati guna membantu mendiagnosis apakah tanda-tanda yang dialami tersebut disebabkan oleh penyakit hati.

Fungsi hati menciptakan senyawa-senyawa kimia yang dihasilkan dan beredar di anutan darah. Oleh alasannya itu, tes fungsi hati dilakukan dengan cara mengambil sampel darah kemudian diperiksa senyawa-senyawa kimia yang ada dalam darah tersebut. Pola hasil investigasi darah sanggup membantu dalam memilih senyawa mana yang kandungannya berlebihan sehingga menimbulkan masalah. Berikut ialah senyawa-senyawa yang pada umumnya sanggup diukur dalam tes fungsi hati:
  1. Albumin
    Albumin ialah protein utama yang diproduksi hati serta masuk ke sirkulasi darah. Kadar albumin yang sangat rendah sanggup mengindikasikan beberapa jenis problem yang terjadi di hati atau sanggup juga dikarenakan kondisi kurang gizi.
  2. Bilirubin
    Bilirubin merupakan senyawa yang terbuat dari hemoglobin. Senyawa tersebut sanggup mengatakan warna kuning atau kehijauan pada cairan empedu. Kadar bilirubin yang sangat tinggi sanggup menimbulkan penyakit kuning (jaundice). Kadar bilirubin yang terkonjugasi tinggi sanggup terjadi pada ketika anutan cairan empedu terhambat, menyerupai jikalau terdapat tumor pankreas atau watu empedu. Kadar yang tinggi sanggup disebabkan lantaran luka pada organ hati, konsumsi alkohol dalam jangka panjang, atau hepatitis.
    Kadar bilirubin yang tak terkonjugasi sanggup tinggi jiak terdapat penghancuran sel darah merah (eritrosit) berlebihan di hati, menyerupai pada penyakit anemia hemolitik.
  3. Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase (SGOT) atau Aspartat aminotransferase (AST)
    SGOT atau AST merupakan enzim yang terdapat di dalam hati. Apabila kadarnya tinggi pada umumnya menggambarkan adanya problem yang terjadi pada organ hati.
  4. Alkalin fosfatase (ALP)
    Alkalin fosfatase ialah enzim yang terbentuk di dalam hati dan juga tulang. Bagi seseorang yang mempunyai penyakit tulang atau hati, kadar senyawa alkalin fosfat (ALP) dalam darah akan tinggi.
  5. Serum Glutamic Pyruvic Transaminase (SGPT) atau Alanin transaminase (ALT)
    Merupakan enzim yang sangat bermanfaat dalam mengolah protein. Kadar enzim ini akan tinggi pada ketika hati mengalami peradangan atau cedera, menyerupai penyakit hepatitis.
  6. Total protein
    Adalah pengukuran semua protein yang ada dalam darah.


Selain tes fungsi hati yang bertujuan untuk mengukur senyawa-senyawa di atas, mungkin dibutuhkan juga investigasi yang lainnya guna membantu mengkonfirmasi diagnosis atau memonitor problem pada organ hati. Pemeriksaan yang lainnya juga mengambil sampel darah, namun yang diukur berbeda, menyerupai tes pembekuan darah, tes gamma-glutamytransferase, tes imunologi yang bertujuan untuk mendeteksi adanya virus ataupun autoantiboodi, dan tes lain yang lebih spesifik.

Itulah pengertian hati, fungsi hati, struktur hati, penyakit liver, serta tips merawat kesehatan hati. Untuk tetap menjaga fungsi hati biar tetap dalam kondisi yang fit, terapkan hidup dan contoh makan yang sehat, dan utamakan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Protein yang diharapkan ialah protein yang bisa didapat dari polong-polongan serta kacang-kacangan. Anda masih sanggup mengkonsumsi daging, namun batasi jumlah konsumsinya. Alangkah baiknya untuk menghindari lemak trans serta batasi asupan lemak maksimal 20% (20 persen) dari total konsumsi seluruh makanan. Jangan lupa untuk tetap rutin berolahraga.
Show comments
Hide comments

0 Response to "27 Fungsi Hati Yang Menakjubkan, Lengkap!"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close