Cara Mengakibatkan Aplikasi Android Mendukung Multi Screen - Tempat Blogging

Cara Mengakibatkan Aplikasi Android Mendukung Multi Screen

Setelah sebelumnya aku telah membagikan tutorial perihal semoga Aplikasi mempunyai santunan banyak bahasa.Pada kesempatan kali ini, aku akan membagikan Cara semoga Aplikasi Android Mendukung Multi Screen. Maksud dari Multi Screen ini semoga dikala kita menciptakan Aplikasi Android menyerupai di Android Studio. Aplikasi kita dapat mendukung banyak ukuran layar/tampilan dari membuatkan jenis gadget.Seperti tampilan  Smartphone dan Tablet ,Seperti pada gambar dibawah:


 Setelah sebelumnya aku telah membagikan tutorial perihal semoga Aplikasi mempunyai santunan Cara Menjadikan Aplikasi Android Mendukung Multi Screen




Perlu kalian ketahui juga, Android mengkategorikan perangkat layar menjadi dua jenis yaitu : size dan density.  size : ukuran sedangkan density : kepadatan atau kerapatan. Aplikasi Android yang berkualitas pastinya bukan hanya sekedar tema atau kontennya saja. Akan tetapi Aplikasi Android yang berkualitas, ialah Aplikasi yang mendukung tampilan dari membuatkan jenis ukuran size dan density. Jadi kalian harus mengoptimalkan tampilan kalian semoga dapat mendukung jenis size dan density yang berbeda.
  • Secara umum size terdiri dari 4 jenis  yaitu : small ,normal ,large,xlarge
  • Begitu juga density terdiri dari 4 jenis yaitu : low (ldpi), medium (mdpi), high (hdpi), extra high (xhdpi)


Membuat layout berbeda jenis

Seperti  halnya pada kalian menciptakan Aplikasi semoga mendukung banyak bahasa ,di sini juga kalian harus menciptakan folder yang berbeda dari folder layout biasanya(maksud : menciptakan folder layout terpisah ) . Untuk  mengoptimalkan Aplikasi kalian semoga mendukung aneka macam jenis layar,kalian harus menciptakan nama layout unik berbeda tiap xmlnya. Kalian dapat menambahkan nama layout dengan embel-embel - <ukuran layar> . Contohnya seperti res/layout-large/.

ProjectKalian/
    res/
        layout/
            main.xml
        layout-large/
            main.xml

Untuk nama file .xml harus persis sama namun isi kontenya dibentuk berbeda semoga mendukung banyak UI(User Interface) dan juga untuk ukuran layar yang sesuai dengan jenis perangkat.

Contoh lain kalau layar/tampilan kalian mendukung landscape dapat tambahkan nama -land. Seperti dibawah ini:

ProjectKalian/
    res/
        layout/
            main.xml
        layout-land/
            main.xml

Secara default layout/main.xml  digunakan untuk orientasi portrait. (Baca : portrait = vertikal landscape = horizontal).

Jika kalian ingin mengkombinasikan layout khusus untuk landscape, termasuk juga layar besar, maka kalian  perlu memakai embel-embel large dan land sebagai syarat :

ProjectKalian/
    res/
        layout/              # default (portrait)
            main.xml
        layout-land/         # landscape
            main.xml
        layout-large/        # large (portrait)
            main.xml
        layout-large-land/   # large landscape
            main.xml
Membuat bitmap berbeda jenis

Kalian harus menyediakan sebuah resource dengan jenis skala yang benar(baca : resources maksudnya gambar atau materi desain yang berafiliasi dengan tampilan). Seperti yang aku sudah sebutkan tadi,secara umum density terdiri dari 4 ukuran jenis :low, medium, high and extra-high density.

Untuk menghasilkan gambar-gambar ini, kalian harus mulai dengan resources raw(bahan mentah) kalian, dalam format vektor ,untuk menghasilkan gambar untuk setiap density menggunakan skala ukuran berikut:
  • xhdpi: 2.0
  • hdpi: 1.5
  • mdpi: 1.0 (baseline)
  • ldpi: 0.75


Ini artinya dikala kalian ingin menampilkan gambar ukuran 200x200,  untuk perangkat bertipe  xhdpi.Kalian juga harus  menampilkan gambar yang sama dengan ukuran 150x150 untuk perangkat bertipe  hdpi, 100x100  untuk perangkat bertipe mdpi,dan  75x75  untuk perangkat  bertipe ldpi .

Kemudian tempatkan pada file resource drawable menyerupai ini:

ProjectKalian/
    res/
        drawable-xhdpi/
            gambar.png
        drawable-hdpi/
            gambar.png
        drawable-mdpi/
           gambar.png
        drawable-ldpi/
            gambar.png

Makara secara otomatis dikala kalian memanggil  @drawable/gambar,sistem akan menentukan bitmap yang sesuai menurut density layar.






Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mengakibatkan Aplikasi Android Mendukung Multi Screen"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close