Belajar Binding View Memakai Library Butterknife Android - Tempat Blogging

Belajar Binding View Memakai Library Butterknife Android

ButterKnife adalah salah satu library yang dikembangkan oleh Jake Wharton ,yang mempunyai kegunaan untuk membantu proses pengembangan Aplikasi Android ,dalam hal membinding view dengan layout pada Aplikasi. Biasanya kita memakai View pada resource id di layout ,menggunakan findViewById(R.id.view) .Namun,  dengan memakai library ini (ButterKnife) ,kita tidak  perlu memakai itu lagi ,kita hanya perlu menginject view tersebut Kaprikornus kegunaan atau fungsi library ButterKnife ini  untuk mencegah terjadinya pengulangan baris code(boilerpate) ,dan baris code kita juga akan lebih sedikit dan gampang dibaca. Pada artikel berguru android kali ini ,kita akan mencoba berguru memakai library ButterKnife ,pada project Aplikasi di Android Studio .Berikut mari kita coba :


adalah salah satu library yang dikembangkan oleh Jake Wharton  Belajar Binding View Menggunakan Library ButterKnife Android





1. Pertama buat project gres , atau yang sudah ada di Android Studio.


2. Selanjutnya  kita akan mengatur dependencies , pada build.gradle(Module:app) terlebih dahulu.

Kalian dapat perhatikan code dibawah :



3. Lalu sebagai pola penggunaan  , aku memakai Button dan TextView pada layout. Berikut pola codenya:


activity_main.xml




4. Pada baris code  file java ,  disini kita akan menerapkan pola penggunaan librarynya , kalian dapat perhatikan code dibawah :


MainActivity.java



Penjelasan :

Pertama untuk menginject view ,dengan ButterKnife ,kita tulis baris code   ButterKnife.bind(this); , di dalam method onCreate.

Setelah itu untuk binding view kita  gunakan @BindView untuk mereferensikan resource id view pada layout , lalu  @OnClick , untuk response pada tombol.


5. Hasil Aplikasi akan terlihat menyerupai ini :

adalah salah satu library yang dikembangkan oleh Jake Wharton  Belajar Binding View Menggunakan Library ButterKnife Android


Jika kalian ingin mengeksplorasi,  contoh penggunaan library ButterKnife ini lebih dalam lagi ,kalian dapat baca lebih lanjut dokumentasi resminy di github disini.




Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Binding View Memakai Library Butterknife Android"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close