Belajar Mengenal Apa Itu Refactoring - Tempat Blogging

Belajar Mengenal Apa Itu Refactoring

Dalam hal pembangunan software atau Aplikasi , dengan bahasa pemrograman apapun. Refactoring adalah salah satu acara untuk memperbaiki atau membangun kembali struktur code, dengan cara menghapus baris code yang tidak terpakai ,serta mencegah baris code yang berulang-ulang (boilerpate),agar perancangan code yang telah dibangun sanggup lebih terang dipahami. Refactoring menurut Martin Fowler dan  Kent Beck yaitu perubahan yang dilakukan pada struktur internal dari sebuah software biar lebih gampang dipahami dan lebih murah untuk dimodifikasi tanpa mengubah tingkah laris code tersebut. Ini yaitu cara disiplin untuk membersihkan code ,serta meminimalkan kemungkinan terjadinya bug pada program.




 Dalam hal pembangunan software atau Aplikasi  Belajar Mengenal Apa itu Refactoring




Kenapa harus Refactoring?

Alasanya dilakukan refactoring ini ,untuk menciptakan perbaikan atau perubahan pada struktur code kalian, yang dimana prosesnya biar struktur code kalian lebih gampang di mengerti ,dan sanggup di maintain, dan sewaktu-waktu sanggup dipakai kembali



Bagaimana proses Refactoring ?

  • Mendeteksi masalah
Langkah awal dalam ,melakukan acara refactoring yaitu dengan mendeteksi adanya masalah, pada struktur code kalian. Apakah ada problem ? Apa masalahnya ?.

  • Mendeskripsikan masalah
Deskripsikan masalahnya ,lebih jelas. Dengan menciptakan pertanyaan seperti. Apakah harus dilakukan perubahan pada code ini ?  Apa keuntungannya sesudah ini  ? atau juga Apakah ada resiko sesudah ini ?.

  • Solusi Design
Kita sanggup memakai solusi dari software arsitektur design atau design pattern  ,untuk memperbaiki dan membangun kembali struktur code yang telah kita kembangkan.

  • Modifikasi code
Langkah terakhir yaitu ,mentransformasi struktur code di dalamnya ,tanpa harus merubah fungsi dari code tersebut.

Contoh Refactoring :

  • Mengganti nama 
Kalian sanggup mengganti nama baru dari nama variable ,class , method ,atau nama item lain ,yang ada di struktur code kalian, biar sanggup gampang dibaca dan menciptakan kalian bingung.

  • Memindahkan Class
Memindahkan Class ke dalam package ,yang lebih baik. Serta tak lupa mengimport rujukan terkait class tersebut.

  • Membuat method baru
Kalian juga sanggup memisahkan method usang atau juga menciptakan method gres ,untuk meningkatkan perawatan dan keterbacaan pada code kalian.


Jika kalian ingin berguru lebih dalam lagi , wacana acara Refactoring ini , kalian sanggup membacanya disini.


Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Apa Itu Refactoring"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close