Belajar Mengenal Pola Nested Inner Class Pada Kegiatan Java - Tempat Blogging

Belajar Mengenal Pola Nested Inner Class Pada Kegiatan Java

Seperti yang sudah di jelaskan di artikel berguru java sebelumnya, perihal Class dan Object.  Class merupakan sebuah kerangka/model (blueprint) atau bentuk awal (prototype), yang berfungsi untuk kawasan menaruh,  dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek. Pada artikel berguru java sebelumnya juga ,kita telah mengenal istilah Nested Looping ,yaitu perulangan di dalam perulangan.

Seperti halnya perulangan  ,  di dalam bahasa pemrograman Java , kita juga sanggup menciptakan suatu class , menjadi bab di dalam block di class lain atau class luar, atau sanggup juga disebut class di dalam class (Nested Class). Class yang berada di dalam class luar ini  , juga sanggup disebut Inner Class. Inner Class (Class di dalam) sanggup memiliki hak kanal terhadap atribut atau method ,yang berada di Class luar ,meskipun dalam kondisi modifier private. Akan tetapi , sebaliknya Class luar , tidak memiliki hak kanal terhadap atribut atau method yang berada di Class dalam.




 Seperti yang sudah di jelaskan di artikel berguru java sebelumnya Belajar Mengenal Contoh Nested Inner Class pada Program Java


Pada artikel berguru java kali ini ,kita akan mencoba mengenal pola penggunaan  Inner Class , dengan memakai bahasa pemrograman java. Berikut mari kita simak lebih lanjut:


 Contoh Codenya :


Mobil.java


 Seperti yang sudah di jelaskan di artikel berguru java sebelumnya Belajar Mengenal Contoh Nested Inner Class pada Program Java
Contoh Code (Robot.java)


MainClass.java


 Seperti yang sudah di jelaskan di artikel berguru java sebelumnya Belajar Mengenal Contoh Nested Inner Class pada Program Java
Contoh Code(MainClass.java)



Output :


 Seperti yang sudah di jelaskan di artikel berguru java sebelumnya Belajar Mengenal Contoh Nested Inner Class pada Program Java
Output Hasil
Penjelasan :

Mobil.java

Pada pola code aktivitas pertama , kita menciptakan class Mobil ,yang didalamnya kita mendeklarasikan variable nomor, dengan tipe data integer , dan juga  modifier private.

Selanjutnya , kita menciptakan 1 Constructor untuk class Mobil ,dengan memakai variable nomor.

Pada baris code selanjutnya ,kita menciptakan inner class ,yang berjulukan class Mesin ,dengan modifier private ,yang di dalamnya kita mendefinisikan method .hidup().


Lalu kita buat inner class lagi ,yang berjulukan Bensin , dengan memakai keyword static , dengan modifier public ,yang di dalamnya kita mendefinisikan method .biaya().


Berikutnya ,kita menciptakan 1 method,  yang berjulukan mulai() ,milik class Mobil.

Dimana di dalam method tersebut  , kita menciptakan dan memanggil method dari objek class Mesin.

Serta kita sanggup menciptakan local class yang berjulukan Data ,dan juga method tampilData() , di dalam method mulai().

Begitu juga ,kita sanggup menciptakan dan memanggil method dari objek class Data, di dalam method  mulai().

MainClass.java

Pada class ini ,kita akan mengeksekusi atau menjalankan program, dengan menciptakan objek ,dan memanggil method dari class Mobil dan Bensin.


Kenapa kita perlu memakai Inner Class ?

Berikut 3 alasan ,kenapa kita harus memakai nested class,  atau inner class di aktivitas java :

  • Salah satu cara untuk mengelompokan class secara logis ,yang dipakai dalam satu tempat.
  • Untuk meningkatkan encapsulation
  • Dapat mengarahkan ke baris code ,yang gampang dibaca dan dipelihara.

Baca juga :


Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Pola Nested Inner Class Pada Kegiatan Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close