Cara Mencari Domain Blog Sesuai Keinginan - Tempat Blogging

Cara Mencari Domain Blog Sesuai Keinginan

Cara Mencari Domain Blog sesuai Keinginan Cara Mencari Domain Blog sesuai Keinginan
Domain dapat diibaratkan mirip alamat rumah kita dalam dunia online. Sebuah domain terdaftar pada suatu situs penyedia domain (web hosting). Masa aktif domain umumnya hanya 1 tahun dan dapat diperpanjang setiap tahunnya. Perpanjangan domain ini dapat hingga 10 tahun masa aktif, tergantung si pemilik domain membeli dengan kontrak berapa lama.

Sebuah domain aktif mempunyai data-data mirip : data registrasi, usia domain, riwayat domain dan data alamat pemilik domain.

Jenis-jenis domain berdasarkan levelnya yaitu: Top Level domain (TLD), Second Level Domain (SLD), Third Level Domain dan Sub Level Domain. Sedangkan berdasarkan fase hidupnya ada Fresh Domain, Active Domain, Expired Domain dan Deleted Domain atau Dropped Domain.

Mencari Domain sesuai dengan harapan blogger

Sebelum mencari dan mengganti domain, sebaiknya sahabat sesuikan dulu antara niche blog dengan ekstensi domain apa yang mau dicari. Contoh ekstensi domain yang sering digunakan yaitu .com, .id, .net, dan .org. Selain itu pilihlah nama domain blog yang baik dan SEO. Berikut ini beberapa pola ekstensi domain sesuai penggunaanya :
  • .com – untuk blog atau website bisnis secara umum : kangmasian.com
  • .net – untuk nama yang bekerjasama dengan jaringan : hpaindonesia.net
  • .org – untuk organisasi atau forum : dpu-daaruttauhiid.org
  • .edu – untuk website pendidikan : binus.edu
  • .go.id – untuk website pemerintahan : lampungprov.go.id
  • .sch.id -  untuk website sekolah : smkn3metro.sch.id

Mencari domain di Situs penyedia domain Indonesia

Untuk blogger pemula sebaiknya memilih  situs penyedia domain dari Indonesia. Alasan pertama sebab gampang dalam proses pembayaran (tidak perlu kartu kredit, paypal, bitcoint dll). Cukup transfer memakai ATM, mobile banking atau internet banking.

Alasan kedua, Jika terjadi problem atau problem, sahabat dapat dengan gampang menghubungi pihak penyedia domain tanpa harus pusing memikirkan bahasa (situs luar memakai bahasa Inggris). Intiya lebih gampang untuk berkomunikasi. Berikut daftar penyedia domain dari Indonesia :
Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Aged Domain dalam Membangun Blog

Mencari domain di Situs penyedia domain luar negeri

Jika sahabat mempunyai alat pembayaran lain mirip kartu kredit, paypal dan bitcoint, sahabat dapat mencoba membeli domain dari situs luar negeri. Berikut ini rekomendasinya :

Mencari domain di Situs penyedia domain gratis

Untuk yang satu ini dapat menjadi pilihan sahabat kalau masih dalam tahap uji coba membangun blog. Domain gratis ini hanya untuk 1 tahun pertama. Artinya sehabis 1 tahun sahabat harus memperpanjang (bayar biaya perpanjangan).

Salah satu situs penyedia domain gratis ini yaitu dot.tk. Ekstensi Domain gratis dari dot.tk ada beberapa pilihan yaitu : .tk, .ml, .ga, .cf dan .gq

Mas… Kok gak ada pilihan .com, .net, .org dll ? yaa.. begitulah sob.. namanya juga gratis hanya dikasih beberapa pilihan. Sebenarnya ada pilihan .com, .net, .org di situs dot.tk hanya saja berbayar.
Kelebihan domain gratis dari dot.tk ini tidak terlalu banyak syarat dan ketentuan. Yaa.. meskipun hanya .tk, .ml, .ga, .cf, .gq tapi tidak mengecewakan lah..

Baca juga : Kriteria Aged Domain Berkualitas untuk Membangun Blog baru 

Prosedur mendapat domain

Untuk mendapat sebuah domain dari bebagai macam penyedia domain, sahabat harus melaksanakan beberapa tahap. Tapi pada dasarnya mekanisme dan setingannya sama saja. Hanya beda dibagian DNS Record.
  1. Kunjungi situs penyedia domain di atas
  2. Lakukan pendaftaran
  3. Cari domain sesuai keinginan
  4. Selesaikan proses pembayaran
  5. Konfirmasi pembayaran
  6. Tunggu hingga domain aktif
  7. Setting DNS Record
  8. Pasang domain di blog
  9. Selesai
Contoh pencarian domain .com di Qwords

Cara Mencari Domain Blog sesuai Keinginan Cara Mencari Domain Blog sesuai Keinginan
Bagi blogger pemula yang gres pertama kali pasang domain mungkin terlihat ribet, tapi kalau sudah terbiasa tidak hingga 10 menit sudah final semuanya. So.. jangan takut salah yaa..
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mencari Domain Blog Sesuai Keinginan"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close