Apa Itu Startup Dan Bagaimana Perkembanganya Di Indonesia ? - Tempat Blogging

Apa Itu Startup Dan Bagaimana Perkembanganya Di Indonesia ?


Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembanganya Di Indonesia ? - Jika kita melihat arti startup di Wikipedia, Startup yakni suatu perusahaan yang belum usang beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang gres didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Defenisi di atas mungkin saja lebih pada terminologinya, tetapi berdasarkan akan lebih praktis bila arti Startup disimpulkan juga sebagai perusahaan gres yang tengah di kembangkan. Startup mulai tumbuh final th. 90an hingga th. 2000, kenyataannya arti Startup banyak “dihubungkan” dengan semua yang berbau tehnologi, situs, internet serta yang terkait dengan ranah itu. Kenapa sanggup menyerupai itu ??

Kembali melihat ke belakang ternyata hal tersebut terjadi dikarenakan istilah Startup sendiri mulai popular secara internasional pada masa buble dot-com, kemudian apa lagi buble dot-com itu? fenomena buble dot-com yakni ketika pada periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Pada masa itu sedang gencar-gencarnya perusahaan membuka website pribadinya. Makin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang gres untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, Startup lahir dan berkembang. Namun berdasarkan Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan gres yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi sanggup juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang sanggup berdikari tanpa pinjaman korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Setelah berputar-putar mencari informasi perihal Startup lewat pinjaman mbah Google, ada informasi mengenai karakteristik dari sebuah perusahaan yang sanggup di golongkan sebuah stratup. Beberapa karakteristik perusahaan Startup tersebut diantaranya:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  • Masih dalam tahap berkembang
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk yang dibentuk berupa aplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui website 

Dari karakteristik tersebut mungkin nampak bahwa stratup lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web. Namun faktanya memang menyerupai itu, kini perkembangan perusahaan yang lazim dilabeli nama Stratup yakni perusahaan yang berkenaan dengan dunia tekno dan online.

Perkembangan Dunia Startup di Indonesia

Perkembangan Startup di Indonesia sanggup dikatakan cukup pesat menggembirakan. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak founder-founder (pemilik) Startup gres bermunculan. Menurut dailysocial.net, kini ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan lembap untuk mendirikan sebuah Startup.

Berdasarkan beberapa riset, pada tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang, sanggup dibayangkan berapa jumlah user internet Indonesia beberapa tahun kedepan. Selain itu daya beli masyarakat yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat negeri ini ikut menghipnotis perkembangan industri digital.

Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu Startup pencipta game, Startup aplikasi edukasi serta Startup perdagangan menyerupai e-commerce dan informasi. Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

Dengan berkembangnya media umum dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangannya di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit. Namun untuk yang berbau informasi atau gosip banyak sekali tema, perkembangannya justru jauh lebih pesat lagi.

Di Indonesia kini ini telah banyak bangun komunitas founder-founder Startup. Seperti Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com), Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com), Ikitas (www.ikitas.com) Inkubator Bisnis di Semarang, Stasion (stasion.org) wadah bagi Startup lokal kota Malang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan adanya komunitas ini tentunya akan memudahkan para founder untuk saling sharing, membimbing bahkan untuk menjaring investor. Para founder sanggup pula mengikuti kompetisi yang diadakan oleh beberapa perusahaan menyerupai Telkom untuk menjadi investor mereka.

Hal yang paling utama untuk mendirikan Startup yakni tim yang solid, alasannya dengan adanya tim yang solid sanggup memunculkan ide-ide gres yang kreatif dan inovatif. Dengan inspirasi dan sanksi yang tepat, tentunya para founder tidak akan kesulitan menarik minat masyarakat maupun mencari investor.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh wartawan Warta Ekonomi kepada Molly Nagler (Startup Mentor di Silicon Valley), Molly menyampaikan bahwa hampir semua Startup gagal, namun kegagalan itu tidak harus dipandang sebagai sesuatu yang negatif alasannya masih banyak sisi positif didalamnya. Maksudnya yakni bila founder Startup gagal dikala melaksanakan sanksi maka ia berkesempatan untuk berguru sesuatu yang gres dan ilmu baru, menyerupai konsep trial and error pada umumnya.

Startup-Startup lokal yang kini sudah mencetak sukses di dunia maya diantaranya Kaskus dan Urbanesia. Semoga Startup lokal Indonesia sanggup terus bertambah dan berkembang sehingga sanggup merambah pengguna internet internasional menyerupai Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Source
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apa Itu Startup Dan Bagaimana Perkembanganya Di Indonesia ?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close