13 Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui Semua Pengguna Mac - Tempat Blogging

13 Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui Semua Pengguna Mac

 Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui Semua Pengguna Mac 13 Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui Semua Pengguna Mac

Ngomongin seputar shortcut, tentu tujuannya ialah untuk menciptakan sesuatu menjadi lebih cepat. Sama ibarat shortcut keyboard di Mac, tujuannya tentu menciptakan kau dapat mengoperasikan Mac dengan jauh lebih cepat.

Shortcut keyboard mac memang ada banyak. Banyak sekali bahkan! Kamu bisa melihat semuanya disini.

Tetapi dari sekian banyak shortcut keyboard tersebut, ada 10 shortcut keyboard yang wajib untuk kau ketahui jikalau ingin dapat mengoperasikan Mac dengan lebih cepat. Apa saja..?? Berikut ini ulasannya:

 

Command + Q

Ini ialah shortcut untuk quit app. Jika kau sebelumnya menggunakan Windows, maka dengan menekan tombol close (x) maka app akan tertutup. Tetapi tidak demikian dengan Mac. Menekan tombol close (x) di Mac hanya akan menutup window yang kau buka, tetapi tidak secara penuh menutup aplikasinya. Aplikasi masih tetap berjalan dengan ditandai adanya titik dibawah icon app tersebut di dock.

Nah untuk menutup aplikasi sepenuhnya, maka kau dapat menggunakan shortcut Command + Q ini.

 

Command + X, Command + C, Command + V

Shortcut untuk Cut, Copy, dan Paste. Ketiga shortcut ini bakal sangat sering kau gunakan, khususnya bagi kau yang sering menulis atau mengolah dokumen melalui Mac.

 

Command + Z, Command + Shift + Z

Shortcut untuk Undo dan Redo. Ini juga merupakan shortcut penting bagi kau yang sering menulis atau mengolah dokumen melalui Mac.

 

Command + T

Jika kau sedang membuka browser (Safari, Chrome, atau Firefox), shortcut Command + T ini bakal membukakan sebuah tab baru.

 

Command + Shift + 3, Command + Shift + 4

Shortcut untuk mengambil screenshot tampilan layar. Command + Shift + 3 bakal mengambil seluruh tampilan layar Mac, sedangkan Command + Shift + 4 bakal menyulap kursor kau menjadi selection tool untuk mengambil area screenshot yang kau inginkan.

Shortcut ini sangat sering aku gunakan terutama ketika mengambil gambar untuk keperluan pembuatan tutorial.

 

Command + F

Shortcut untuk mencari kata dalam dokumen, browser, dan area lainnya didalam sistem.

 

Command + Tab

Ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang sedang aktif? Kamu dapat menggunakan Command + Tab untuk membuka app switcher. Shortcut ini ibarat mirip Alt + Tab yang ada di Windows.

 

Command + Option + Esc

Jika di Windows ada CTRL + Alt + Del, di Mac ada Command + Option + Esc. Ini ialah shortcut untuk mematikan paksa sebuah aplikasi yang crash atau bermasalah ketika digunakan. Tentu dalam banyak kasus kau perlu menggunakan Command + Tab kemudian menentukan app yang crash sebelum melaksanakan force close.

 

Command + H, Command + Option + H

Saat kau membuka suatu aplikasi / window dan tiba-tiba ada seseorang yang datang, kau dapat cepat-cepat menyembunyikan window tersebut dengan menekan shortcut Command + H. Kamu juga dapat lebih fokus dengan app yang kau kerjakan melalui shortcut Command + Option + H untuk menyembunyikan semua window kecuali yang sedang aktif kau gunakan.

 

Command + Space

Tidak diragukan lagi bahwa Spotlight merupakan fitur pencarian yang sangat cepat dan powerful di Mac. Daripada menggunakan mouse untuk klik icon Spotlight di sajian bar, kau dapat lebh cepat mengaksesnya dengan Command + Space.

 

Command + S

Ini ialah shortcut yang penting dan sangat sering digunakan. Menekan shortcut Command + S bakal menyimpan dokumen atau apapun yang sedang kau kerjakan disana.

 

Command + M, Command + Option + M

Untuk meminimize window app yang sedang kau gunakan, kau dapat menggunakan shortcut Command + M. Jika ada lebih dari satu window app yang kau buka, maka Command + Option + M bakal meminimize semuanya

 

Command + W, Command + Option + W

Kegunaannya ibarat mirip shortcut minimize, hanya saja Command + W untuk menutup window app yang aktif, dan Command + Option + W untuk mnutup semua window dari app yang sedang aktif kau gunakan.

 

Itulah 13 shortcut keyboard yang sebaiknya kau ketahui. Bagi kau yang punya shortcut keyboard Mac favorit lainnya dan belum tercantum dalam daftar diatas, silahkan eksklusif saja sampaikan di kolom komentar dibawah ini.


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "13 Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui Semua Pengguna Mac"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close