6 Poin Penting Hasil Revisi Kurikulum 2013 Edisi Final 2016
Wednesday, June 15, 2016
Add Comment
Inilah 6 Poin Penting Hasil Revisi Kurikulum 2013 Terbaru Edisi Final Tahun 2016_Kurikulum 2013 atau yang sering disebut K13 maupun Kurtilas telah digodog lama yakni sejak mendikbud masih dijabat oleh Bapak M. Nuh sampai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang sekarang ( Bapak Anies Baswedan ). Proses penggodogan kurikulum 2013 yang begitu panjang dan tentunya banyak memakan waktu serta biaya, akhirnya membuahkan titik terang terciptanya kurikulum pembelajaran sekolah yang bagus dan mantap sehingga nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar anak-anak Indonesia. Adapun beberapa titik terang ataupun poin-poin penting hasil revisi kurikulum 2013 tahun 2016 sebagai berikut:
1. Menggunakan metode pembelajaran aktif.
Guru berperan menjadi fasilitator pembelajaran yang membuat siswa menyenangi kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian akan tercipta suatu pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
2. Meningkatkan hubungan Kompetensi Inti (KI)dan Kompetensi Dasar (KD).
3. Penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru.
Penilaian sosial dan keagamaan siswa cukup dilakukan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) dan guru pendidikan agama_budi pekerti.
4. Proses berpikir siswa tidak dibatasi.
Tidak hanya siswa jenjang SMA/sederajat, kini anak SD/MI boleh berpikir sampai tahap penciptaan, sesuai kemampuannya.
5. Teori 5M ( Lima M )
Penerapan teori 5M:
Demikian tentang 6 Poin Penting Hasil Revisi Kurikulum 2013 Edisi Final Tahun 2016. Semoga bermafaat.
Enam Poin Penting Hasil Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016 via https://www.kominfo.go.id/
1. Menggunakan metode pembelajaran aktif.
Guru berperan menjadi fasilitator pembelajaran yang membuat siswa menyenangi kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian akan tercipta suatu pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
2. Meningkatkan hubungan Kompetensi Inti (KI)dan Kompetensi Dasar (KD).
3. Penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru.
Penilaian sosial dan keagamaan siswa cukup dilakukan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) dan guru pendidikan agama_budi pekerti.
4. Proses berpikir siswa tidak dibatasi.
Tidak hanya siswa jenjang SMA/sederajat, kini anak SD/MI boleh berpikir sampai tahap penciptaan, sesuai kemampuannya.
5. Teori 5M ( Lima M )
Penerapan teori 5M:
- Mengingat
- Memahami
- Menerapkan
- Menganalisis
- Mencipta
Demikian tentang 6 Poin Penting Hasil Revisi Kurikulum 2013 Edisi Final Tahun 2016. Semoga bermafaat.
0 Response to "6 Poin Penting Hasil Revisi Kurikulum 2013 Edisi Final 2016"
Post a Comment
Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)
NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda