Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook - Tempat Blogging

Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook

Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook

Ketika Mac dalam keadaan tidur atau sleep dan mencoba login kembali, terkadang Mac tidak dapat login. Kegagalan login tersebut terlihat ketika ketika pertama kali menyalakan Mac atau membuka MacBook.

Pertama layar akan terbuka tetapi hanya menampilkan kursor mouse yang bergerak dengan ikon bola berputar alias spinning ball. Bisa juga ketika kau sudah ketik username dan password dan tekan enter malah stuck di spinning ball atau bola berputar saja.

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa Mac atau MacBook tidak dapat login dan hanya menampilkan spinning ball , bola berputar, atau istilahnya Beach Ball Of Death (BBOD).

Pertama ialah kegagalan software. Ada aplikasi atau proses OS X atau macOS di Mac atau MacBook yang mengakibatkan proses login Mac gagal.

Kedua, proses OS X yang macet. Setiap komputer, apakah itu Windows maupun OS X ( kini macOS, versi terbaru macOS Sierra ) selalu punya proses yang berjalan di latar belakang.

Untuk mengatasi problem kegagalan software tersebut bergotong-royong mudah. Cukup restart saja Mac atau MacBook tersebut secara berkala.

Ketiga, ialah kebanyakan aplikasi atau proses yang berjalan. Meskipun Mac atau MacBook masih dapat berjalan lancar meskipun penggunaan RAM sudah 7 GB penuh dari total RAM 8 GB, kau harus tetap waspada. Mac dapat lag, freeze, bahkan hang dan harus direstart paksa.

Mencegah Beach Ball Of Death (BBOD)

Sebenarnya sangat gampang untuk mencegah BBOD alias Beach Ball of Death. BBOD alias Beach Ball Of Death ditandai dengan ikon bulat berwarna warna-warni dan mempunyai tampilan ibarat bola pantai berputar.

Itulah mengapa disebut dengan Beach Ball of Death. Bisa dikatakan, ini ialah BSOD atau Blue Screen of Death versi Mac.

BBOD lebih disebabkan lantaran problem software. Kegagalan software ibarat aplikasi yang tiba-tiba macet, proses yang berhenti, dan lain-lain dapat mengakibatkan BBOD.

Ketika Mac kinerja lambat dan Mac mengalami lag juga kadang akan muncul BBOD yang cukup sering. Meskipun begitu, kau tetap dapat mencegah BBOD.

Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook

Baca Juga: 

Melakukan restart secara terpola akan menciptakan sistem operasi OS X atau macOS di MacBook atau Mac kau lebih segar. Memori utama alias RAM juga akan dipulihkan ke kondisi semula dan semua file sampah cache akan dibuang kembali.

Kebiasaan jarang restart Mac atau bahkan tidak pernah restart Mac bukanlah kebiasaan yang baik. Mac meskipun jarang hang atau lag tetap butuh restart minimal sehari sekali.

Mengatasi Spinning Ball Gagal Login Mac

Ketika kau membuka MacBook dari posisi sleep atau mengaktifkan Mac dari posisi sleep, kau akan menemukan tampilan login untuk masuk ke OS X atau macOS. Dengan demikian, kau diharuskan memasukkan username dan password dengan cara ketik dari keyboard.

Nah BBOD akan terjadi biasanya ketika kau sudah mengetik username dan password kemudian menekan tombol enter.

Jika kau terkena BBOD, maka tampilan OS X atau macOS hanya akan menampilkan halaman login dan kursor mouse dengan berbentuk bola pantai yang berputar atau yang dikenal dengan nama spinning ball.

Berjam-jam kau tunggu masih saja ibarat itu. Kamu dapat menggerakkan mouse dan spinning ball ikut bergerak. Namun textbox username dan password dan juga tombol lainnya tidak dapat diklik.

Jika sudah begini, mau tidak mau kau harus mematikan paksa Mac atau MacBook kamu. Namun ada kalanya cukup tekan tombol power sekali maka BBOD akan hilang. Dengan menekan tombol power, maka Beach Ball of Death akan hilang.

Meskipun demikian, terkadang spinning ball tidak dapat dilarang dengan cara menekan tombol power. Bahkan ketika kau tunggu berjam-jam masih saja menmapilkan bola berputar. Inilah yang disebut dengan Beach Ball of Death.

Ketika ikon bola berputar terus-menerus maka itu tandanya ada yang tidak beres dan harus dimatikan paksa.

Bagaimana? Apa kau juga pernah mengalami BBOD di OS X atau macOS dan mengakibatkan Mac tidak dapat login?


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close