Apakah Bahaya Mengisi Baterai atau Charge Baterai iPhone Semalaman? - Tempat Blogging

Apakah Bahaya Mengisi Baterai atau Charge Baterai iPhone Semalaman?

Bahaya Charge Mengisi Baterai iPhone Hingga Penuh Apakah Bahaya Mengisi Baterai atau Charge Baterai iPhone Semalaman?

Sering mengisi baterai iPhone hingga penuh memang sangat menyenangkan. Apalagi saat malam hari. Tinggal colok iPhone dan charge baterai hingga penuh hingga pagi.

Apakah baterai iPhone tidak rusak jikalau baterai diisi terus meskipun sudah penuh, bahkan hingga semalaman (overcharging) ? Apakah ada efe samping atau ancaman mengisi baterai iPhone semalaman?

Sebenarnya kita boleh mengisi baterai iPhone hingga penuh. Baterai tidak akan meledak cuma alasannya ialah mengisi baterai hingga penuh.

Mengisi baterai iPhone hingga penuh berarti akan menghasilkan masa pakai baterai yang lebih tahan usang dibandingkan jikalau belum diisi hingga penuh. Namun alangkah baiknya jikalau sudah penuh pribadi saja dicabut.

Mungkin kau sudah sering mendengar jikalau proses charge baterai akan terputus saat baterai sudah dalam kondisi penuh. Padahal yang sesungguhnya ialah listrik tidak benar-benar terputus. Mau bukti? Gampang.

Ketika kau charge baterai iPhone apakah baterai iPhone akan dapat kurang dari 100%? Tentu saja tidak.

Dalam situs Apple yang membahas perihal baterai, proses pengisian baterai iPhone akan berjalan normal atau cepat (fast charge) saat baterai terisi kurang dari 80%. Proses kedua ialah pengisian lambat (trickle charge) dengan jalan melambatkan arus listrik saat pengisian lebih dari 80%.

Bahaya Charge Mengisi Baterai iPhone Hingga Penuh Apakah Bahaya Mengisi Baterai atau Charge Baterai iPhone Semalaman?

Proses pengisian baterai akan semakin lambat hingga jadinya mencapai 100%. Tidak pernah ada goresan pena atau keterangan bahwa arus listrik akan terputus saat proses charging sudah terisi 100% penuh. Mengapa?

Baca Juga :

Karena memang arus listrik tidak terputus secara penuh. Charger iPhone akan terus mengalirkan arus listrik meskipun arusnya sudah diperlambat atau bahkan sangat lambat.

Jika memang benar arus terputus sepenuhnya, maka baterai akan berkurang menjadi kurang dari 100% meskipun dalam keadaan menancap dengan charger.

Jika pertanyaannya adalah, apakah baterai rusak jikalau charge baterai semalaman? Jawabannya ialah tidak terlalu merusak. Mengapa?

Karena arus listrik dalam proses pengisian baterai iPhone sudah diperlambat sedemikian rupa sehingga tidak akan terlalu membebani sel-sel baterai alasannya ialah terus diisi dengan memakai arus yang normal (fast charging).

Jadi sesungguhnya tidak problem jikalau mengisi baterai iPhone semalaman. Apalagi hingga menciptakan baterai iPhone meledak. Tetapi arus listrik tidak akan terputus sepenuhnya.

Arus listrik tetap masuk namun saat sudah terisi 100% akan menjadi sangat lambat. Namun overcharging juga dapat merusak baterai jikalau sering sekali dilakukan.

Jadi biasakan untuk selalu mencabut baterai jikalau memang sudah penuh. Jangan dipaksa terus diteruskan proses charge baterai alasannya ialah selain membuang energi percuma, juga dapat menjadikan panas, yang merupakan problem penyebab baterai lebih cepat rusak.

Bahaya Charge Mengisi Baterai iPhone Hingga Penuh Apakah Bahaya Mengisi Baterai atau Charge Baterai iPhone Semalaman?

Oh iya perkiraan yang dijelaskan dalam artikel ini ialah kau memakai charger iPhone bawaan dari paket penjualan ya. Dalam artian adapter dan kabel Lightning ialah orisinil bawaan dari paket penjualan iPhone kamu.

Bukan memakai charger merek lain yang mungkin mempunyai fitur pemutus arus listrik otomatis saat baterai sudah penuh atau fitur canggih lainnya hehehe.

Apakah kau sering mengisi baterai iPhone hingga semalam penuh?


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apakah Bahaya Mengisi Baterai atau Charge Baterai iPhone Semalaman?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close