Kumpulan Alat-Alat Yang Memakai Lensa - Tempat Blogging

Kumpulan Alat-Alat Yang Memakai Lensa

Mikroskop ialah alat yang dipakai untuk melihat benda Kumpulan Alat-Alat Yang Menggunakan Lensa


Alat-alat yang memakai lensa :

1)      Mikroskop
Mikroskop ialah alat yang dipakai untuk melihat benda-benda yang sangat kecil semoga lebih mendetail dan jelas. Mikroskop terdiri dari dua buah lensa positif. Lensa yang erat ke benda disebut lensa objektif. Lensa yang erat ke mata disebut lensa okuler.

2)      Lup
Lup ialah alat untuk melihat benda menjadi lebih besar. Lup terbuat dari sebuah lensa positif. Lup dipakai sebagai beling pembesar. Lup biasa dipakai untuk mengamati benda yang kecil. Misalnya dipakai oleh tukang arloji, peneliti flora dan dalam bidang grafis.

3)      Teleskop
Teleskop terdiri dari susunan tiga lensa cembung atau positif. Ketiga lensa cembung atau positif tersebut, yaitu lensa obyektif, lensa pembalik, dan lensa okuler. Teleskop dipakai untuk membantu melihat benda-benda di angkasa.

4)      Teropong bintang
Teropong bintang ialah alat yang  digunakan untuk mengamati benda-benda yang sangat jauh di luar angkasa. Misalnya untuk melihat benda langit atau bintang. Teropong bintang merupakan alat optik yang terdiri dari dua lensa cembung.

( Baca juga : Soal IPA Kelas 5 SD Bab Cahaya Dan Kunci Jawaban )

5)      Kamera
Kamera ialah alat untuk menangkap sebuah gambar. Kamera minimal memakai satu lensa positif. Kamera dipakai untuk membentuk gambar suatu benda. Kamera banyak dipakai dalam kehidupan sekarang, ibarat pada handphone.

6)      Proyektor
Proyektor  adalah alat pemancar bayangan secara konkret pada sebuah layar. Alat ini  digunakan  untuk  menghasilkan  bayangan  nyata  pada  layar yang biasanya berwarna putih. Proyektor terdiri atas lampu, cermin cekung, dan lensa cembung. Penggunaan proyektor contohnya untuk bioskop, rapat-rapat atau seminar. Untuk memakai alat ini biasanya ruangan dibentuk semoga tidak penuh dengan cahaya lain, semoga cahaya dari proyektor tidak kalah terang dan cahaya proyektor menjadi  lebih jelas.

7)      Periskop
Periskop  adalah  teropong  yang dipakai untuk melihat benda diarah sudut pandang lain. Periskop merupakan alat yang  biasa  digunakan  dalam  kapal  selam. Periskop dipakai untuk melihat keadaan sekitar di luar kapal selam.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Kumpulan Alat-Alat Yang Memakai Lensa"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close