Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS - Tempat Blogging

Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS

Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS

Kamu pernah mengalami error kernel panic di Mac OS X atau macOS dan tidak tahu bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki kernel panic tersebut? Kernel panic ialah salah satu error yang dianggap menakutkan oleh kebanyakan pengguna Mac dan MacBook.

Bagaimana tidak, error terjadi tiba-tiba dan kau tidak akan diberi kesempatan apapun untuk menyimpan semua pekerjaan kamu. Mac dan MacBook eksklusif membutuhkan restart.

Baca juga:

Kernel panic ialah error yang sangat misterius. Bisa tiba kapan saja dan di mana saja tidak peduli Mac atau MacBook model apapun.

Jika kau pengguna Windows, mungkin hal ini sama dengan BSOD alias Blue Screen of Death. Windows eksklusif melaksanakan restart tanpa memberi kesempatan kau untuk menyimpan semua pekerjaan kamu.

Sebenarnya apa sih kernel panic di Mac dan MacBook? Apa penyebab error kernel panic? Bagaimana cara mengatasi kernel panic error? Artikel ini akan membahas bermacam-macam isu perihal kernel panic

Apa Itu Kernel Panic Error di Mac dan MacBook?

Seperti yang sudah saya sebutkan di paragraf sebelumnya, kernel panic ialah error yang misterius. Mirip dengan BSOD di Windows. Bisa tiba kapan saja dan menyerang siapa saja. Parahnya, Mac atau MacBook akan eksklusif membutuhkan restart. Misal kau sedang mengerjakan sesuatu dan kena kernel panic, maka kau akan eksklusif kehilangan progress kerjamu bila tidak ada fitur autosave.

Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS

Jika kau tiba-tiba melihat tampilan absurd di layar Mac atau MacBook menyerupai gambar di atas, itu artinya kau terkena kernel panic. Langkah pertama bila kau terkena kernel panic ialah JANGAN PANIK. Kamu cukup membisu saja alasannya ialah Mac atau MacBook akan melaksanakan restart otomatis. Tekan saja tombol power untuk melaksanakan restart manual. Mac dan MacBook akan segera restart.

Penyebab Kernel Panic di Mac dan MacBook?


Penyebab kernel panic dapat beragam. Ada yang alasannya ialah problem hardware, ada juga yang problem software. Kamu dapat lihat laporan problem ketika Mac atau MacBook sudah berhasil restart. Apa saja permasalahan yang terjadi dapat kau lihat di sana.

Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS

Jika problem software atau aplikasi tertentu, kau akan melihat laporan tersebut di pesan laporan. Kamu tinggal hapus saja aplikasi yang bermasalah. Hati-hati ketika install aplikasi. oleh alasannya ialah itu, sebaiknya hindari aplikasi dan software bajakan untuk mencegah semua problem ini.

Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS

Jika penyebabnya tidak terdeteksi di laporan sistem, ada kemungkinan problem hardware. Apalagi bila kernel panic terjadi terus menerus bahkan dikala Mac sudah berhasil restart. Jika memang ada problem di hardware, ada baiknya bawa saja ke service center. Biarkan pihak Apple atau Apple Authorized yang memperbaikinya.

Cara Mengatasi Kernel Panic di Mac dan MacBook

Sebenarnya kernel panic ialah suatu tanda bila ada yang tidak beres di Mac kau dan membutuhkan perbaikan. Ada kalanya cuma sebuah error biasa dapat menjadikan problem kernel panic. Namun bila kernel panic tidak pernah muncul lagi sesudah itu, abaikan saja.

Jika kernel panic sering muncul secara acak atau dikala kau sedang melaksanakan sesuatu, contohnya ketika memakai software tertentu selalu kernel panic, maka ada kemungkinan problem di software. Langkah ampuh dan gampang untuk memperbaikinya ialah melaksanakan install ulang Mac OS X atau macOS.

Jika problem muncul ketika kau bekerja dengan hardware, contohnya ketika menancapkan periferal tertentu atau tersambung ke Wi-Fi tertentu, maka ada kemungkinan problem hardware. Mau tidak mau kau harus membawanya ke service center untuk memperbaiki kernel panic.

Apakah kau masih sering terkena kernel panic?

Yuk share ke kolom komentar ya 😀


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mengatasi Masalah Kernel Panic Mac OS X dan macOS"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close