Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya Lagi - Tempat Blogging

Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya Lagi

 Steve Jobs berjuang untuk memasarkan komputer pada masyarakat umum Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya LagiPada tahun 1980-an, Steve Jobs berjuang untuk memasarkan komputer pada masyarakat umum. Salah satu strateginya yakni menciptakan sistem operasi yang intuitif dan gampang dimengerti. Pada masa komputer dengan tampilan antar muka grafis inilah, skeumorphism mulai dikenal pada sistem antarmuka. Sebenarnya penerapan skeumorphism cukup luas, namun mari kita bahas di seputaran teknologi saja.

Awal Mula

Skeumorphism yakni bahasa desain yang sudah ada dari tahun 1890. Di masa komputer, skeumorphism berperan untuk menampilkan objek positif (3D) dalam antarmuka dua dimensi. Tujuan dari skeumorphism yakni semoga pengguna mengerti apa maksud dan tujuan obyek tersebut.

 Steve Jobs berjuang untuk memasarkan komputer pada masyarakat umum Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya Lagi

Misal, di awal masa Steve Jobs memperkenalkan antar muka grafis, mereka menciptakan ikon daerah sampah seperti daerah sampah yang biasa kita lihat di kehidupan nyata. Secara tidak eksklusif pengguna akan segera mengerti kalau ikon tersebut mempunyai kegunaan untuk menampung file yang akan dibuang. Contoh lain yakni ikon save yang bergambar disket. Semua pengguna komputer di masa itu tahu kalau disket mempunyai kegunaan untuk menyimpan file. Kaprikornus dengan mengubah ikon safe menjadi gambar disket, orang segera mengerti maksud ikon tersebut.

Masa Kejayaan

Era kejayaan Skeumorphism terhitung cukup panjang, sekitar 30 tahun lamanya. Skeumorphism sangat membantu orang-orang yang pertama kali menggunakan komputer atau handphone. Apalagi semenjak layar warna sudah menjamur, ikon atau obyek skeumorphism semakin terlihat menyerupai dengan obyek nyata.

 Steve Jobs berjuang untuk memasarkan komputer pada masyarakat umum Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya Lagi

iPhone sendiri segera terkenal alasannya yakni pengoperasiannya dengan jari digabungkan dengan tampilan berbasis skeumorphism. Masyarakat jadi melihat smartphone sebagai benda yang serba guna dan gampang digunakan, bukan untuk kepentingan bisnis saja.

Masa Jatuhnya Skeumorphism

Pada tahun 2011, gadget atau perangkat digital sudah mulai menjamur di masyarakat. Banyak orang sudah mengerti cara mengoperasikan sebuah smartphone atau komputer. Bahasa desain juga semakin berkembang. Microsoft mulai meninggalkan Skeumorphism dan mengenalkan desain yang flat melalui Windows 8. Meskipun tidak diterima dengan baik, tak dapat dipungkiri Windows 8 mengawali bahasa desain yang gres di dunia teknologi.

 Steve Jobs berjuang untuk memasarkan komputer pada masyarakat umum Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya Lagi

Pada tahun 2013, Apple mengadopsi desain flat untuk pertama kalinya yang diterapkan pada iOS 7, kemudian diikuti oleh OS X Yosemite yang diperkenalkan tahun 2014. Tampilan yang warna warni, praktis namun variatif diterima dengan baik oleh masyarakat. Selain itu, inkonsistensi pada Skeumorphism menciptakan banyak orang jadi tidak suka tampilan tersebut dan menentukan flat design yang lebih gampang membaur antara ikon, tampilan, bahkan dengan aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Sejak itulah, para desainer dan developer menentukan desain flat yang universal dan praktis sebagai bahasa desain utamanya.

Akankah Skeumorphism kembali?

Jika dibilang Skeumorphism mati, maka itu salah. Sejatinya masih banyak beberapa hal yang lebih cocok dengan skeumorphism, misalnya yakni smartwatch.

 Steve Jobs berjuang untuk memasarkan komputer pada masyarakat umum Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya Lagi

Dari milyaran smartwatch di dunia, mereka mengatakan tampilan layaknya jam klasik pada umumnya. Dari milyaran pengguna tersebut, sebagian besar menentukan menggunakan tampilan jam klasik sebagai tampilan utamanya. Karena fitur utama smartwatch masih sebagai penunjuk waktu yang harus gampang dimengerti, meskipun dilihat sekilas saja.

 Steve Jobs berjuang untuk memasarkan komputer pada masyarakat umum Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya Lagi

Selain itu, masa VR dan AR yang membawa insan ke dunia virtual, memerlukan banyak sekali hal, benda, dan fitur yang mempunyai bentuk menyerupai objek nyata. Daripadah hanya menggunakan desain flat, akan lebih masuk nalar bila desainer dan developer menggabungkan flat dan skeumorphism.

Akhir kata

Segala hal itu menyerupai roda, kadang diatas kadang dibawah, tak terkecuali bahasa desain. Siapa tahu skeumorphism yang ketika ini tidak disukai akan kembali disukai di masa depan. Terutama ketika mengenalkan sebuah hal gres ke masyarakat. Karena tujuan desain Skeumorphism di dunia teknologi yakni menciptakan benda seolah objek positif semoga lebih gampang dipahami.

 


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya Lagi"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close