Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI 2017 - Tempat Blogging

Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI 2017

Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI 2017_Para calon Pengawas Ruang Ujian Sekolah/Madrasah pada pelaksanaan US SD/MI tahun 2017 perlu mengetahui tata tertib Pengawas Ruang US/M SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017. Selain para Pengawas Ruang Ujian Sekolah, sebagai tambahan wawasan, para peserta US SD/MI dan para Orangtua/Wali Siswa Kelas 6 SD/MI juga perlu mengetahui tata tertib pengawas ruang ujian sekolah. Adapun tata tertib pengawas ruang US SD/MI tahun 2017 seperti di bawah ini.
Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah  Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI 2017

Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah/Madrasah_US/M SD/MI 2017
1. Persiapan 
a. Tiga puluh menit sebelum US/M dimulai, pengawas ruang US/M telah hadir di lokasi.

b. Pengawas ruang US/M menerima penjelasan dan pengarahan dari penanggungjawab penyelenggaraan US/M.

c. Pengawas ruang US/M menerima bahan US/M dari penanggungjawab penyelenggaraan US/M berupa Paket Soal, LJUS/M, Amplop LJUS/M, Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan US/M.

2. Pelaksanaan 
a. Pengawas ruang US/M masuk kc dalam ruang US/M 20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memerikaa kesiapan ruang US/M.

b. Pengawas ruang US/M meminta peserta U.S/M untuk memasuki mang US/M dengan menunjukkan kartu peserta US/M dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan.

c. Pengawas ruang US/M memeriksa setiap peserta US/M untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang US/M kecuali alat tulis yang akan digunakan.

d. Pengawas ruang US/M membacakan Tata Tertib US/M setiap pelaksanaan US/M.

e. Pengawas ruang US/M merninta peserta US/M menandatangani Daftar Hadir US/M.

f. Pengawas ruang US/M membagikan LJUS/M kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta US/M (nomor US/M, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu US/M dimulai.

g. Setelah seluruh peserta US/M selesai mengisi identitas, pengawas ruang US/M membuka amplop paket soal, memeriksa kelengkapan bahan US/M, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta US/M.

h. Pengawas ruang US/M membagikan paket soal US/M dengan cara meletakkan di atas meja peserta US/M dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta US/M tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu US/M dimulai.

i. Pengawas ruang US/M mengecek kelengkapan paket soal US/M.

j. Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, pengawas ruang US/M mempersilahkan peserta US/M untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.

k. Kelebihan paket soal US/M selama US/M berlangsung tctap disimpan di ruang US/M dan tidak boleh dibawa keluar ruangan sampai US/M selesai.

l. Selama US/M berlangsung, pengawas ruang US/M wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang US/M, memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan. serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang US/M.

m. Pengawas ruang mencatat setiap kejadian termasuk kecurangan selama penyelenggaraan US/M di dalam Berita Acara PelaksanaanUS/M.

n. Pengawas ruang US/M dilarang memberi isyarat, petunjuk, dan bantuan apapun kepada peserta berkaiton dengan jawaban dari soal US/M yang diujikan.

o. Lima menit scbelum waktu US/M selesai, pengawas ruang US/M memberi peringatan kepada peserta US/M bahwa waktu tinggal lima menit.

p. Setelah waktu US/M selesai, pengawas ruang US/M mempersilakan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas mengumpulkan LJUS/M dan Paket Soal US/M. Peserta US/M dipersilahkan meninggalkan ruang US/M, sctelah pengawas menghitung jumlah LJUS/M sama dengan jumlah peserta US/M.

q. Pengawas ruang US/M menyusun secara urut LJUS/M dari nomor peserta terkecil, dan memasukkannya ke dalam amplop LJUS/M disertai dengan Dartar Fladir Peserm, dan kemudian ditutup dan dilak serta ditandatangani oleh pengawas ruangUS/M di dalam ruang US/M.

r. Pengawas ruang US/M menandatangani Berita Acara Pelaksanaan US/M yang berisi catatan kejadian selama US/M berlangsung.

s. Pengawas raang US/M menyerahkan amplop berisi LJUS/M yang sudah dilak serta Berita Acara Pelaksanaan US/M kepeda penanggungjawab US/M satuan pendidikan.

Baca juga Tata Tertib Peserta US SD/MI 2017

Sumber: POS Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2017

Demikian tentang Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2017. Semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments

0 Response to "Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah (US) SD/MI 2017"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close