10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware - Tempat Blogging

10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware 10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

Komputer kena virus atau malware jahat hal biasa, khususnya kepada mereka pengguna Windows. Namun bukan berarti komputer Mac dan juga MacBook yang memakai OS X atau macOS terbaru juga tidak bisa kena virus. Semua sistem operasi niscaya bisa terinfeksi virus.

Agar tidak terkena virus dan malware, perlu dilakukan bermacam-macam langkah pencegahan. Ya, mencegah terperinci lebih baik daripada mengobati. Daripada repot-repot memperbaiki, lebih baik bersusah-payah mencegah sebelum semua terjadi.

Secara umum, Mac OS X atau macOS memang lebih jarang terkena virus. Hal ini sebetulnya alasannya yaitu pembuat virus untuk Mac lebih sedikit. Mereka lebih suka menciptakan virus untuk Windows.

Baca Juga:

Namun bukan berarti pengguna Mac dan MacBook merasa sombong alasannya yaitu jarang terkena virus. Selagi belum ada virus, lebih baik kau bisa berhati-hati sembari mencoba beberapa tips cara mencegah Mac supaya tidak terkena virus ini.

 

Update Sistem Operasi dan Software di Mac dan MacBook

Apple selalu menunjukkan update atau pembaruan bermacam-macam software, mulai dari aplikasi bawaan, patch security, sampai update seluruh sistem operasi Mac. Sangat disarankan untuk terus memakai sistem operasi Mac yang terbaru.

 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware 10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

Kamu bisa pribadi buka App Store dan pribadi buka tab Updates untuk bisa melihat semua aplikasi dan software yang butuh update. Sangat disarankan untuk selalu update semua software yang ada di dalam Mac dan MacBook kamu.

 

Update Semua Software dan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain software dan aplikasi bawaan Apple atau dari App Store, kau tentu saja install software dari pihak ketiga. Tentu saja kau bisa update aplikasi dan software tersebut, namun caranya mungkin berbeda di setiap aplikasi.

 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware 10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

Beberapa aplikasi memungkinkan kau untuk melaksanakan update ke versi terbaru ketika versi gres sudah siap untuk diunduh dan sudah disebarkan. Sangat disarankan juga untuk selalu update semua software yang ada di dalam Mac kamu, termasuk software pihak ketiga.

 

Hati-hati Browsing Internet

Siapa bilang Mac kebal terhadap serangan dari dunia maya. Jangan pernah  mencoba untuk mengunjungi situs web yang tidak terpercaya. Bahkan terkadang browser kita cukup cerdas untuk menentukan apakah halaman situs web tersebut cukup kondusif atau tidak.

 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware 10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware

Jika muncul peringatan situs web tidak aman, lebih baik jangan ambil risiko. Langsung saja ditinggalkan situs web tersebut. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati, benar kan?

 

Download File dari Sumber Terpercaya

Sudah bukan hal yang ajaib lagi kalau ketika ini beredar aneka macam situs download yang tidak resmi. Mulai dari file lagu, film, sampai software dan aplikasi. Semua yang ada di sana bisa kau download secara gratis.

Bahkan file media ibarat musik dan lagu saja bisa mengandung aktivitas jahat. Tentu saja file tersebut jikalau kau download dari situs yang tidak resmi dan tidak terperinci keamanannya. Oleh alasannya yaitu itu, lebih baik dapatkan segala sesuatu dari sumbernya langsung.

 

Install Software Original dan Terpercaya

Kamu mau install aplikasi atau software? Sangat disarankan untuk selalu memakai software yang orisinil dan original. Jangan pernah memakai software bajakan alasannya yaitu sangat mungkin aktivitas tersebut sudah disusupi arahan berbahaya lainnya.

Bahkan untuk software yang memang gratis sekalipun, kau harus tetap mendapatkannya dari sumbernya langsung. Jangan pernah download dan install software dari sumber yang tidak bisa dipercara. Intinya sih, selalu gunakan software orisinil dan dapatkan dari sumbernya pribadi yang terperinci lebih terpercaya.

 

Jangan Instal Plugin Tidak Jelas

Pengguna beberapa browser memungkinkan untuk bisa install plugin atau adds-on sebagai sebuah pelengkap fitur. Ya, kau bisa meningkatkan kemampuan dan kegunaan dari sebuah browser lebih dari sebelumnya.

Sama ibarat software, sebuah plugin juga harus kau download dari sumber yang terpercaya. Jika kau menemukan plugin dari sumber yang tidak bisa dipercaya, lebih baik tinggalkan.

 

Tinggalkan Flash

Apple memang pernah menganggap Flash rentan terhadap serangan virus dan malware jahat lainnya. Selain itu, secara teknologi juga Flash tertinggal sehingga sudah semakin ditinggalkan oleh para pembuat konten multimedia.

Saat ini sudah tidak duduk masalah lagi jikalau kita benar-benar meninggalkan Flash. Kaprikornus jikalau browser kau punya opsi untuk mematikan Flash, pribadi saja kau matikan dan kau bisa browsing dengan tenang.

 

Atur Keamanan Aplikasi di Pengaturan Mac

Install aplikasi Mac memang bisa dari mana saja. Bisa dari App Store atau juga bisa dari sumber lain dari Internet. Nah, masalahnya yaitu tidak semua berasal dari developer yang terpercaya.

Kamu bisa atur ke Setting – Security&Privacy kemudian klik tab General dari dalam preferensi pengaturan di Mac. Atur aplikasi yang diizinkan hanya dari Mac App Store dan juga pengembang terpercaya saja.

 

Install Anti Virus Mac

Cara paling gampang untuk mencegah virus dan malware menyerang Mac dan MacBook kita yaitu dengan install software Antivirus. Program ini akan mencegah semua virus dan malware jahat menginfeksi sistem operasi kita.

Kamu bisa menentukan aneka macam pilihan antivirus untuk Mac. Kamu bisa baca selengkapnya di sini. Baca: Kumpulan Antivirus Terbaik untuk Mac dan MacBook.

 

Update Informasi dan Pengetahuan Kamu

Virus gres muncul setiap hari, sehingga kau juga tetap harus up-to-date dengan bermacam-macam informasi mengenai bermacam-macam virus. MacPoin akan terus menunjukkan update informasi mengenai bermacam-macam virus dan malware yang menyerang Mac.

Pastikan kau terus  kunjungi MacPoin setiap hari ya, supaya informasi dan pengetahuan kau terus meningkat. Jangan lupa juga follow akun Twitter kita untuk bertanya-tanya secara langsung.

Bagaimana? Sudah coba semua tips dan trik di atas?

Share artikel ini sebanyak-banyaknya ya supaya tidak ada lagi pengguna Mac dan MacBook yang kena virus dan malware jahat lagi.


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "10 Tips Mencegah Mac dari Serangan Virus dan Malware"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close