Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer - Tempat Blogging

Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer

Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer

Mungkin kau semua sudah tahu jikalau virus dan malware Windows jauh lebih banyak daripada malware yang ada di Mac OS X atau macOS terbaru. Namun bukan berarti Mac dan MacBook tidak dapat kena virus atau malware berbahaya sama sekali.

Jika kau pengguna sistem operasi Windows semenjak tahun 2008, kau niscaya tahu malware dengan nama ‘Snake’ atau disebut juga dengan nama Turla atau Uroburos. Dilansir dari MalwareBytes, ‘Snake’ sudah mengalami port alias diporting ke Mac dan dapat menginfeksi Mac dan MacBook.

Virus atau malware ini aslinya yaitu malware yang ada di Windows dan kini siap menyebar dan menginfeksi jutaan komputer Mac dan MacBook. Cara penyebarannya yaitu menyamar sebagai Adobe Flash Installer dengan akta kadaluwarsa yang tidak resmi.

Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer

Pada mulanya ditemukan aplikasi Install Adobe Flash Player.app.zip. Ketika dibuka, pengguna harus memasukkan password untuk install Adobe Flash Player di komputer Mac. Selain memasang Adobe, malware ini menyusup ke sistem di folder /Library/Scripts/.

Untung Apple sudah menutup akta palsu Snake tersebut. Aplikasi dari MalwareBytes juga kabarnya sudah update ke versi terbaru, dapat memindai dan menemukan Snake serta menghapusnya.

Jika kau sudah kena, langkah pertama yang dapat kau lakukan yaitu ganti semua password yang ada di komputer tersebut. Kedua yaitu berhati-hati ketika melaksanakan instalasi aplikasi gres dan selalu mencari sumber instalasi yang paling terpercaya.

Bagaimana? Kamu kena malware Snake ini juga?

via MalwareBytes


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Awas Malware Mac Menyamar Sebagai Adobe Flash Installer"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close