Apa itu iCloud: Mengenal iCloud dengan Lebih Dalam - Tempat Blogging

Apa itu iCloud: Mengenal iCloud dengan Lebih Dalam

Jika kau memakai Apple Device menyerupai iPhone Apa itu iCloud: Mengenal iCloud dengan Lebih Dalam

Jika kau memakai Apple Device menyerupai iPhone, iPad, Mac, bahkan hingga Apple Watch, tentunya kau tidak dapat lepas dari yang namanya iCloud. Untuk kau yang masih gres mempunyai Apple device mungkin sedikit bingung: apa itu iCloud, apa fungsinya, dan bagaimana cara menggunakannya? Jangan khawatir, di artikel ini MacPoin akan menjelaskan dengan detail apa itu iCloud dan membawa kau untuk mengenal iCloud dengan lebih dalam.

Apa itu iCloud

iCloud yakni sebutan bagi layanan Apple yang berbasis cloud. Bisa dibilang ini yakni inti dari seluruh fitur, aplikasi, storage, backup, hingga sinkronisasi antar perangkat Apple.

iCloud inilah yang memungkinkan semua info dan acara kau di perangkat Apple saling terhubung dan tersinkronisasi satu sama lain. Jangan heran kalau data password yang tersimpan di iPhone dapat kau kanal di Mac, termasuk juga data kontak, notes, email, foto, dan sebagainya.

Apa yang Bisa Kamu Lakukan dengan iCloud

Sebagai inti dari perangkat Apple, ada banyak sekali hal penting dan fundamental yang dapat kau lakukan dengan iCloud. Berikut ini yakni fitur dan manfaat iCloud yang dapat kau nikmati:

iCloud Photo Library

Jika kau memakai Apple Device menyerupai iPhone Apa itu iCloud: Mengenal iCloud dengan Lebih Dalam

iCloud Photo Library akan otomatis mengupload setiap foto dan video yang kau ambil ke cloud, membuatnya dapat kau kanal dari semua perangkat yang kau miliki, entah itu iPhone, iPad, iPod Touch, Apple TV, Mac, melalui web di iCloud.com, bahkan hingga di Windows PC.

Dengan menyimpan foto-foto tersebut di iCloud kau juga dapat menghemat sisa storage di iPhone kamu. Selain itu kau juga dapat dengan gampang menyebarkan foto, video, ataupun album dengan keluarga, teman, atau orang lain. Salah satu kelebihan iCloud Photo Library, foto yang diupload ke iCloud tidak dikompresi, benar-benar masih versi original menyerupai ketika kau jepret.

iCloud Drive

Jika kau memakai Apple Device menyerupai iPhone Apa itu iCloud: Mengenal iCloud dengan Lebih Dalam

Ini yakni fitur favorit saya. Dengan iCloud Drive kau dapat menyimpan banyak sekali file penting kau di iCloud dan mengaksesnya eksklusif di banyak sekali perangkat Apple lain yang kau miliki. Semua tersinkronisasi, file di Mac kau dapat diakses di iPhone / iPad, atau juga sebaliknya. Ini menyerupai Google Drive atau OneDrive, hanya saja iCloud Drive milik Apple dan teroptimasi untuk perangkat buatan Apple.

Satu hal lagi yang saya suka dari iCloud Drive, yaitu adanya opsi upgrade storage dengan tingkatan rendah, contohnya saja opsi untuk upgrade storage ke 50GB hanya dengan 15.000 rupiah saja per bulannya — atau 45 ribu sebulan untuk 200GB. Yup, kau dapat upgrade sesuai dengan kebutuhan mulai dari 50GB, 200GB, hingga 2TB.

iCloud Storage

Jika kau memakai Apple Device menyerupai iPhone Apa itu iCloud: Mengenal iCloud dengan Lebih Dalam

Ini yakni fitur yang sangat penting bagi perangkat Apple, dimana banyak sekali data akan tersimpan di iCloud, seperti:

  • iOS backup
  • Dokumen, termasuk iWork (Pages, Numbers, Keynote, dsb)
  • Email
  • Kontak
  • Berbagai data aplikasi, menyerupai Safari, Calendar, Notes, Reminders, bahkan data Chat WhatsApp juga tersimpan di iCloud.

iCloud juga dipakai oleh hampir semua aplikasi terkenal di iPhone untuk menyimpan data dan pengaturan penting.

Fitur Lainnya

Fitur lain yang sangat penting dan ada di iCloud yakni Find My iPhone. Ini yakni fitur yang dapat kau gunakan untuk melacak iPhone / iPad / MacBook / perangkat Apple lain kalau hilang. Fitur ini wajib kau aktifkan dan tersedia melalui iCloud.

Cara Menggunakan iCloud

Seperti yang kau lihat, iCloud sudah sangat terintegrasi dengan sistem operasi buatan Apple (iOS, macOS, dsb). Cara setup dan menggunakannya pun sangat mudah.

Cara Menggunakan iCloud di iPhone / iPad

Kamu tinggal buka saja Settings > iCloud > masukkan Apple ID dan Password. Setelah itu kau dapat bebas mengatur fitur apa saja yang ingin kau aktifkan.

Cara Menggunakan iCloud di Mac

Untuk memakai iCloud di Mac, kau tinggal klik logo Apple di hidangan kafe > System Preferences > iCloud > dan masukkan Apple ID dan Password kamu.

Cara Menggunakan iCloud di Windows

iCloud juga tersedia untuk Windows PC. Jika kau ingin memakai iCloud di Windows PC, maka kau harus download terlebih dahulu iCloud untuk Windows. Setelah itu install dan buka iCloud di Windows, dan masukkan Apple ID serta Password kau untuk login ke iCloud, kemudian tinggal pilih saja fitur iCloud apa yang ingin kau aktifkan.

Cara Menggunakan iCloud di Web Browser

Jika kau memakai Apple Device menyerupai iPhone Apa itu iCloud: Mengenal iCloud dengan Lebih Dalam

iCloud juga dapat kau buka eksklusif melalui web. Caranya tinggal buka browser, dan kanal halaman www.iCloud.com. Setelah itu login dengan Apple ID dan Password kamu. Jika diminta memasukkan passcode, masukkan saja passcode sesuai dengan yang kau terima di perangkat Apple kamu.

Nah itulah ia klarifikasi wacana apa itu iCloud, apa manfaatnya, dan bagaimana cara menggunakannya. Jika kau ada pertanyaan seputar iCloud, silakan eksklusif saja sampaikan di kolom komentar.


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apa itu iCloud: Mengenal iCloud dengan Lebih Dalam"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close