Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple - Tempat Blogging

Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple

Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple
via Pexels

Secara normal, proses booting Mac atau MacBook sampai login ke desktop OS X atau macOS ialah dengan menekan tombol power, kemudian muncul logo Apple dan loading bar, menentukan user dan memasukkan password, kemudian terakhir login atau masuk ke desktop.

Namun terkadang alasannya ialah persoalan atau error, Mac dan MacBook tidak dapat booting dan hanya menampilkan logo Apple saja, beserta loading kafe yang berhenti seeprti layaknya hang. Ini berarti proses booting juga berhenti tanpa dapat masuk dan login ke desktop OS atau macOS.

Masalah Mac atau MacBook stuck di logo Apple ini bahu-membahu cukup jarang. Namun bila kau mengalami persoalan mentok di logo Apple ibarat ini, kau dapat mencoba memperbaiki dengan beberapa tips dan tutorial berikut ini.

 

Matikan dan Nyalakan Mac Lagi

Cara paling gampang untuk mencoba mengatasi persoalan ini ialah dengan mematikan Mac atau MacBook kemudian mencoba untuk menyalakannya lagi. Jika berhasil, maka proses booting tidak akan stuck di logo Apple lagi. Baca: Cara Mematikan Paksa Mac dan MacBook Yang Hang

Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple
via Apple

Jika masih ada persoalan di proses booting, kau dapat coba lagi untuk mematikan Mac kemudian menyalakannya lagi. Jika beberapa kai percobaan masih tidak bisa, lanjutkan ke tips selanjutnya di bawah ini.

 

Masuk ke Safe Mode Mac

Safe Mode atau mode kondusif di Mac ini sama ibarat Safe Mode yang ada di Windows. Safe Mode dapat membantu mengatasi persoalan ibarat persoalan booting atau mengatasi persoalan yang berafiliasi dengan disk dan software.

Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple

Jika Safe Mode berjalan normal, coba kau boot kembali tanpa Safe Mode. Jika tidak ada masalah, berarti penyebab tidak dapat booting tersebut ialah persoalan cache atau di direktori startup disk. Baca: Cara Masuk ke Safe Mode Mac dan MacBook

Jika saat kembali ke boot normal namun masih stuck di logo Apple, itu artinya ada persoalan yang harus segera diselesaikan. Kamu dapat coba tips dan tutorial berikutnya di bawah ini.

 

Repair Disk dari Recovery Mode

Recovery Mode mempunyai kegunaan untuk memperbaiki persoalan software di Mac dan MacBook, ibarat reparasi atau repair disk, install ulang OS X atau macOS, sampai pemulihan dengan memakai Time Machine. Baca: Cara Masuk Recovery Mode di Mac

Proses repair disk ini akan memperbaiki semua kerusakan atau error software yang ada di startup disk. Pastikan juga kau menentukan startup disk yang benar dan lakukan proses First Aid Recovery.

 

Pulihkan Dengan Time Machine

Jika kau pernah melaksanakan backup Mac dan MacBook dengan memakai Time Machine, kau dapat eksklusif melaksanakan recovery dengan memulihkan sistem Mac dengan Time Machine. Baca: Memulihkan Mac dan MacBook dengan Time Machine

Pastikan kau menentukan backup yang mana kau yakin masih belum ada persoalan stuck di logo Apple ini ya. Pastikan backup yang kau pilih tersebut saat kondisi OS X atau macOS masih sangat bagus.

 

Install Ulang OS X atau macOS

Cara dengan kemungkinan berhasil paling besar untuk memperbaiki persoalan stuck di logo Apple dan loading kafe ialah dengan melaksanakan install ulang. Untuk kau pengguna PC dan laptop Windows, niscaya sudah tahu kan rasanya sehabis install ulang? Hehe

Di Mac dan MacBook juga sama. Setelah install ulang, kondisi Mac dan MacBook akan ibarat gres lagi. Seluruh error yang ada di sistem operasi OS X atau macOS juga akan hilang semuanya. Baca: Cara Install Ulang Mac dan MacBook.

 

Bawa ke Service Center

Jika proses install ulang masih saja tidak membawa hasil yang diinginkan, dapat jadi memang ada persoalan di hardware. Mau tidak mau kau harus memperbaikinya ke service center terdekat. Baca: Service Center Apple Terbaik di Indonesia.

Bagaimana? Kamu masih mengalami Mac atau MacBook stuck di logo Apple dan loading kafe ini?

Bagikan pengalaman kau di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close