Wow! Biaya Produksi iPhone Ternyata Sangat Murah - Tempat Blogging

Wow! Biaya Produksi iPhone Ternyata Sangat Murah

 Biaya Produksi iPhone Ternyata Sangat Murah Wow! Biaya Produksi iPhone Ternyata Sangat Murah

Jika harus menyebut satu atau beberapa smartphone yang dijual dengan harga murah, tampaknya hampir niscaya kita tidak akan ada yang menyebutkan iPhone. Ya, iPhone memang selalu dijual dengan harga mahal oleh Apple. Mengapa iPhone mahal?

Bandingkan dengan smartphone Android yang dijual lebih murah dari iPhone namun selalu memperlihatkan spesifikasi yang sama atau sedikit lebih tinggi dari iPhone. Mulai dari iPhone generasi pertama hingga iPhone terbaru.

Baca Juga:

Pada tahun 2007, Apple Inc. berhasil menjual 1,39 juta iPhone. IPhone generasi pertama tersebut dijual dengan harga $500 atau sekitar Rp4,5 juta dengan nilai tukar kurs ketika itu. Setiap tahun, iPhone terbaru selalu dirlis. Hingga yang terbaru iPhone 7 dan iPhone 7 plus.

Meski Apple yaitu perusahaan Amerika, semua produknya termasuk iPhone selalu diproduksi di Cina, oleh rekanan manufaktur elektronik terbesar di dunia, Foxconn. Untuk menciptakan satu unit iPhone, diperlukan banyak sekali material, dari aluminium hingga silikon.

Harga iPhone yang mahal pastinya menciptakan kita bertanya-tanya mengenai berapa biaya produksi iPhone. Apakah biaya produksi iPhone jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan harga jual iPhone di pasaran?

Statista telah memperlihatkan detail dan rincian banyak sekali material tersebut menurut apa yang terkandung di iPhone 6 model 16GB. Karbon yaitu material yang paling banyak digunakan, sekitar 19,9 gram. Besi dan Oksigen jadi material sehabis karbon yang penggunaannya cukup banyak hingga sekitar 18,7 gram.

 Biaya Produksi iPhone Ternyata Sangat Murah Wow! Biaya Produksi iPhone Ternyata Sangat Murah

iPhone 6 juga membutuhkan 13,1 gram aluminium, 8,1 gram silikon, 7,8 gram tembaga, 6,6 gram kobalt, 5,5 gram hidrogen, 4,9 gram krom, dan 2,7 gram nikel. Beda jenis dan model, akan berbeda pula jumlah material yang dibutuhkan.

Jika ditotal, harga seluruh material untuk menciptakan satu buah iPhone 6 hanya $1,03, tak hingga Rp15 ribu kalau dirupiahkan dengan kurs ketika ini. Sementara harga jual iPhone 6 mencapai Rp5,5 juta.

Ini belum termasuk ongkos pekerja, perakitan, distribusi, dan perangkat lunak. Jika ditotal, biaya produksi iPhone 6 sekitar $200 atau sekitar Rp2,6 juta, dan semakin besar iPhone akan semakin tinggi pula.

iPhone SE yang mempunyai layar kecil mempunyai biaya produksi lebih murah, sekitar $160. Layar yaitu komponen paling mahal dalam setiap produk iPhone. Untuk tipe iPhone 6 saja, biaya produksi layarnya sekitar $41,5.

Komponen lain yang mahal yaitu prosesor. Pada iPhone 6 dan 6S, biaya produksinya $37. Sementara pada model iPhone 5S, harga prosesornya terpaut sedikit yakni, $36,4.

Meskipun iPhone dihargai mahal dan sering dibully di dunia maya, namun nyatanya penjualan iPhone tetap laku anggun di pasaran. Apple benar-benar meraup untung besar meskipun pangsa pasarnya sedikit.

Bagaimana menurtmu?

via Statista


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Wow! Biaya Produksi iPhone Ternyata Sangat Murah"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close