Belajar Menciptakan Aplikasi Input Dan Output Kotlin Android
Sunday, March 25, 2018
Add Comment
Input dan Output adalah suatu proses mengambil atau menangkap suatu data(nilai atau value) ,yang di lakukan oleh user atau pengguna , yang dimana nantinya akan di terima , kemudian di proses oleh sistem ,dalam hal ini bahasa pemrograman. Kemudian jadinya akan ditampilkan ,berdasarkan inputan data(nilai atau value) ,yang dimasukan oleh user atau pengguna. Jika di artikel tutorial berguru Kotlin sebelumnya ,saya telah mencobanya ,menggunakan Input dan Output ,dengan data text , yang dimana saya masih memakai Software IntelliJ IDEA. Pada artikel tutorial berguru Kotlin kali ini , kita akan menerapkan Konsep Input dan Output Data(nilai atau value), pada Aplikasi Android, dengan memakai Android Studio pastinya. Mari kita simak lebih lanjut :
Jika kalian masih belum familiar dengan Kotlin ,dan juga passing data antar Activity , disarankan kalian membaca artikel sebelumnya , terlebih dahulu :
- Belajar Membuat Aplikasi Pertama Hello World dengan Kotlin Android
- Belajar Mempassing Nilai dari Activity satu ke Activity lainya Android
Membuat Activity Kotlin gres :
1. Pertama-tama , menyerupai biasa kalian dapat buka Android Studio , dengan project gres atau yang sudah ada.
2. Disini posisi nya saya memakai Kotlin (MainActivity.kt), yang dimana sudah di convert ,dan di coding ulang dari Empty Activity. Lalu disini saya akan menciptakan Actvity Kotlin gres , yang dapat kalian lakukan dengan cara :
- Klik kanan pada package , di project explorer bab kiri , lalu pilih New , Pilih Kotlin Activity.
Membuat Kotlin Activity baru |
- Seperti biasa , pilih Empty Activity , kemudian pilih tombol Next.
Menambah Empty Activity |
- Sebenarnya secara teknis , sama halnya ketika kita ingin menciptakan Activity gres ,dengan bahasa pemrograman Java. Yang niscaya perbedaanya ,tentu saja sehabis kita buat , bahasa pemrogramanya (Empty Activity) akan secara otomatis memakai bahasa pemrograman Kotlin. Disini kalian tinggal tentukan nama Activity , pada kolom Activity Name ,lalu nama layout file xml pada kolom Layout Name , bila sudah pilih tombol Finish.
Customize the Activity |
Desain Layout:
3. Sebelum kita membahas bab baris logic coding pada Activity , dengan bahasa pemrograman Kotlin. Kita disini akan mendesain layout terlebih dahulu.
Disini saya memakai dua layout yang berjulukan , activity_main.xml (default) ,dan activity_output.xml. Kalian dapat lihat teladan desain , berserta codenya menyerupai ini :
Contoh design activity_main.xml |
activity_main.xml :
activity_main.xml |
Contoh activity_output.xml |
activity_output.xml
activity_output.xml |
Coding Activity Kotlin:
4. Setelah kita akibat mendesain layout , waktunya kita melaksanakan coding pada Activity ,menggunakan bahasa pemrograman Kotlin , yang dimana sebelumnya masih kosong dalam keadaan Empty Activity. Mari kita bahas lebih lanjut :
Disini saya memakai 2 Activity yaitu , MainActivity.kt(default) dan OutputActivity.kt .
MainActivity.kt
MainActivity.kt |
Penjelasan :
Kita mulai dari atas ,seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya. Disini kita menggunakan import kotlinx.android.synthetic.main.activity_main.*, yang dimana kita tidak perlu binding view dengan memakai findViewById() lagi. Kaprikornus kita hanya perlu memanggil menurut nama ID pada layout xml.
companion object digunakan sebagai pengganti untuk tipe variable untuk constant object in a class , pada bahasa pemrograman Kotlin, yang dimana saya gunakan untuk menciptakan Key dari tipe data berpasangan Key-Value , pada objek dari tipe data Bundle ,untuk membungkus dan mempassing data antar Activity.
Lalu untuk menciptakan judul atau subjudul ,pada Action kafetaria di Aplikasi, disini kita hanya perlu menggunakan supportActionBar?.title , dan supportActionBar?.subtitle ,lalu kita isi nilainya yang sesuai dengan tipe data String.
tombolRegistrasi , ialah nama ID dari Button , yang telah didefinisikan pada layout xml (activity_main.xml).
kemudian diikuti method .setOnClickListener untuk interaksi Button.
Selanjutnya disini saya memakai cek kondisi if dan else if , yang dimana untuk kolom yang kosong, , yang peringatanya ditampilkan lewat pesan text Toast.
isEmpty = bila nilai atau value kosong.
isNotEmpty() = bila nilai atau value tidak kosong.
checkedRadioButtonId == -1 dipakai untuk tipe data boolean , menyerupai pada RadioButton , bila nilai atau value kosong.
isEmpty = bila nilai atau value kosong.
isNotEmpty() = bila nilai atau value tidak kosong.
checkedRadioButtonId == -1 dipakai untuk tipe data boolean , menyerupai pada RadioButton , bila nilai atau value kosong.
Untuk menciptakan objek intent ,yang dipakai untuk menghubungkan antar Activity, kita menggunakan val intent = Intent(this, OutputActivity::class.java). Diikuti objek bundle untuk membungkus dan mempassing data atau nilai/value antar Activity.
Lalu Key-Value nya berisi seperti NAMA, inputNama.text.toString() . InputNama ialah Nama ID dari EditText pada layout layout xml (activity_main.xml)
text adalah salah satu Properties ,pada bahasa Kotlin , untuk menggantikan getText dan setText. Kaprikornus kita hanya perlu menggunakan text , untuk memanggil keduanya sekaligus. toString() menyerupai pada bahasa pemrograman Java ,digunakan untuk mengconvert nilai ke dalam tipe data String.
Di bawahnya ,kita menciptakan method untuk memanggil toast dengan
fun toast(message: String, length: Int = Toast.LENGTH_LONG) {
//method memanggil toast
Toast.makeText(this, message, length).show()
}
Jadi kalian hanya perlu memanggil toast ( "ISI TEXT" ,panjang durasi).
OutputActivity.kt
OutputActivity.kt |
Penjelasan :
Pada Activity ke dua kita hanya perlu memanggil data dari Intent , yang telah dibuat
dengan val bundle = intent.extras . Sebelumnya kita memakai getIntent ,dan getExtras , di bahasa Java. Namun di bahasa Kotlin , dengan Properties kita hanya perlu memakai intent dan extras.
Seperti outputNama.text = ("Nama : " + bundle.getCharSequence(MainActivity.NAMA))
5. Kemudian , bila sudah akibat semua kita jalankan Aplikasinya lewat Android Studio.
Cara Kerja Aplikasi :
User atau pengguna diminta , untuk menginputkan data menyerupai Username , Password , Alamat Email , dan Jenis Kelamin , pada Activity 1, bila sudah terisi , user atau pengguna mengklik tombol Registrasi. Selanjutnya pada Activity 2 , akan menampilkan output data menurut data , yang sudah terisi pada Activity 2.
Baca juga sebelumnya : Belajar Input dan Output Data di Bahasa Program Kotlin
0 Response to "Belajar Menciptakan Aplikasi Input Dan Output Kotlin Android"
Post a Comment
Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)
NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda