Belajar Mengenal Class Abstract Pada Aktivitas Java - Tempat Blogging

Belajar Mengenal Class Abstract Pada Aktivitas Java

Class Abstract adalah  satu contoh  Konsep OOP , dari sebuah class  yang mempunyai posisi tertinggi secara struktur di bahasa pemrograman Java ,yang berfungsi untuk di implementasikan pada class turunanya . Kaprikornus class yang memakai perhiasan keyword abstract ini ,  di ciptakan untuk class dan method , yang dimana kita tidak sanggup menginstansiasi atau menciptakan objek gres dari class abstract , dan juga tidak mempunyai body pada method , di dalam class Abstract. Pointnya kita hanya sanggup memakai dan mengimplementasinya,  pada class turunanya ibarat menciptakan statement. Class Abstract ini juga menganut konsep Abstraksi. Apa itu Abstraksi?

Abstraksi adalah proses menyembunyikan detail implementasi , dan hanya menampilkan  fungsionalitas kepada pengguna. Kaprikornus user atau pengguna tidak tahu-menahu proses pembuatanya , hanya secara fungsional kita sanggup menggunakanya. Sebagai teladan kasus , dikala kita mengetik text ,lalu mengirim SMS. Kalian  tidak tahu detail , proses pengirimanya, yang kita tahu SMS ,tiba-tiba sudah terkirim atau tidak. Pada artikel mencar ilmu java kali ini ,kita akan mengenal teladan penggunaan class abstract di bahasa pemrograman Java. Berikut mari kita simak lebih lanjut:


yang mempunyai posisi tertinggi secara struktur di bahasa pemrograman Java  Belajar Mengenal Class Abstract pada Program Java





1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2.  Sebelum lanjut ke Contoh Code , kalian sanggup perhatiakan teladan syntax dan ciri-ciri class abstract ,di bawah:



Contoh syntax class Abstract :


abstract class <NamaClass> {
//keyword abstract
   abstract method()//tanpa body>
}




Ciri-ciri dari Class Abstract yaitu:
  • Dapat mempunyai satu atau lebih abstract method
  • Dapat mempunyai method dengan keyword static
  • Dapat mempunyai field atau atribut dengan keyword static
  • Dapat mempunyai abstact method yang berfungsi untuk di implementasi oleh class turunanya (Sub Class)
  • Class Abstract tidak sanggup menciptakan instansi (membuat objek)



Contoh Code:


yang mempunyai posisi tertinggi secara struktur di bahasa pemrograman Java  Belajar Mengenal Class Abstract pada Program Java
Contoh class abstract


Penjelasan:

Seperti yang kalian  pada  teladan code jadwal diatas, kita sanggup mendeklarasikan method  abstract di class abstract ( class : Sepeda ).  Lalu kita  implementasikan methodnya di class turunan (Class : Motor ) yang beperan sebagai Concrete Class.  Concrete Class yakni suatu class turunan,  yang mengimplementasi ,method yang di deklarasikan pada class Abstract.

Selanjutnya kita sanksi dengan cara menginstansi objek s , dari class abstract Sepeda ,pada Constructor Motor(); .

Lalu ,kita tampilkan outputnya ,dengan method jalan().


Kalian sanggup menciptakan abstract method , lebih dari satu kali. Namun , ketika kita ingin mengimplementasikan pada class turunanya.  Jumlah methodnya harus sama dengan class parent yang kita gunakan dengan keyword abstract ,agar tidak terjadi compile time error. Kaprikornus harus sama ,  jumlah method abstract deklarasi = jumlah method yang diimplementasikan.

Output:

yang mempunyai posisi tertinggi secara struktur di bahasa pemrograman Java  Belajar Mengenal Class Abstract pada Program Java
Output Hasil


Baca juga :  Mengenal Perbedaan class Abstract dengan Interface Java



Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Class Abstract Pada Aktivitas Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close