Belajar Mengenal Fungsi Apply() Dan Copy() Di Kotlin - Tempat Blogging

Belajar Mengenal Fungsi Apply() Dan Copy() Di Kotlin

Salah satu kelebihan , yang dimiliki bahasa pemrograman Kotlin ,yang tidak terdapat di bahasa pemrograman Java ,yaitu  terdapat beberapa fungsi atau method ,yang di definisikan dalam class library , yang berkhasiat untuk meringkas code ,untuk mencegah terjadinya pengulangan code (boilerpate), serta semoga gampang di pahami dan dibaca oleh para developer. Pada artikel mencar ilmu kotlin kali ini , kita akan mencar ilmu mengenal 2 fungsi komplemen atau method yang dimiliki bahasa pemrograman Kotlin yaitu , apply() dan copy(). Berikut mari kita simak pengenalanya :


 yang dimiliki bahasa pemrograman Kotlin  Belajar Mengenal fungsi apply() dan copy() di Kotlin


1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2.  Kalian sanggup pehatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:

  • apply()

Contoh Code 1:

 yang dimiliki bahasa pemrograman Kotlin  Belajar Mengenal fungsi apply() dan copy() di Kotlin
Contoh Fungsi Method .apply()


Penjelasan :


apply() adalah salah satu fungsi komplemen (extention function) ,di bahasa pemrograman Kotlin ,yang berkhasiat untuk mengaplikasikan nilai ,berdasarkan atribut atau method , yang telah di definisikan dalam objek. Pada pola code diatas , aku memakai pola model data ,yang biasanya kita memanggil atau memodifikasi nilainya ,  dengan setter dan getter ,atau mengisi secara eksklusif argument di dalam constructor. Kali ini kita sanggup memakai fungsi komplemen apply() sebagai alternatif.


Output :

Developer : Developer(nama=Fathurrahman, umur=23, jeniskelamin=Laki-Laki)

  • copy()

Contoh Code 2:

 yang dimiliki bahasa pemrograman Kotlin  Belajar Mengenal fungsi apply() dan copy() di Kotlin
Contoh fungsi method .copy()



Penjelasan :



copy() adalah  salah satu fungsi komplemen (extention function) , di bahasa pemrograman Kotlin , yang hanya terdapat di data class , yang dimana berkhasiat untuk menyalin semua data atau nilai ,yang telah di definisikan dalam objek , lalu menerapkanya pada objek baru. Sebagai pola code diatas ,karena kita sudah mendefinisikan , data class atau pola model data. Lalu mengaplikasikan nilai atau valuenya dengan memakai fungsi komplemen apply().


Jika kita ingin menciptakan data baru,  lalu menerapkanya pada objek baru.  Kita tidak perlu memakai fungsi komplemen apply() lagi , kita hanya perlu memakai fungsi komplemen copy() , kemudian menggantinya dengan nilai atau value baru, menurut atribut atau variabel yang telah di definisikan.


Output :

Developer 1 : Developer(nama=Fathurrahman, umur=23, jeniskelamin=Laki-Laki) Developer 2 : Developer(nama=Andy Firmansyah, umur=23, jeniskelamin=Laki-Laki)



Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Fungsi Apply() Dan Copy() Di Kotlin"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close