Belajar Mengenal Jenis Keyword Pada Java Beserta Penjelasanya - Tempat Blogging

Belajar Mengenal Jenis Keyword Pada Java Beserta Penjelasanya

Pada artikel berguru java kali ini ,kita akan mengenal jenis-jenis keyword ,yang dipakai dalam bahasa pemrograman Java, beserta penjelasanya. Keyword merupakan kata kunci khusus ,yang artinya kalian tidak sanggup menggunakanya , sebagai nama variable(identifier) ,kecuali kalau kita memakai penamaan CamelCase.  Sebenarnya Java mempunyai 50 macam Keyword , namun dua diantaranya tidak bisa dipakai lagi ,yaitu goto dan const . Misal seperti true ,false dan null,  sebenarnya bukan termasuk kategori keyword ,namun sifatnya sama ibarat keyword,yang artinya juga tidak bisa dipakai untuk nama variable. Berikut mari kita simak ,lebih jelasnya jenis-jenis Keyword di bahasa pemrograman Java :



yang dipakai dalam bahasa pemrograman Java Belajar Mengenal Jenis Keyword pada Java Beserta Penjelasanya



abstract : dipakai untuk Class Abstract, yang merupakan sebuah class  yang mempunyai posisi tertinggi secara struktur di bahasa pemrograman Java ,yang berfungsi untuk di implementasikan pada class turunanya . Makara class abstract di ciptakan untuk class dan method , yang dimana kita tidak sanggup menginstansiasi atau menciptakan objek gres dari class abstract , dan juga tidak mempunyai body pada method , di dalam class Abstract. Pointnya kita hanya bisa memakai dan mengimplementasinya,  pada class turunanya ibarat menciptakan statement.


assert : digunakan untuk mengetest ,asumsi seorang programer , perihal sebuah code.



boolean : termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, dipakai untuk mendefinisikan nilai yang berisi true atau false pada variable.

break:  untuk menghentikan sebuah statement , yang biasa dipakai pada suatu kondisi tertentu pada  perulangan.



byte: termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, dipakai untuk mendefinisikan nilai angka ,dengan ukuran 1 bytes, dari range 
-128 ke 127.

case: digunakan sebagai kata kunci , untuk menyatakan nilai tertentu pada objek, yang berafiliasi statement switch, yang memuat statement.


catch: digunakan untuk menangkap terjadinya bug atau error,  yang terjadi pada block jadwal didalam keyword try.



char : termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, dipakai untuk mendefinisikan nilai abjad atau satuan karakter,yang memakai tanda kutip satu( ' ').





class: digunakan untuk sebuah nama class, yang  merupakan sebuah kerangka/model (blueprint) atau bentuk awal (prototype), yang berfungsi untuk daerah menaruh,  dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek.

const:  tidak dipakai lagi.


continue untuk melanjutkan sebuah statement , yang biasa dipakai pada suatu kondisi tertentu pada  perulangan.


default: digunakan pada kondisi switch case ,yang dimana kalau semua pertanyaan atau statement case salah ,maka statement di dalam  keyword ini akan ditampilkan atau dieksekusi


do: digunakan untuk menyatakan statement di awal ,perulangan do while.


double: termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, dipakai untuk mendefinisikan nilai angka desimal ,dengan ukuran 8 bytes, dari range
-17e308 ke 1.7e308.

else: digunakan pada kondisi if else ,yang dimana kalau semua pertanyaan if salah ,maka statement di dalam block keyword ini akan ditampilkan atau dieksekusi.


enum: digunakan untuk Enumeration , untuk memuat kumpulan variable,yang telah didefinisikan menjadi tipe data konstanta.

extends: digunakan pada class , untuk pewarisan (inheritance) yang merupakan suatu proses dimana , suatu class yang bisa disebut super class ,dapat mewarisi sifat atau ciri-ciri,  seperti atribut dan method, ke dalam class turunanya yaitu sub class. Super class akan mewarisi nilai dari atribut atau behavior ke Class turunananya.

final : digunakan pada variable ,atau method ,yang mempunyai nilai tetap ,dan tidak berubah-rubah.


finally: untuk menampilkan output pada statement , sesudah try catch , selesai dieksekusi.


float: termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, dipakai untuk mendefinisikan nilai angka desimal,dengan ukuran 4 bytes, dari range -3.4e38 ke 3.4e38.

for :digunakan untuk perulangan for ,  yang menyimpan nilai ibarat :definisi nilai variable , kondisi variable ,sampai increment.


goto: tidak dipakai lagi.

if : keyword  sebagai awalan ,yang dipakai untuk mengecek kondisi pada sebuah statement , dalam kondisi if else.


implements: keyword yang dipakai pada class, untuk mengimplementasi method-method , yang ada di interface.


import:  keyword yang dipakai untuk mengimport class library , atau framework di bahasa pemrograman Java.

instanceof :  adalah salah satu keyword di bahasa pemrograman Java , yang dipakai untuk membandingkan suatu objek ,apakah termasuk instansiasi dari suatu class ,atau tidak ,yang dimana kondisinya nanti akan menghasilkan nilai true ataupun false.

int : termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, dipakai untuk mendefinisikan nilai angka ,dengan ukuran 4 bytes, dari range
-2147483648 ke 2147483647.


interface adalah sebuah kumpulan method secara struktur di bahasa pemrograman Java , yang berfungsi untuk daerah menyimpan method kosong dan atribut yang bersifat constant atau simpulan  , serta tidak mempunyai Implementasi. Kita sanggup mengimplementasikan(keyword : implements) interface dengan class lain ,serta sanggup mewariskan (keyword : extends ) dengan interface yang lain.

long: termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, dipakai untuk mendefinisikan nilai angka ,dengan ukuran 8 bytes, dari range 
-263 ke 263-1.


native:  digunakan untuk menulis code  bahasa pemrograman , selain Java.



new:  keyword yang dipakai untuk, menginstansiasi (membuat) objek gres dari class.

package : dipakai untuk alamat (folder) mengklasifikasikan dan menyimpan file-file logika java



private: termasuk ke dalam modifier ,yang hanya sanggup di jalan masuk oleh class yang sama.

protected:  dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak sanggup diakses dari package lain

public: termasuk ke dalam modifier, dapat di jalan masuk dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.

return: keyword yang dipakai untuk tanda berhenti ,dari suatu method yang mempunyai tipe data ,lalu mengembalikan nilainya menurut tipe data dari method tersebut.


short : termasuk tipe data primitif , yang secara built-in ada di bahasa pemrograman Java, dipakai untuk mendefinisikan nilai angka ,dengan ukuran 2 bytes, dari range
-32768 ke 32767.

static: digunakan untuk mengunci atau menahan suatu method dan variable , menjadi milik class ,bukan menjadi milik class instance, serta tidak sanggup di override.



strictfp: membatasi kemampuan komputer dalam merepresentasi angka ekstra besar ,saat komputer mengkalkulasi nilai float dan double


superdigunakan sebagai variable tumpuan class ,  untuk rujukan(referensi) dari Super Class atau Parent class.  Kita sanggup menempatkan keyword super pada Variable , Method dan juga Constructor .

switch:  sebagai awalan ,untuk menyatakan kondisi nilai pada variable ,yang berafiliasi dengan case dan default.


synchronized : digunakan untuk thread-safe ,yang dimana pada waktu yang bersamaan ,thread yang berbeda-beda ,  membaca dan menulis pada variable , objek dan resource yang sama.

this : digunakan sebagai tumpuan dari variable class , yang mengacu pada obyek ketika ini. Keyword this juga dipakai untuk membedakan variable class dengan variable atribut. Jika kita tidak memakai keyword this , pada nama variable class dan atribut yang sama , maka nilai/value akan menjadi 0 pada integer atau null pada String.


throw :  digunakan secara eksplisit, untuk melempar exception. Makara kita bisa memakai CheckedException atau UncheckedException di dalam keyword throw.


throws : digunakan untuk mendeklarasikan sebuah exception ,yang kemungkinan terjadi bug atau error. Makara kita akan mendeklarasikan exception terlebih dahulu,sebelum penangganan bug atau erorr


transient : digunakan untuk mengindikasikan bahwa variable,  tidak sanggup di  diserialisasikan, dan menjadi nilai tetap secara default.



try :
digunakan untuk menjalankan  dan memproses block jadwal ,yang berpotensi akan mengalami error nantinya




void  : keyword yang artinya kosong ,untuk tipe jenis method ,yang tidak mengembalikan nilai atau value ,setelah method yang memakai keyword ini ,di panggil  atau di eksekusi.


volatile : keyword ini digunakan untuk mencegah thread , menyembunyikan (caching) nilai pada variable.


while : keyword yang dipakai untuk memuat kondisi nilai pada variable ,yang dimana sanksi akan berhenti kalau nilai false.




Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Jenis Keyword Pada Java Beserta Penjelasanya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close