7 Tips Optimalisasi Giveaway Dalam Blogging
Friday, April 27, 2018
Add Comment
Tips Optimalisasi Giveaway – Giveaway dalam blogging ialah sebuah ajang yang unik dan menarik untuk dilaksanakan. Giveaway unik sebab sanggup dibilang sebagai kontes ala blogger yang lebih mengedepankan pada tujuan menjalin pertemanan dengan sesama blogger dan menarik sebab dalam giveaway ini dibagi-bagikan hadiah yang tentu bermanfaat serta menarik di mata blogger akseptor giveaway.
Akan tetapi, faktanya ialah giveaway ini masih jarang untuk dilakukan sebab kita selalu beranggapan belum siap melaksanakan giveaway akhir minimnya dana yang kita miliki untuk keperluan pengadaan hadiah. Padahal, giveaway itu sendiri tidak selalu berkutat dengan problem hadiah sebab inti giveaway ialah bagaimana hadiah itu sanggup mengakrabkan jalinan silaturahmi antarblogger, tidak peduli apakah hadiah itu mahal atau murah.
Faktor lain yang menghambat pelaksanaan giveaway bagi kita ialah tidak adanya kepercayaan diri yang kita miliki dalam menyelenggarakan giveaway itu sendiri. Kita selalu terbayang kegagalan dan banyak pertanyaan ini dan itu yang pada balasannya justru memperlambat langkah kita untuk merealisasikan giveaway yang ingin kita selenggarakan.
Giveaway itu intinya gampang untuk dilakukan. Kita hanya butuh blog, dana yang cukup untuk membeli hadiah bahkan tidak perlu apabila mempunyai sponsor, perencanaan, waktu, dan kreatifitas. Di bawah ini akan diberikan beberapa tips yang sanggup kita lakukan untuk optimalisasi giveaway dalam blogging yang kita lakukan biar berhasil, efektif, efisien, dan sesuai dengan apa tujuan yang semula kita rencanakan.
1. Tujuan jelas.
Sebelum memulai pelaksanaan giveaway, kita harus melaksanakan perencanaan yang salah satunya membahas mengenai tujuan apa yang hendak kita capai terlebih dahulu. Jangan hingga kita menyelenggarakan giveaway ini tanpa tujuan sebab akan menciptakan kerja kita menjadi tidak fokus.
Tetapkan tujuan apakah giveaway ini hanya semata media mempererat jalinan silaturahmi, promosi blog, atau keduanya. Semakin besar tujuan yang kita inginkan maka semakin besar juga perjuangan yang perlu kita lakukan biar tujuan tersebut sanggup terlaksana dengan baik.
2. Tetapkan hadiah.
Usahakan berikan hadiah dengan nominal harga yang murah biar hemat. Akan tetapi, kalau tujuan giveaway yang kita selenggarakan ialah untuk promosi maka kita sanggup memakai hadiah dengan nominal harga yang tinggi untuk menarik minat banyak peserta. Kita juga sanggup menghubungi sponsor dan bekerja sama dengan mereka untuk urusan pengadaan hadiah giveaway kalau kondisi keuangan kita terbatas.
3. Atur durasi giveaway.
Tetapkan jangka waktu penyelenggaraan giveaway dengan baik. Giveaway yang dilakukan jangan hingga terlalu usang dan terlalu pendek jangka waktunya. Giveaway yang terlalu usang akan menciptakan akseptor akan merasa agak jenuh dan berpotensi untuk melupakannya, sedangkan giveaway yang terlalu pendek akan berpotensi untuk menciptakan calon akseptor kehabisan waktu untuk berpartisipasi sehingga jumlah akseptor menjadi minim.
4. Berikan hukum main yang jelas.
Aturan main yang terperinci dalam giveaway sangat mutlak diperlukan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya protes dari akseptor yang merasa keberatan dengan keputusan penyelenggara di selesai periode pelaksanaan giveaway. Semakin terperinci hukum main yang diberikan maka pelaksanaan giveaway akan lebih nyaman dan potensi jumlah akseptor yang ikut akan semakin besar.
5. Buatlah giveaway yang simpel.
Simpel bukan berarti minim hadiah yang diberikan, tetapi lebih mengarah pada mekanisme pelaksanaan secara keseluruhan ibarat hukum main, persyaratan peserta, jangka waktu pelaksanaan, kriteria evaluasi pemenang, mekanisme pengiriman hadiah, hingga tujuan giveaway yang ingin dicapai.
6. Konsisten menjalankan promosi.
Semakin banyak promosi giveaway yang dilakukan maka akan semakin baik hasil yang akan diperoleh. Akan tetapi, hal itu tidak akan cukup tanpa adanya konsistensi. Kita sebagai penyelenggara giveaway harus konsisten dalam menjalankan promosi baik ketika awal diadakan hingga berakhirnya giveaway yang kita selenggarakan.
Promosi giveaway yang konsisten ini mempunyai kegunaan untuk menjaga antusias akseptor dan calon akseptor dalam mengikuti giveaway yang kita selenggarakan. Jangan hingga antusias akseptor menurun ketika selesai periode sebab kita sendiri pun kurang meramaikan ajang giveaway yang diadakan akhir minimnya promosi yang kita lakukan.
7. Keterkaitan antara moment, topik giveaway, tujuan, dan hadiah.
Moment, topik giveaway, tujuan, dan hadiah harus mempunyai korelasi yang baik antara satu dengan yang lainnya. Jangan hingga kita menyelenggarakan sebuah giveaway yang kacau sebab tidak adanya unsur yang saling bekerjasama dalam satu topik. Karena itu, usahakan untuk melaksanakan perencanaan dengan baik biar giveaway yang kita selanggarakan sanggup direalisasikan dengan hasil yang baik pula.
Misalnya kita sanggup menyelenggarakan giveaway pada moment hari ibu, topik giveaway ialah seberapa jauh ungkapan rasa sayang kita kepada ibu, tujuan giveaway ialah sebagai media saling bersilaturahmi, dan hadiah yang diberikan berupa alat-alat keperluan perempuan ibarat peralatan memasak, kosmetik, hingga voucher belanja dengan nominal harga tertentu.
Pada dasarnya giveaway sangat gampang untuk dilakukan. Jangan hingga niat kita terhenti sebab ketidaktersediaan dana dan takut dengan kegagalan. Fokuskan niat pada tujuan yang hendak dicapai dan kemudian imbangi dengan perjuangan yang terstruktur dengan baik.
Akan tetapi, faktanya ialah giveaway ini masih jarang untuk dilakukan sebab kita selalu beranggapan belum siap melaksanakan giveaway akhir minimnya dana yang kita miliki untuk keperluan pengadaan hadiah. Padahal, giveaway itu sendiri tidak selalu berkutat dengan problem hadiah sebab inti giveaway ialah bagaimana hadiah itu sanggup mengakrabkan jalinan silaturahmi antarblogger, tidak peduli apakah hadiah itu mahal atau murah.
Faktor lain yang menghambat pelaksanaan giveaway bagi kita ialah tidak adanya kepercayaan diri yang kita miliki dalam menyelenggarakan giveaway itu sendiri. Kita selalu terbayang kegagalan dan banyak pertanyaan ini dan itu yang pada balasannya justru memperlambat langkah kita untuk merealisasikan giveaway yang ingin kita selenggarakan.
Giveaway itu intinya gampang untuk dilakukan. Kita hanya butuh blog, dana yang cukup untuk membeli hadiah bahkan tidak perlu apabila mempunyai sponsor, perencanaan, waktu, dan kreatifitas. Di bawah ini akan diberikan beberapa tips yang sanggup kita lakukan untuk optimalisasi giveaway dalam blogging yang kita lakukan biar berhasil, efektif, efisien, dan sesuai dengan apa tujuan yang semula kita rencanakan.
1. Tujuan jelas.
Sebelum memulai pelaksanaan giveaway, kita harus melaksanakan perencanaan yang salah satunya membahas mengenai tujuan apa yang hendak kita capai terlebih dahulu. Jangan hingga kita menyelenggarakan giveaway ini tanpa tujuan sebab akan menciptakan kerja kita menjadi tidak fokus.
Tetapkan tujuan apakah giveaway ini hanya semata media mempererat jalinan silaturahmi, promosi blog, atau keduanya. Semakin besar tujuan yang kita inginkan maka semakin besar juga perjuangan yang perlu kita lakukan biar tujuan tersebut sanggup terlaksana dengan baik.
2. Tetapkan hadiah.
Usahakan berikan hadiah dengan nominal harga yang murah biar hemat. Akan tetapi, kalau tujuan giveaway yang kita selenggarakan ialah untuk promosi maka kita sanggup memakai hadiah dengan nominal harga yang tinggi untuk menarik minat banyak peserta. Kita juga sanggup menghubungi sponsor dan bekerja sama dengan mereka untuk urusan pengadaan hadiah giveaway kalau kondisi keuangan kita terbatas.
3. Atur durasi giveaway.
Tetapkan jangka waktu penyelenggaraan giveaway dengan baik. Giveaway yang dilakukan jangan hingga terlalu usang dan terlalu pendek jangka waktunya. Giveaway yang terlalu usang akan menciptakan akseptor akan merasa agak jenuh dan berpotensi untuk melupakannya, sedangkan giveaway yang terlalu pendek akan berpotensi untuk menciptakan calon akseptor kehabisan waktu untuk berpartisipasi sehingga jumlah akseptor menjadi minim.
4. Berikan hukum main yang jelas.
Aturan main yang terperinci dalam giveaway sangat mutlak diperlukan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya protes dari akseptor yang merasa keberatan dengan keputusan penyelenggara di selesai periode pelaksanaan giveaway. Semakin terperinci hukum main yang diberikan maka pelaksanaan giveaway akan lebih nyaman dan potensi jumlah akseptor yang ikut akan semakin besar.
5. Buatlah giveaway yang simpel.
Simpel bukan berarti minim hadiah yang diberikan, tetapi lebih mengarah pada mekanisme pelaksanaan secara keseluruhan ibarat hukum main, persyaratan peserta, jangka waktu pelaksanaan, kriteria evaluasi pemenang, mekanisme pengiriman hadiah, hingga tujuan giveaway yang ingin dicapai.
6. Konsisten menjalankan promosi.
Semakin banyak promosi giveaway yang dilakukan maka akan semakin baik hasil yang akan diperoleh. Akan tetapi, hal itu tidak akan cukup tanpa adanya konsistensi. Kita sebagai penyelenggara giveaway harus konsisten dalam menjalankan promosi baik ketika awal diadakan hingga berakhirnya giveaway yang kita selenggarakan.
Promosi giveaway yang konsisten ini mempunyai kegunaan untuk menjaga antusias akseptor dan calon akseptor dalam mengikuti giveaway yang kita selenggarakan. Jangan hingga antusias akseptor menurun ketika selesai periode sebab kita sendiri pun kurang meramaikan ajang giveaway yang diadakan akhir minimnya promosi yang kita lakukan.
7. Keterkaitan antara moment, topik giveaway, tujuan, dan hadiah.
Moment, topik giveaway, tujuan, dan hadiah harus mempunyai korelasi yang baik antara satu dengan yang lainnya. Jangan hingga kita menyelenggarakan sebuah giveaway yang kacau sebab tidak adanya unsur yang saling bekerjasama dalam satu topik. Karena itu, usahakan untuk melaksanakan perencanaan dengan baik biar giveaway yang kita selanggarakan sanggup direalisasikan dengan hasil yang baik pula.
Misalnya kita sanggup menyelenggarakan giveaway pada moment hari ibu, topik giveaway ialah seberapa jauh ungkapan rasa sayang kita kepada ibu, tujuan giveaway ialah sebagai media saling bersilaturahmi, dan hadiah yang diberikan berupa alat-alat keperluan perempuan ibarat peralatan memasak, kosmetik, hingga voucher belanja dengan nominal harga tertentu.
Pada dasarnya giveaway sangat gampang untuk dilakukan. Jangan hingga niat kita terhenti sebab ketidaktersediaan dana dan takut dengan kegagalan. Fokuskan niat pada tujuan yang hendak dicapai dan kemudian imbangi dengan perjuangan yang terstruktur dengan baik.
0 Response to "7 Tips Optimalisasi Giveaway Dalam Blogging"
Post a Comment
Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)
NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda