9 Tips Mendapat Sponsor Giveaway
Thursday, April 26, 2018
Add Comment
Mendapatkan Sponsor Giveaway – Giveaway dalam blogging ialah sebuah ajang yang membutuhkan bantuan dana dalam rangka pengadaan hadiahnya. Jika tujuan giveaway yang diselenggarakan untuk promosi maka hadiah yang disediakan harus mempunyai nilai nominal yang tinggi biar menarik minat banyak penerima untuk mengikutinya. Untuk membantu sumber pendanaan pengadaan hadiah bagi pemenang giveaway yang kita laksanakan, kita sanggup mencari sponsor sebagai pihak yang bersedia menyediakan hadiahnya.
Giveaway memang sebuah program yang menarik untuk diikuti. Alasannya ialah giveaway tidak banyak memperlihatkan beban dan tekanan kepada pesertanya untuk menang sebab motivasi blogger untuk mengikuti giveaway biasanya didasarkan pada unsur ingin mempererat jalinan pertemanan.
Akan tetapi, tidak jarang ada giveaway yang sengaja diselenggarakan untuk keperluan promosi, baik perjuangan yang digeluti maupun blog penyelenggara itu sendiri. Jika demikian, selain promosi giveaway yang gencar kita tentu membutuhkan dana yang cukup besar untuk pengadaan hadiah yang menarik biar banyak penerima yang berpartisipasi demi tercapainya tujuan giveaway.
Jika kita mempunyai dana yang minim dan ingin mengadakan giveaway yang spektakuler, kita tentu membutuhkan sumber pendanaan lain untuk bisa menyelenggarakan giveaway. Salah satu sumber pendanaan tersebut berasal dari sponsor. Sponsor biasanya akan memperlihatkan kita dukungan pengadaan hadiah dalam bentuk uang tunai atau hadiah eksklusif berupa barang dan jasa sesuai komitmen bersama.
Adapun beberapa tips mendapat sponsor giveaway yang bisa kita terapkan antara lain sebagai berikut:
1. Giveaway harus mempunyai nilai jual.
Blog yang mengadakan giveaway harus terkenal. Selain itu, giveaway yang diselenggarakan juga harus mempunyai nilai jual berupa banyaknya calon penerima yang ditargetkan. Semakin banyak penerima yang diproyesikan untuk ikut berpartisipasi dalam giveaway ini maka peluang sponsor untuk bersedia memperlihatkan dukungan dana akan semakin besar.
2. Buat tawaran kolaborasi sponsor.
Persiapkan sebuah tawaran kolaborasi sponsor yang baik untuk dikirimkan kepada pihak sponsor dalam mengajukan kolaborasi dengan pihak sponsor. Semakin baik tawaran yang kita olok-olokan maka semakin besar pula kemungkinan kita mendapat sponsor. Hal ini dikarenakan tawaran merupakan satu-satunya materi evaluasi apakah kita layak mendapat dukungan sponsor atau tidak.
3. Perkenalkan diri kita.
Pada langkah awal kita perlu memperkenalkan identitas kita dengan lengkap dan benar. Identitas pribadi ini sanggup kita cantumkan pada halaman depan blog kita dan kita beri inisial about, profil, mengenai saya, dsb. Sponsor butuh pemahaman dan pandangan yang baik kepada kita biar mereka berkenan memperlihatkan sumbangan dana kepada giveaway yang kita selenggarakan. Karena itu, berikan isu yang terang dan menarik serta tetap menjaga dapat dipercaya kita di depan pihak sponsor.
4. Pilih sponsor sesuai denga hadiah yang diharapkan.
Kita harus bisa mendefiniskan sponsor untuk jikalau pihak sponsor tersebut bisa untuk memperlihatkan hadiah giveaway yang kita inginkan dan sesuai dengan tema giveaway yang kita selenggarakan. Misalnya, carilah sponsor yang bergerak di bidang penyedia peralatan memasak jikalau hadiah yang kita inginkan bagi pemenang ialah seperangkat alat masak dalam giveaway yang bertemakan hari ibu.
5. Berikan alasan yang saling menguntungkan.
Ungkapkan alasan secara jelas, logis, dan objektif mengapa kita menentukan pihak sponsor ini untuk bisa memperlihatkan sumbangan dana kepada kita dalam pengadaan hadiah giveaway. Alasan yang kita berikan harus objektif dan tidak banyak mengandung rayuan gombal. Berikan alasan dalam konsep persuasif dan argumentatif dengan tetap menjaga poin penting alasan kita mengajukan tawaran kolaborasi dengan sponsor.
6. Berikan tawaran yang menarik.
Pastikan jikalau kita mempunyai pemahaman yang benar dalam mencari sponsor. Selalu pikirkan laba apa yang sanggup kita berikan kepada pihak sponsor dan jangan selalu beripikir apa yang bisa kita dapatkan dari pihak sponsor ini. Berikan tawaran yang menarik dan sangat menguntungkan bagi sponsor apabila mereka oke untuk bekerja sama dengan kita.
7. Berikan pembagian terstruktur mengenai sponsor.
Pada tawaran kolaborasi yang kita olok-olokan kepada pihak sponsor, berika pembagian terstruktur mengenai sponsor yang hendak menjalin kolaborasi dengan kita. Biasanya pembagian terstruktur mengenai sponsor ini didasarkan pada jumlah bantuan dana yang mereka berikan. Kemudian, kita akan memperlihatkan insentif atau akhir kepada para pihak sponsor tersebut menurut klasifikasinya.
Misalnya, pembagian terstruktur mengenai sponsor yang kita olok-olokan terdiri dari Platinum, Gold, dan Silver. Setiap sponsor yang memperlihatkan dukungan uang tunai Rp500.000,00 akan menjadi sponsor Platinum, uang tunai Rp300.000,00 akan menjadi sponsor Gold, dan uang tunai Rp150.000,00 akan menjadi sponsor Silver. Setelah itu kita memperlihatkan insentif yang berbeda-beda tingkatannya tergantung pembagian terstruktur mengenai sponsor. Insentif ini sanggup berupa pemasangan logo sponsor pada banner, hadiah, pencantuman link ke situs sponsor, dsb.
8. Menawarkan sponsor kepada pembaca.
Kita juga sanggup menawakan sponsor giveaway kepada para pembaca setia blog kita. Dengan adanya upaya ini maka kita juga sanggup lebih berinteraksi dengan para pembaca dan kita juga memperoleh kemungkinan untuk mendapat suplemen dukungan keuangan. Jika memang ada pembaca yang berminat untuk menjadi donatur, kita sanggup memperlihatkan insentif khusus kepadanya.
9. Berikan laporan pertanggungjawaban.
Ketika giveaway telah final diselenggarakan, kita wajib menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada pihak sponsor untuk konfirmasi penggunaan dana yang sesuai dengan kesepakatan. Pemberian laporan pertanggungjawaban yang baik ini akan meningkatkan integritas kita sebagai pihak yang berkompeten dan dipercaya dalam melaksanakan sebuah kerja sama.
Giveaway dalam blogging yang mendapat dukungan sponsor harus meriah dan diikuti banyak peserta. Hal ini sebab pihak sponsor juga ingin mendapat laba yang sepadan dengan dukungan finansial yang mereka berikan. Jika blog kita sudah dikenal banyak orang, mempunyai jumlah kunjungan harian yang banyak, serta berpotensi menghadirkan jumlah penerima yang banyak juga maka tidak ada salahnya untuk mencoba menghubungi pihak sponsor untuk meminta dukungan finansial dalam penyelenggaraan giveaway yang kita rencanakan.
Giveaway memang sebuah program yang menarik untuk diikuti. Alasannya ialah giveaway tidak banyak memperlihatkan beban dan tekanan kepada pesertanya untuk menang sebab motivasi blogger untuk mengikuti giveaway biasanya didasarkan pada unsur ingin mempererat jalinan pertemanan.
Akan tetapi, tidak jarang ada giveaway yang sengaja diselenggarakan untuk keperluan promosi, baik perjuangan yang digeluti maupun blog penyelenggara itu sendiri. Jika demikian, selain promosi giveaway yang gencar kita tentu membutuhkan dana yang cukup besar untuk pengadaan hadiah yang menarik biar banyak penerima yang berpartisipasi demi tercapainya tujuan giveaway.
Jika kita mempunyai dana yang minim dan ingin mengadakan giveaway yang spektakuler, kita tentu membutuhkan sumber pendanaan lain untuk bisa menyelenggarakan giveaway. Salah satu sumber pendanaan tersebut berasal dari sponsor. Sponsor biasanya akan memperlihatkan kita dukungan pengadaan hadiah dalam bentuk uang tunai atau hadiah eksklusif berupa barang dan jasa sesuai komitmen bersama.
Adapun beberapa tips mendapat sponsor giveaway yang bisa kita terapkan antara lain sebagai berikut:
1. Giveaway harus mempunyai nilai jual.
Blog yang mengadakan giveaway harus terkenal. Selain itu, giveaway yang diselenggarakan juga harus mempunyai nilai jual berupa banyaknya calon penerima yang ditargetkan. Semakin banyak penerima yang diproyesikan untuk ikut berpartisipasi dalam giveaway ini maka peluang sponsor untuk bersedia memperlihatkan dukungan dana akan semakin besar.
2. Buat tawaran kolaborasi sponsor.
Persiapkan sebuah tawaran kolaborasi sponsor yang baik untuk dikirimkan kepada pihak sponsor dalam mengajukan kolaborasi dengan pihak sponsor. Semakin baik tawaran yang kita olok-olokan maka semakin besar pula kemungkinan kita mendapat sponsor. Hal ini dikarenakan tawaran merupakan satu-satunya materi evaluasi apakah kita layak mendapat dukungan sponsor atau tidak.
3. Perkenalkan diri kita.
Pada langkah awal kita perlu memperkenalkan identitas kita dengan lengkap dan benar. Identitas pribadi ini sanggup kita cantumkan pada halaman depan blog kita dan kita beri inisial about, profil, mengenai saya, dsb. Sponsor butuh pemahaman dan pandangan yang baik kepada kita biar mereka berkenan memperlihatkan sumbangan dana kepada giveaway yang kita selenggarakan. Karena itu, berikan isu yang terang dan menarik serta tetap menjaga dapat dipercaya kita di depan pihak sponsor.
4. Pilih sponsor sesuai denga hadiah yang diharapkan.
Kita harus bisa mendefiniskan sponsor untuk jikalau pihak sponsor tersebut bisa untuk memperlihatkan hadiah giveaway yang kita inginkan dan sesuai dengan tema giveaway yang kita selenggarakan. Misalnya, carilah sponsor yang bergerak di bidang penyedia peralatan memasak jikalau hadiah yang kita inginkan bagi pemenang ialah seperangkat alat masak dalam giveaway yang bertemakan hari ibu.
5. Berikan alasan yang saling menguntungkan.
Ungkapkan alasan secara jelas, logis, dan objektif mengapa kita menentukan pihak sponsor ini untuk bisa memperlihatkan sumbangan dana kepada kita dalam pengadaan hadiah giveaway. Alasan yang kita berikan harus objektif dan tidak banyak mengandung rayuan gombal. Berikan alasan dalam konsep persuasif dan argumentatif dengan tetap menjaga poin penting alasan kita mengajukan tawaran kolaborasi dengan sponsor.
6. Berikan tawaran yang menarik.
Pastikan jikalau kita mempunyai pemahaman yang benar dalam mencari sponsor. Selalu pikirkan laba apa yang sanggup kita berikan kepada pihak sponsor dan jangan selalu beripikir apa yang bisa kita dapatkan dari pihak sponsor ini. Berikan tawaran yang menarik dan sangat menguntungkan bagi sponsor apabila mereka oke untuk bekerja sama dengan kita.
7. Berikan pembagian terstruktur mengenai sponsor.
Pada tawaran kolaborasi yang kita olok-olokan kepada pihak sponsor, berika pembagian terstruktur mengenai sponsor yang hendak menjalin kolaborasi dengan kita. Biasanya pembagian terstruktur mengenai sponsor ini didasarkan pada jumlah bantuan dana yang mereka berikan. Kemudian, kita akan memperlihatkan insentif atau akhir kepada para pihak sponsor tersebut menurut klasifikasinya.
Misalnya, pembagian terstruktur mengenai sponsor yang kita olok-olokan terdiri dari Platinum, Gold, dan Silver. Setiap sponsor yang memperlihatkan dukungan uang tunai Rp500.000,00 akan menjadi sponsor Platinum, uang tunai Rp300.000,00 akan menjadi sponsor Gold, dan uang tunai Rp150.000,00 akan menjadi sponsor Silver. Setelah itu kita memperlihatkan insentif yang berbeda-beda tingkatannya tergantung pembagian terstruktur mengenai sponsor. Insentif ini sanggup berupa pemasangan logo sponsor pada banner, hadiah, pencantuman link ke situs sponsor, dsb.
8. Menawarkan sponsor kepada pembaca.
Kita juga sanggup menawakan sponsor giveaway kepada para pembaca setia blog kita. Dengan adanya upaya ini maka kita juga sanggup lebih berinteraksi dengan para pembaca dan kita juga memperoleh kemungkinan untuk mendapat suplemen dukungan keuangan. Jika memang ada pembaca yang berminat untuk menjadi donatur, kita sanggup memperlihatkan insentif khusus kepadanya.
9. Berikan laporan pertanggungjawaban.
Ketika giveaway telah final diselenggarakan, kita wajib menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada pihak sponsor untuk konfirmasi penggunaan dana yang sesuai dengan kesepakatan. Pemberian laporan pertanggungjawaban yang baik ini akan meningkatkan integritas kita sebagai pihak yang berkompeten dan dipercaya dalam melaksanakan sebuah kerja sama.
Giveaway dalam blogging yang mendapat dukungan sponsor harus meriah dan diikuti banyak peserta. Hal ini sebab pihak sponsor juga ingin mendapat laba yang sepadan dengan dukungan finansial yang mereka berikan. Jika blog kita sudah dikenal banyak orang, mempunyai jumlah kunjungan harian yang banyak, serta berpotensi menghadirkan jumlah penerima yang banyak juga maka tidak ada salahnya untuk mencoba menghubungi pihak sponsor untuk meminta dukungan finansial dalam penyelenggaraan giveaway yang kita rencanakan.
0 Response to "9 Tips Mendapat Sponsor Giveaway"
Post a Comment
Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)
NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda