10 Khasiat Cengkeh bagi Kesehatan - Tempat Blogging

10 Khasiat Cengkeh bagi Kesehatan

Ini 10 Manfaat/Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh Manusia_Cengkeh merupakan salah satu jenis apotik hidup yang berguna dalam mengatasi beragam jenis penyakit. Cengkeh dapat ditemukan dengan mudah dimana-mana dan banyak digunakan sebagai bumbu penyedap dalam suatu masakan. Sebagai salah satu rempah alami, cengkeh memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah contoh dari beberapa manfaat cengkeh buat kesehatan.

Khasiat Cengkeh Buat Kesehatan

1. Mengatasi sakit gigi
Telah diketahui sejak lama jika cengkeh berguna dalam mengatasi beragam gangguan yang terjadi pada mulut. Untuk mengatasi gangguan berupa sakit gigi, yang Anda perlukan adalah mengambil minyak cengkehnya.

Cara menggunakan minyak cengkeh cukup sederhana yaitu dengan mengoleskannya ke bagian lubang gigi yang menjadi sumber sakit. Cengkeh mengandung antibiotik yang baik dalam mencegah datangnya bakteri gigi sekaligus membunuhnya. Bagi Anda yang memiliki gangguan bau mulut tidak sedap, juga bisa menggunakan minyak cengkeh sebagai solusinya.

2. Mencegah radang
Ada banyak ragam zat aktif seperti halnya flavonoid yang bisa ditemukan pada minyak cengkeh. Flavonoid sendiri bekerja dengan sifat anti inflamasi sehingga mampu mengurangi terjadinya peradangan seperti pada jenis penyakit rematik.

Minyak cengkeh juga memiliki rasa yang hangat sehingga akan sangat membantu jika digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan.

Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh Manusia 10 Khasiat Cengkeh bagi Kesehatan
3. Mengatasi mual dan muntah
Di dalam cengkeh ataupun minyak cengkeh terdapat kandungan yang cukup ampuh untuk mengatasi mual dan muntah.

4. Melancarkan pencernaan
Kegunaan cengkeh yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah mampu melancarkan sistem percernaan dalam tubuh. Cengkeh membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pada pencernaan manusia, sehingga mampu mencegah datangnya diare, sakit perut, dan gas usus.

5. Membuat tubuh terasa lebih hangat
Bagi Anda yang tengah menderita pilek, sebaiknya meminum campuran madu dan minyak cengkeh yang diaduk menjadi satu. Meminum campuran tersebut, dapat membantumu memberi efek hangat sehingga tubuh menjadi lebih hangat. Anda juga bisa mengoleskan minyak pada bagian hidung untuk mengurangi gejala hidung tersumbat.

6. Mengobati jerawat
Salah satu gangguan pada wajah yang banyak diderita terutama kalangan remaja adalah jerawat. Jerawat dapat memicu timbulnya krisis percaya diri sehingga banyak orang anti terhadapnya. Mengobati jerawat menggunakan minyak cengkeh, bisa dioleskan secara langsung pada kulit muka.

Hal yang harus diingat dari penggunaan minyak cengkeh adalah sebaiknya berhati-hati karena bagi kulit yang sensitif penggunaan minyak ini tidak dianjurkan.

7. Untuk meredakan batuk
Gatal di tenggorokan menjadi salah satu pemicu munculnya batuk. Meski rasa cengkeh sedikit agak pahit, namun kandungan cengkeh yang berupa ekspektoran alami, mampu mengencerkan dahak, sehingga batuk akan berkurang.

8. Sumber antioksidan
Di dalam cengkeh, terkandung minyak esensial yang kaya akan mineral seperti halnya vitamin A, vitamin C, kalium, natrium, dan zat besi. Mineral-mineral tersebut merupakan zat yang baik untuk tubuh karena mampu menjaga tubuh dari serangan penyakit.

9. Mencegah kerontokan rambut
Minyak cengkeh juga berperan dalam menjaga kesehatan rambut sekaligus melindunginya dari kerontokan. Cara menggunakan cengkeh dalam menjaga keindahan rambut, bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak cengkeh selama kurang lebih 5 hingga 15 menit. Selanjutnya, Anda tinggal membilasnya dengan bersih.

10. Mengatasi sinuitis
Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.

Banyak penelitian yang menyebutkan jika penggunaan cengkeh dapat mengatasi masalah sinuitis. Bagi Anda yang menderita sinuitis, bisa menggunakan cengkeh yang telah dijadikan bubuk lalu di masukkan ke dalam hidung.

Demikian 10 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh Manusia. Semoga bermanfaat.
Show comments
Hide comments

0 Response to "10 Khasiat Cengkeh bagi Kesehatan"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close