4 Tahun Hari Blogger Nasional - Tempat Blogging

4 Tahun Hari Blogger Nasional

Hari blogger nasional diperingati setiap tahun pada 27 Oktober. Hari blogger nasional diperingati pertama kalinya pada 27 Oktober 2007. Pada ketika itu, M.Nuh selaku MenKominfo mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai hari blogger nasional dalam sebuah pertemuan akbar dengan para blogger Indonesia.


Perkembangan yang selalu meningkat.

Jumlah blogger di Indonesia dari waktu ke waktu pun selalu bertambah. Blog mulai terkenal di Indonesia sekitar tahun 2004. Sejak ketika itu, blog mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga kini ini. Memang tidak begitu banyak data statistik yang menyatakan berapa jumlah blog di Indonesia secara pasti. Akan tetapi, menurut beberapa sumber terpercaya yang berhasil dirangkum, tercatat jumlah blog di Indonesia mencapai sekitar 5 juta pada tahun 2011. Angka ini membuktikan kalau blogger di Indonesia masih berkisar 10% dari total pengguna internet yang sebanyak 50 juta, serta 2% dari total penduduk Indonesia yang sebanyak 241 juta jiwa. Dari sekian banyak blogger di Indonesia, kebanyakan masih memakai platform blog blogspot sebanyak 80%, wordpress 15%, dan sisanya memakai situs lain.


Perubahan tujuan penggunaan.

Pada dasarnya ada banyak manfaat dari sebuah blog yang kita miliki. Jika dahulu blog lebih dikenal sebagai sebuah diary online bagi pemiliknya, kini blog sudah banyak bertransformasi beralih fungsi menuju komersial. Blogger sudah banyak melaksanakan monetisasi terhadap blog miliknya dengan memasang bermacam-macam jenis iklan hingga menjual produk barang dan jasa.

Ini merupakan kabar yang baik, sebab kita sebagai blogger juga berharap sanggup menghasilkan sesuatu nilai tambah dari aktivitas blogging yang selama ini kita jalani. Jika ada di antara kita yang masih awam wacana cara memonetisasi blog, silakan baca bermacam-macam artikel wacana bisnis online.


Mari perbaiki etika!

Kemunculan blogger-blogger gres tentu sangat baik. Selain menyemarakan dunia blogging, blogger gres juga sanggup menjadi teman menyebarkan di antara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi, biasanya kemunculan blogger gres ini tidak dibarengi dengan kemunculan watak blogging yang baik. Coba lihat artikel wacana 5 kebiasaan jelek blogger pemula dan 5 tanda blogger pemula yang baik. Sebagai blogger pemula, kita harus cepat berbenah dan beradaptasi dengan hukum main demi menjaga watak dalam dunia blogging.

Perihal agresi copy paste yang semakin marak dilakukan juga sanggup menjadi sebuah ancaman. Jika terus berlanjut, hal ini sanggup mematikan daya kreatifitas seorang blogger. Sebagai blogger kita menciptakan dan mempublikasikan karya ciptaan sendiri dengan susah payah. Setelah itu, karya yang kita terbitkan dalam blog tersebut dibajak oleh blogger lain. Bagaimana perasaan kita sewaktu mengetahui hal ini? Apalagi kalau karya kita tersebut dibajak tanpa izin terlebih dahulu, tanpa menyertakan link sumber, serta dipublikasikan ulang guna mendapat laba komersial.

Karena itu, marilah kita mulai introspeksi diri. Biasakan dari hal-hal yang kecil untuk tidak lagi asal copy paste karya milik orang lain. ingat, budayakan perilaku anti copy paste mulai kini juga!

Semoga dengan diberlakukannya hari blogger nasional ini sanggup menjadi kebanggan sekaligus semangat bagi kita semua untuk terus tampil eksis dan memperlihatkan karya asli terbaik bagi kita semua.
Salam blogger!
Show comments
Hide comments

0 Response to "4 Tahun Hari Blogger Nasional"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close