Apa Itu Free Open Source Software (Foss) Jilid I - Tempat Blogging

Apa Itu Free Open Source Software (Foss) Jilid I

Menurut David Wheeler, secara umum kegiatan yang dinamakan free software (perangkat lunak bebas) atau open source software (perangkat lunak sumber terbuka) adalah kegiatan yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna menjalankan kegiatan untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program, dan mendistribusikan penggandaan kegiatan orisinil atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pengembang sebelumnya. (Sumber: http://www.dwheeler.com/off_fs_why.html).
Free/Open Source Software (FOSS) atau perangkat lunak bebas dan open source (PLBOS) telah menjadi sebuah fenomena internasional. Dalam beberapa tahun terakhir, FOSS mengalami perubahan besar dari sebuah kata yang relatif tidak dikenal menjadi sebuah kata popular terbaru. Namun, istilah FOSS tetap belum gampang dipahami mengingat FOSS merupakan konsep baru, contohnya apa saja pengertian FOSS dan apa saja cabang atau jenisjenisnya.

FILOSOSI FOSS
Ada dua filosofi pokok pada kata FOSS, yaitu filosofi dari FSF (Free Software Foundation) atau Yayasan perangkat Lunak Bebas, dan filosofi dari OSI (Open Source Initiative) atau Inisiatif Sumber Terbuka. Kita mulai pembahasan dengan filosofi FSF, sesuai dengan urutan sejarah dan alasannya yaitu posisi FSF sebagai pionir dalam gerakan FOSS ini. Tokoh utama gerakan FSF yaitu Richard M. Stallman, sedangkan tokoh gerakan OSI yaitu Eric S. Raymond dan Bruce Perens.

Menurut FSF, perangkat lunak bebas mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan/menditribusikan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. Tepatnya, mengacu pada empat jenis kebebasan bagi para pengguna perangkat lunak, yaitu:
  1. Kebebasan untuk menjalankan programnya untuk tujuan apa saja (kebebasan 0).
  2. Kebebasan untuk mempelajari bagaimana kegiatan itu bekerja serta sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan anda (kebebasan 1). Akses pada isyarat kegiatan merupakan suatu prasyarat.
  3. Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga sanggup membantu sesama anda (kebebasan 2).
  4. Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program, dan sanggup menyebarkannya kenkhalayak umum sehingga semua menikmati manfaatnya (kebebasan 3). Akses pada isyarat kegiatan merupakan suatu prasyarat juga.
Filosofi OSI agak berbeda. Ide dasar open source sangat sederhana. Jika para pemrogram sanggup mempelajari, mendistribusikan ulang, dan mengubah isyarat sumber sebagian perangkat lunak, maka perangkat lunak itu berkembang. Masyarakat mengembangkannya, mengaplikasikannya, dan memperbaiki kelemahannya. OSI difokuskan pada nilainilai teknis dalam pembuatan perangkat lunak yang berdaya guna dan sanggup dihandalkan, dan pendekatan istilah OSI ini lebih sesuai kebutuhan bisnis daripada filosofi FSF. OSI tidak terlalu fokus pada warta etika menyerupai yang ditegaskan FSF, dan lebih fokus pada manfaat mudah dari metoda pengembangan terdistribusi dari FOSS.

Meskipun filosofi dasar kedua gerakan ini berbeda, FSF dan OSI menyebarkan area yang sama dan bekerja sama dalam halhal praktis, menyerupai pengembangan perangkat lunak, perjuangan melawan perangkat lunak proprietary, paten perangkat lunak, dan sejenisnya. Richard Stallman menyampaikan bahwa gerakan perangkat lunak bebas dan gerakan open source merupakan dua “partai politik” dalam komunitas yang sama.

sumber : http://mugos.ums.ac.id
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apa Itu Free Open Source Software (Foss) Jilid I"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close