Belajar Git: Menciptakan Project (Repository) Gres Di Github - Creating New Github Project Repository - Tempat Blogging

Belajar Git: Menciptakan Project (Repository) Gres Di Github - Creating New Github Project Repository


Kemaren saya sudah menulis ihwal bagaimana caranya menciptakan akun di github, maka kali ini saya akan tulis bagaimana caranya menciptakan proyek di github. Proyek yang saya maksud disini yaitu repository yang akan saya hostingkan di website Github (dot) com. Proyek atau repository tersebut nantinya bersifat public alias dapat dilihat dan di "clone" atau di download oleh siapa saja. 

Lalu apakah repository tersebut dapat dibentuk privat? Bisa saja tetapi memakai akun yang berbayar. Karena proyek ini hanya saya gunakan untuk belajar, maka saya menentukan yang "gratis" saja untuk menekan biaya. 

Langsung saja ya ke topik tutorial. Untuk menciptakan proyek baru, anda dapat masuk ke website github di URL: https://github.com sesudah itu login memakai user akun dan password milik anda sendiri. Apabila berhasil login, anda akan melihat tampilan dashboard ibarat berikut ini:


klik tombol start a project, sesudah itu anda akan dibawa ke halaman berikutnya untuk mengisi detail-detail proyek ibarat berikut ini:


untuk proyek yang akan saya buat, saya namai dengan firstproject ibarat berikut ini:
kemudian di bawahnya saya isi detail informasinya ibarat berikut ini:
simpulan mengisi kelengkapan repository tersebut, saya kemudian menekan tombol Create repository yang berwarna hijau. Jika Repository-nya berhasil dibuat, maka jadinya akan terlihat ibarat berikut ini:

kalau sudah terlihat ibarat di atas, maka repository sudah siap digunakan, kita sebagai pemilik repository dapat mengupload file isyarat apapun ke dalamnya, dan mencatat segala acara yang lkita lakukan di repository. 

Lalu bagaimana cara memakai repository tersebut? Caranya yaitu melaksanakan cloning repository tersebut di komputer lokal terlebih dahulu. Anda melihat tombol hijau bertuliskan Clone or Download bukan? Klik tombol tersebut, maka akan muncul alamat cloning ibarat berikut ini:

klik tombol Copy yang ada di pojok kanan, kemudian saya masuk ke komputer lokal saya. Berdasarkan project yang saya bikin maka akan terbuat alamat repository ibarat di bawah ini:

 https://github.com/noobigithub/firstproject.git 

Pada komputer yang saya jalankan (Ubuntu Desktop versi 18.04 LTS), saya membuka aplikasi terminal kemudian menjalankan perintah:

 git clone https://github.com/noobigithub/firstproject.git 

tunggu beberapa saat, maka aplikasi git local akan mencoba menyalin repository yang saya buat di github ke komputer lokal ibarat berikut ini:


Jika terlihat ibarat di atas, maka anda berhasil menyalin repository di github ke dalam komputer lokal anda. Saya melihat sebuah folder gres dengan nama firstproject hasil saya menyalin repository yang ada di github ibarat berikut ini:


Untuk tutorial selanjutnya, saya akan menuliskan bagaimana memakai perintah-perintah dasar git untuk mengelola repository tersebut. Selamat mencoba menciptakan repository sendiri ya.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Git: Menciptakan Project (Repository) Gres Di Github - Creating New Github Project Repository"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close