Cara Biar Windows 10 Dapat Di Ping - Tempat Blogging

Cara Biar Windows 10 Dapat Di Ping

Kemaren saya penasaran, kenapa komputer rekan kerja yang memakai windows 10 tidak sanggup di ping, padahal komputer tersebut aktif di jaringan. Praduga saya awalnya yaitu alasannya firewall atau antivirus. Benar dugaan saya, sesudah saya cek, ternyata secara default firewall di windows 10 ini melaksanakan blocking (DROP packet) terhadap komunikasi ping yang masuk (inbound). Sehingga dikala saya yang melaksanakan ping terhadap si windows, balasannya host sumber tidak mendapat reply menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Saya memerlukan si windows 10 tersebut sanggup di ping untuk mengetest koneksi jaringan dan keperluan monitoring lainnya.



Komputer sasaran yang memakai sistem operasi windows dikonfigurasi dengan alamat IP 192.168.2.13/24, menurut hasil tampilan di atas, terlihat bahwa komputer sumber (inspiron-one) tidak mendapat jawaban (reply) dari komputer sasaran (100% packet loss). 

Lalu bagaimana solusinya? Apakah saya harus menonaktifkan firewall di Windows 10 semoga si sasaran sanggup di ping? Menurut saya itu bukan ilham yang bagus, kemudian bagaimana caranya semoga windows 10 tersebut sanggup di ping? Berikut langkah-langkahnya:

Masuk dulu ke komputer sasaran (windows 10), kemudian search firewall di start sajian windows 10 menyerupai yang terlihat di bawah ini:


kemudian akan muncul tampilan sajian firewall menyerupai di bawah ini, perhatikan sajian di sebelah kiri:


sesudah itu, klik advance setting menyerupai yang saya lingkari merah tersebut, maka akan muncul windows konfigurasi firewall menyerupai berikut:


Kemudian pada sajian sebelah kiri, saya klik inbound rules sehingga terlihat tampilan selanjutnya menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Langkah selanjutnya yaitu menciptakan hukum firewall gres di windows, dengan cara mengeklik New Rule pada sajian sebelah kanan, kemudian anda akan dihadapkan pada wizard pembuatan firewall rule menyerupai berikut:


Silakan klik opsi custom menyerupai tampilan di atas, kemudian klik NEXT, sampai muncul lahkah selanjutnya:


Klik opsi All Programs kemudian klik Next, kemudian perhatikan sajian selanjutnya (Konfigurasi Protocol and Ports):



Pada opsi select Protocol type, pilih ICMPv4 kemudian klik Next:


Lalu pada windows selanjutnya anda akan diminta menetapkan dimana hukum (firewall rule) tersebut diterapkan, saya memlih opsi Any IP address pada seluruh opsi sesuai dengan gambar di atas, kemudian klik next:


Lalu pada langkah selanjutnya (tampilan di atas) anda akan diminta agresi apa yang akan sistem lakukan si windows menemui kondisi sesuai hukum yang dibuat, saya menentukan Allow the connection kemudian klik Next:


Kemudian pada opsi selanjutnya anda diminta untuk menentukan dimana hukum forewall itu diterapkan di dalam sistem jaringan(Domain, Private atau Public), saya menentukan semuanya menyerupai tampilan di atas, kemudian klik Next:


Langkah terakhir (di tampilan di atas) anda harus menamai hukum firewall di simpulan wizard, saya menamainyan Enable ping inbound, kemudian klik Finish. Setelah itu saya mencoba melaksanakan ping ke sasaran Windows 10 untuk mengetest firewall yang barusan saya buat:


Dari hasil di atas, maka terlihat bahwa konfigurasi firewall yang saya buat (tambahkan) di Windows 10 telah berhasi diimplementasikan tandanya yaitu windows 10 (target host) tersebut sanggup membalas ping yang saya lakukan dari komputer sumber. Praktis bukan, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung. Jika anda ingin tahu lebih perihal firewall, mungkin anda tertarik membaca goresan pena perihal firewall lebih lanjut, dan berikut yaitu kumpulan tulisan-tulisan di blog ini yang membahas perihal firewall di Ubuntu Server:

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Biar Windows 10 Dapat Di Ping"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close