Cara Monitoring Penggunaan Storage, Memory Dan User Login Ubuntu Server Pada Aplikasi Cacti - Tempat Blogging

Cara Monitoring Penggunaan Storage, Memory Dan User Login Ubuntu Server Pada Aplikasi Cacti


Masih perihal monitoring dan goresan pena ke empat ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya yang berjudul:
  1. Tutorial instalasi cacti di Ubuntu Server
  2. Tutorial konfigurasi SNMP client di Ubuntu Server
  3. Tutorial network monitoring ubuntu server dengan cacti
kali ini aku akan membahas bagaimana menambahkan monitoring penggunaan storage, memory dan user yang login ke dalam Ubuntu server memakai cacti. Host yang di monitoring masih sama dengan host yang aku gunakan pada goresan pena nomer 3, yang beralamat 192.168.0.249, sehingga aku tidak perlu lagi melaksanakan konfigurasi ulang pada host tujuan (yang di monitoring).

Sebelum aku sanggup melaksanakan konfigurasi di aplikasi cacti, tentu saja anda harus login dulu kemudian di bab sajian sebelah kiri, klik sajian devices:


maka akan terlihat list device yang di monitoring ibarat berikut ini:


disitu anda melihat bahwa ada server6 dan localhost (devices yang sudah aku monitoring), kemudian aku pilih server 6, sehingga muncul tampilan konfigurasi server6 ibarat berikut:


Setelah itu scroll ke bawah sehingga anda melihat tampilan konfigurasi ibarat berikut di bawah ini:

kini aku akan menambahkan template untuk monitoring penggunaan storage, maka pada sajian Associated Data Queries pada bab Add Data Query aku pilih Unix - Get Mounted Partitions ibarat gambar di bawah ini:


sehabis itu klik add, sehingga kesudahannya ibarat berikut:

untuk menambahkan template monitoring user login dan monitoring penggunaan memory silakan lihat sajian di atasnya pada tabel Associated Graph Templates seperti pada gambar di bawah ini:



Pada Add Graph Template pilih Unix-Logged In Users kemudian klik tombol add di pojok kanan bawah ibarat gambar berikut:







Tambahkan juga graph template untuk penggunaan memory dengan menentukan Linux-memory usage ibarat gambar di bawah:






sehabis itu add sehingga kesudahannya terlhat ibarat gambar di bawah ini:




sehabis itu silakan klik tombol save di tombol pojok kanan bawah untuk menyimpan perhiasan template graph tersebut. Apabila berhasil maka di atas akan muncul notifikasi ibarat berikut:



Setelah itu, klik sajian Create Graph for this host di atas sebelah kanan maka akan muncul tampilan ibarat dibawah ini, untuk pembuatan grafik monitoring penggunaan memory, media penyimpanan dan pencatatan user yang login.


kemudian klik opsi yang akan di monitoring (storage, user logged in dan memory usage) ibarat berikut:


kemudian klik create, kemudian aku diminta untuk menentukan warna untk grafik user yang login ibarat berikut:


Saya tidak merubah apapun, kemudian klik tombol create, bila grafik monitoring berhasil dibuat, maka akan tampil notifikasi di bab atas ibarat berikut:



Untuk melihat hasilnya, aku klik sajian graph di bab kiri atas:




kemudian klik host yang aku tambahkan grafik monitoringnya (server6) di sajian sebelah kiri:

Tunggu beberapa saat, maka akan muncul grafik monitoringnya ibarat yang terlihat pada gambar di bawah ini:



bila anda mendapati tampilan ibarat di atas, maka anda berhasil melaksanakan konfigurasi dan pemasangan monitoring penggunaan memory, media penyimpanan dan user yang login ke dalam server melalui aplikasi cacti. Selamat mencoba dan biar membantu. Pada tutorial berikutnya aku akan tuliskan bagaimana melaksanakan monitoring mikrotik lewat cacti.

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Monitoring Penggunaan Storage, Memory Dan User Login Ubuntu Server Pada Aplikasi Cacti"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close