Cara Install Web Server Apache Di Ubuntu Server - Tempat Blogging

Cara Install Web Server Apache Di Ubuntu Server


Pada tutorial kali ini secara singkat aku akan menjelaskan bagaimana menginstall web server apache di Ubuntu. Apa itu web server? kalau anda belum tahu apa itu web server maka akan sedikit aku jelaskan disni. Web server ialah suatu aplikasi server yang berfungsi untuk melayani undangan user dalam menampilkan halaman web atau website memakai protokol http, https dan lain-lain. Misalnya anda susukan website http://www.newbienote.com lewat browser (mozilla firefox, chrome safari dll), maka anda meminta web server newbienote.com untuk memperlihatkan halaman depan web sesuai undangan anda melalui browser. 

Web server ada beberapa macam, yang paling populer dan banyak dipakai ialah web server Apache dan web server NGINX. Tetapi di tutorial kali ini aku hanya akan membahas perihal instalasi web server apache.
Sebelum tutorial instalasi ini anda mulai sebaiknya anda harus mempunyai koneksi internet dan memakai user yang mempunyai hak susukan admin (root) pada server yang akan anda install, sebab tanpa user yang mempunyai hak susukan setingkat direktur atau root anda tidak akan sanggup melaksanakan acara instalasi tersebut. 

Mari kita mulai, sebelumnya sebagai warta aku memakai Ubuntu Server versi 14.04 LTS dalam tutorial ini:


Langkah pertama sebelum melaksanakan instalasi ialah menjalankan update repository system dengan perintah:

 sudo apt-get update

kemudian sesudah simpulan melaksanakan update repository sistem, yaitu melaksanakan update aplikasi dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get upgrade

silakan ketik Y (yes) untuk konfirmasi dalam melaksanakan update aplikasi system, tunggu sampai selesai, kemudian untuk menginstall aplikasi web server apache, anda sanggup menjalankan perintah:

 sudo apt-get install apache2

silakan ketik Y (yes) untuk konfirmasi melaksanakan instalasi web server apache di Ubuntu. Setelah proses selesai, maka web server apache anda siap digunakan. Sebagai informasi, untuk menjalankan layanan web server apache, anda cukup menjalankan perintah:

 sudo service apache2 start

untuk menghentikan layanan web server apache anda sanggup menjalan perintah:

 sudo service apache2 stop

web server apache akan berjalan di port 80, dan sanggup anda susukan melalui browser dengan mengetikkan alamat IP atau alamat domain dimana web server apache tersebut berada, contohnya aku menginstall web server apache tersebut di server Ubuntu dengan alamat http://192.168.0.254, maka saat aku mengakses alamat tersebut, kurang lebih akan tampak menyerupai pada gambar di bawah ini:


Halaman tersebut anda temukan di dalam file index.html di dalam folder /var/www/html/. Secara default web server apache akan mencari file index.html atau index.php untuk dibaca sehingga tertampil menyerupai pada gambar di atas. apabila anda menghapus file index.html maka tampilannya akan terlihat menyerupai pada gambar di bawah ini:

Sebagai warta lokasi folder /var/www/html/ merupakan root folder web server apache, jadi kalau anda menaruh file atau folder di dalam root folder web server apache (/var/www/html/) , maka file atau folder tersebut dapat  diakses lewat browser. 


Untuk sanggup menaruh file di dalam root folder web server apache maka anda sanggup merubah permisi root folder tersebut dengan menjalankan perintah:

 sudo chmod 777 -R /var/www/html/

kemudian anda sanggup menaruh banyak sekali file atau folder di dalamnya, dan sanggup mengaksesnya lewat browser. Apabila anda ingin memodifikasi layanan web server apache ini, anda sanggup melaksanakan eprubahan pada file-file konfigurasi web server apache ini yang terletak di folder /etc/apache2/. Setelah melaksanakan konfigurasi jangan lupa melaksanakan restart web server apache dengan perintah di atas tadi.

Praktis bukan menginstall web server apache di Ubuntu, selamat mencoba :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Install Web Server Apache Di Ubuntu Server"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close