Cara Konfigurasi Raid 1 Pada Hardware Raid Server Hp Dl 120 Gen 9 - Tempat Blogging

Cara Konfigurasi Raid 1 Pada Hardware Raid Server Hp Dl 120 Gen 9


Kali ini saya ingin menuliskan tutorial cara konfigurasi RAID 1 dan spare harddisk cadangan di RAID Hardware pada server HP DL 120 Gen 9. Server HP DL 120 Gen 9 yang akan saya konfigurasi mempunyai 2 macam RAID controller atau disebut dengan smart array controller. Smart array controller yang pertama merupakan internal controller dengan seri B140i dan yang external memakai seri H240. Smart Array Controller yang ramah dengan sistem operasi Ubuntu ialah seri H atau seri P, sedangkan seri B (internal) sanggup dibilang kurang ramah. Kurang ramah yang saya maksud adalah, system operasi Ubuntu harus dimodifikasi dahulu supaya kita sanggup memakai fungsinya untuk menciptakan fungsi RAID-nya aktif dan terdeteksi di Ubuntu.

Untuk melihat tutorial RAID lainnya sanggup anda kunjungi link di bawah:
Pada server HP DL 120 Gen 9 ini saya memakai 3 buah harddisk SAS 500GB, dari 3 buah harddisk itu saya merencanakan akan dikonfigurasi RAID 1 pada 2 buah harddisk. Sedangkan satu harddisk sisanya saya fungsikan sebagai cadangan.

Berikut langkah-langkah konfigurasi RAID 1 di server HP DL 120 Gen 9 dengan smart array H240:

Ketika server HP pertama kali boot ibarat pada gambar di bawah:



pilih opsi Intelligent Provisioning dengan menekan tombol F10 sehingga karenanya tertampil ibarat di bawah ini:






pilih hidangan HP smart Storage Administrator, kemudian masuk ke hidangan berikutnya ibarat tampilan di bawah:


Berikut tampilan awal Smart Storage Administrator, disitu sanggup dilihat bahwa terdapat 3 controller yaitu Smart Array B140i, Smart Array HBA H240 dan Smart Array P441 dari hidangan sebelah kiri.


Kemudian pilih Smart Array HBA H240, sehingga tampil hidangan berikutnya:


Dari gambar di atas, pada hidangan action yang sebelah kanan, pilih hidangan configure,




sehingga tertampil  langkah selanjutnya ibarat pada gambar di bawah:


Setelah itu, pilih hidangan Create Array:


 lalu akan tertampil pilihan harddisk ibarat gambar berikut:


Saya menentukan 2 harddisk yang akan saya gunakan dan dikonfigurasi RAID ibarat di bawah:



sesudah itu saya menekan tombol CREATE ARRAY yang ada di pojok kanan bawah. Lalu pada hidangan berikutnya ibarat pada gambar di bawah:


saya menentukan RAID level di RAID 1 dan hidangan lainnya tidak ada perubahan dengan opsi default.


Kemudian pilih hidangan Create Logical Drive pada tombol sebelah kanan bawah, kemudian akan tampil hidangan berikutnya ibarat pada gambar di bawah:


Kemudian di hidangan berikutnya, saya menentukan Manage Spare Drive dari hidangan tombol yang ada di pojok kanan bawah. Menu Manage Spare Drive ini yang akan dipakai sebagai cadangan dari RAID 1 yang barusan saya konfigurasikan.

Lalu pada hidangan tampilan manage spare drive ibarat di bawah:


saya menentukan harddisk sisanya, kemudian pada hidangan type spare-nya (yang terletak di atas) saya menentukan auto replace (hot backup).



Fungsinya ialah dikala salah satu harddisk RAID 1 yang dikonfigurasi rusak supaya data di dalamnya lebih kondusif dan meminimalisir down time sesudah itu saya klik save. Setelah itu pada tampilan berikutnya tertampil rekapan konfigurasi yang saya lakukan ibarat pada gambar di bawah:


Kemudian klik Finish. Berikut tampilan hasil konfigurasi RAID 1 dan spare harddisk yang saya lakukan ibarat yang tertampil pada gambar berikut:





Praktis bukan melaksanakan konfigurasi RAID hardware, Semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Konfigurasi Raid 1 Pada Hardware Raid Server Hp Dl 120 Gen 9"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close