Cara Menambah User Gres Untuk Kanal Samba - Tempat Blogging

Cara Menambah User Gres Untuk Kanal Samba


Apa itu samba? samba yakni sebuah layanan file sharing yang tersedia di Linux. Aplikasi file sharing berbasis samba ini sanggup diakses dari multi sistem operasi ibarat Windows, MacOSX dan linux itu sendiri. Berikut yakni tutorial-tutorial samba yang pernah aku tulis sebelumnya:
  1. Panduan membangun layanan folder sharing dengan samba di Ubuntu Server
  2. Cara mengakses layanan samba dari terminal atau console
  3. Cara menciptakan network drive di windows dari layanan samba
  4. Membangun layanan folder sharing samba tanpa password
  5. Tutorial membangun layanan samba dengan multi user
  6. Cara mengakses layanan folder sharing samba dari windows, linux desktop dan macOSX

Maka pada tutorial kali ini aku akan membahas bagaimana cara menambah user gres untuk mengakses layanan file sharing samba tersebut. Perlu anda ketahui, bahwa untuk menjadi user pengguna layanan samba, sebelumnya user tersebut harus sudah terdaftar sebagai user sistem operasi, jikalau belum, maka anda harus menciptakan dulu user tersebut di dalam sistem operasi.

Berikut ini yang akan terjadi jikalau aku menambah user samba gres dengan nama budi, dimana user kebijaksanaan tersebut belum terdaftar sebagai user di dalam sistem operasi yang menjalankan layanan samba:


Untuk menambah user gres ke dalam sistem operasi, anda sanggup menjalankan perintah:

 sudo adduser paijo

nama paijo disini yakni nama user gres yang aku daftarkan ke dalam sistem operasi (bukan user samba). Kemudian aku masukkan password untuk user paijo dan gosip lainnya untuk melengkapi data user paijo di dalam sistem ibarat berikut:


Setelah selesai, saatnya aku menambahkan user paijo tersebut ke dalam layanan samba, dengan menjalankan perintah:

 sudo smbpasswd -a paijo

dari perintah di atas anda akan diminta memasukkan password gres untuk mengakses layanan samba, anda sanggup memakai password yang berbeda yang dipakai untuk masuk ke dalam sistem:


Maksud aku memberi password yang berbeda antara password paijo untuk sistem dan password paijo untuk samba yakni semoga user paijo nantinya hanya mendapat hak saluran untuk masuk ke layanan samba saja, dan tidak aku beri hak saluran untuk masuk ke dalam sistem operasi.

Setelah user paijo untuk saluran samba berhasil aku buat, langkah selanjutnya yakni mendaftarkan user paijo ke dalam layanan samba melalui file konfigurasinya. Saya buka file smb.conf dengan perintah:

 sudo vim /etc/samba/smb.conf

kemudian di bab konfigurasi layanan file sharing folder profiles berikut ini:

 [profiles]  comment = Samba  path = /home/himawan/samba  guest ok = no  browseable = yes  create mask = 0777  create directory mask = 0777  directory mask = 0777  valid users = himawan  write list = himawan  writeable = yes

Rencananya, aku akan menambahkan user paijo sebagai user yang hanya sanggup mengakses salah satu layanan file sharing pada folder profiles, sehingga konfigurasinya menjadi ibarat di bawah ini:

 [profiles]  comment = Samba  path = /home/himawan/samba  guest ok = no  browseable = yes  create mask = 0777  create directory mask = 0777  directory mask = 0777  valid users = himawan  write list = himawan  read list = paijo  writeable = yes

akibat memasukkan user paijo, konfigurasi tersebut aku simpan dengan menjalankan perintah

 [ESC] :wq

apakah sehabis itu aku eksklusif sanggup memakai user paijo yang aku buat untuk saluran layanan file sharing samba? oh tentu belum, aku harus merestart layanan file sharing samba tersebut dengan perintah:

 sudo service smbd restart

semoga perubahan file konfigurasi tersebut dibaca ulang oleh server dan user paijo berhasil diaktifkan. Selesai restart, maka aku gres sanggup masuk ke layanan file sharing memakai user paijo. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Menambah User Gres Untuk Kanal Samba"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close