Cara Menciptakan Tabel Database Di Laravel 5.4 Dengan Migration - Tempat Blogging

Cara Menciptakan Tabel Database Di Laravel 5.4 Dengan Migration


Framework laravel (saat ini yang saya pakai versi 5.4) mempunyai fitur migrasi yang dipakai untuk menciptakan database eksklusif dengan konfigurasi tanpa harus masuk ke dalam server MySQL. Fitur ini juga sanggup berfungsi untuk mencatat setiap tahap dan perubahan yang dilakukan di dalam database (mirip controll version system). 

Bingung membayangkannya? Langsung saja kita coba:

Misalnya saja saya mempunyai aplikasi laravel yang berlokasi di:

/home/himawan/project-laravel/apps.5.4/, untuk menjalankan fitur migration maka saya harus masuk dulu ke dalam folder tersebut dengan perintah:

 cd /home/himawan/project-laravel/apps.5.4/

untuk setting database di laravel 5.4, anda sanggup membaca tutorial sebelumnya dengan judul:

Cara konfigurasi database MySQL di Laravel 5.4

lalu saya akan menciptakan tabel people di dalam database homestead dengan spesifikasi kolom menyerupai berikut:
  • id tipe data: integer,
  • nama tipe data: string,
  • jenis_kelamin tipe data: string.

maka yang lalu akan saya lakukan yaitu menciptakan konfigurasi migration dengan nama orang, dengan menjalankan perintah:

 php artisan make:migration create_people_table

jikalau berhasil akan terlihat menyerupai di bawah ini:


maka akibatnya yaitu akan tercipta file dengan nama 2017_02_28_045706_create_people_table yang berlokasi di /home/himawan/apps.5.4/database/migrations/

lalu saya edit isinya dengan menjalankan perintah:

 vim  /home/himawan/apps.5.4/database/migrations/2017_02_28_045706_create_people_table

dan saya masukkan script di bawah ini:



sehabis itu simpan, lalu saya menjalankan perintah:

 php artisan migrate 

jikalau berhasil, maka tampilannya akan terlihat menyerupai di bawah ini:


anda perhatikan pada bab bawah, terlihat bahwa tabel people berhasil di migrasikan, untuk melihat akibatnya di database, maka saya menjalankan perintah:

 mysql -u root -proot -e 'use homestead; show tables;'

maka akibatnya menyerupai berikut


anda sanggup melihat bahwa tabel people di dalam database homestead berhasil dibuat. Jika saya melihat isi tabel people, maka saya menjalankan perintah:

 mysql -u root -proot -e 'use homestead; describe people;'

maka akibatnya menyerupai berikut:


spesifikasinya sama dengan yang di atas. Selamat mencoba ya :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Menciptakan Tabel Database Di Laravel 5.4 Dengan Migration"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close